Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Aktivitas

Senin 25 Maret 2024, 09:30 WIB
Ilustrasi - Menguji glukosa darah Anda sepanjang hari akan membantu Anda mengendalikannya. (Sumber : Freepik.com/@xb100)

Ilustrasi - Menguji glukosa darah Anda sepanjang hari akan membantu Anda mengendalikannya. (Sumber : Freepik.com/@xb100)

SUKABUMIUPDATE.com - Gula darah berfluktuasi sepanjang hari tergantung pada apa dan kapan Anda makan, aktivitas fisik, dan faktor lainnya. Inilah sebabnya mengapa pemantauan kadar glukosa merupakan aspek kunci dalam mengelola semua jenis diabetes, terutama bagi mereka yang menggunakan insulin. 

Menggunakan glukometer di rumah memungkinkan Anda mengukurnya secara teratur. Berikut akan kami paparkan gula darah dan berapa kadar ideal Anda sebelum makan, sesudah makan dan saat aktivitas fisik, dikutip dari verrywellhealth.

Kadar Glukosa Darah Ideal

Tingkat gula darah ideal Anda bergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

  • Umur Anda
  • Berapa lama Anda menderita diabetes
  • Obat yang Anda minum
  • Kondisi medis lain yang mungkin Anda miliki

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Cek Kadar Gula Darah? Penderita Diabetes Tipe 1 dan 2 Simak Disini

Jika Anda menderita diabetes dan pemantauan glukosa darah adalah bagian dari strategi pengobatan Anda, penyedia layanan kesehatan atau dokter Anda akan menentukan target kadar glukosa Anda. Meskipun demikian, ada beberapa pedoman umum yang perlu diketahui.

Preprandial (Sebelum Makan)

Tingkat gula dalam aliran darah Anda sebelum makan disebut preprandial gula darah. Sangat penting untuk melacak glukosa darah sebelum makan untuk mengetahui indikasi seberapa baik pengobatan diabetes Anda bekerja. 

Target Kadar Glukosa Darah Sebelum Makan

  • Orang dewasa yang tidak hamil: (80 hingga 130 mg/dL)
  • Wanita hamil dengan diabetes gestasional: (Kurang dari 95 mg/dL)
  • Wanita hamil dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang sudah ada sebelumnya:   (70 hingga 95 mg/dL)

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia Setelah Makan? Ini Kisarannya

Postprandial (Pasca Makan)

Kadar gula darah Anda dalam satu atau dua jam setelah makan dan camilan disebut postprandial gula darah. Seperti halnya tes glukosa darah sebelum makan, penting untuk mencatat kadar glukosa Anda setiap kali Anda meminumnya.

Anda juga harus menuliskan semua yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan. Ini memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana tubuh Anda merespons makanan tertentu. Ini akan membantu Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda menyesuaikan pola makan dan aspek lain dari rencana pengelolaan diabetes Anda.

Target Kadar Glukosa Darah Pasca Makan

  • Dewasa (yang tidak hamil) (Kurang dari 180 mg/dL)
  • Wanita dengan diabetes gestasional, 1 jam setelah makan (Kurang dari 140 mg/dL)
  • Wanita dengan diabetes gestasional, 2 jam setelah makan (Kurang dari 120 mg/dL)
  • Wanita hamil dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang sudah ada sebelumnya, 1 jam setelah makan  (110-140 mg/dL)
  • Wanita hamil yang sudah menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, 2 jam setelah makan (100-120 mg/dL)

Baca Juga: Bisa Anda Coba di Rumah, 7 Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Asam Urat

Sebelum dan Sesudah Aktivitas 

Aktivitas fisik yang teratur adalah bagian penting dalam mengelola diabetes. Hal ini terutama berlaku bagi penderita diabetes tipe 2 karena menurunkan berat badan dapat memberikan perbedaan besar pada kesehatan secara keseluruhan. Bagi penderita diabetes tipe 1, olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan mengontrol gula darah. 

 

Targetkan Kadar Glukosa Darah Sebelum Latihan

Kurang dari 90 mg/dL

  • Sebelum berolahraga, makanlah 15 hingga 30 gram (g) karbohidrat kerja cepat berdasarkan ukuran dan aktivitas yang Anda inginkan.
  • Untuk aktivitas jangka panjang dengan intensitas sedang: Makan lebih banyak karbohidrat sesuai kebutuhan (0,5–1,0 g/kg massa tubuh per jam olahraga) berdasarkan hasil tes gula darah Anda.
  • Aktivitas singkat (kurang dari 30 menit) atau aktivitas berintensitas tinggi mungkin tidak memerlukan asupan karbohidrat tambahan.

Baca Juga: Sering Haus! 7 Gejala Gula Darah Tidak Terkontrol yang Harus Diwaspadai

90 hingga 150 mg/dL

  • Mulailah mengonsumsi karbohidrat pada awal sebagian besar olahraga (kira-kira 0,5–1,0 g/kg massa tubuh per jam olahraga). Jumlah yang harus Anda makan tergantung pada jenis aktivitas dan jumlah insulin aktif.

 

150 hingga 250 mg/dL

  • Mulailah berolahraga dan jangan makan karbohidrat sampai kadar glukosa darah Anda kurang dari 150 mg/dL.

 

250 hingga 350 mg/dL

  • Uji keton dan jangan berolahraga jika terdapat keton dalam jumlah sedang hingga besar.
  • Mulailah dengan olahraga intensitas ringan hingga sedang. Hindari olahraga intens sampai kadar glukosa Anda kurang dari 250 mg/dL, karena olahraga intens dapat meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

 

350 atau lebih tinggi mg/dL

  • Uji keton dan jangan berolahraga jika terdapat keton dalam jumlah sedang hingga besar.
  • Jika keton negatif (atau sedikit), pertimbangkan untuk mengoreksi dengan insulin sebelum Anda berolahraga, tergantung pada status insulin aktif Anda.
  • Mulailah dengan olahraga intensitas ringan hingga sedang dan hentikan olahraga intens hingga kadar glukosa Anda menurun.

Baca Juga: 8 Obat Alami Asam Urat untuk Mengurangi Frekuensi Serangannya

Setelah Anda berolahraga, segera tes glukosa darah Anda. Uji lagi dua hingga empat jam setelahnya untuk memeriksa penurunan level Anda yang tertunda. Jika gula darah Anda saat ini sudah lebih rendah, lanjutkan pemeriksaan setiap dua hingga empat jam atau hingga tidak lagi rendah dan Anda yakin glikogen Anda telah kembali normal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa