Kenali Kadar Gula Darah Berbahaya Pada Penderita Diabetes, Yuk Simak Disini!

Sabtu 23 Maret 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi - BMemahami kadar gula darah berbahaya bagi penderita diabetes adalah suatu keharusan. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)

Ilustrasi - BMemahami kadar gula darah berbahaya bagi penderita diabetes adalah suatu keharusan. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Fluktuasi gula darah (glukosa) yang ekstrim, baik itu terlalu tinggi (hiperglikemia) atau terlalu rendah (hipoglikemia), bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mengidentifikasinya.

Karena pengelolaan diabetes sangat bergantung pada orang yang mengidapnya, sangatlah penting untuk memahami bahaya gula darah yang sangat rendah dan sangat tinggi, bagaimana mengidentifikasinya, dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Gula Darah Rendah (Hipoglikemia): Kapan Kadar Gula Darah Berbahaya?

Jika Anda pengidap diabetes dan pernah mengalami gula darah rendah, Anda bisa merasakan betapa buruk rasanya dan betapa menakutkannya jika hal itu terjadi secara tiba-tiba. Merawat penderita diabetes dan melihat mereka mengalami gula darah rendah juga bisa menjadi hal yang menakutkan dan membebani.

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia Setelah Makan? Ini Kisarannya

Untuk mengurangi rasa takut, penting untuk mengetahui tanda dan gejala serta apa yang harus dilakukan jika hal itu terjadi. Gejala gula darah rendah berbeda-beda pada setiap orang, namun beberapa gejala umum seperti dibawah ini yang dikutip dari verrywellhealth.

  • Kegoyahan
  • Ketidaksabaran atau mudah tersinggung
  • Kebingungan, gugup atau cemas
  • Meningkatnya rasa lapar
  • Peningkatan detak jantung: takikardia
  • Berkeringat, menggigil, dan lembab
  • Merasa pusing atau pusing
  • Mual
  • Warna mengering dari kulit (pucat)
  • Mengantuk
  • Merasa lemah atau tidak punya energi
  • Penglihatan kabur/gangguan
  • Kesemutan atau mati rasa di bibir, lidah, atau pipi
  • Sakit kepala
  • Mimpi buruk atau menangis saat tidur
  • Kejang

Baca Juga: Berapa Seharusnya Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Simak Disini

American Diabetes Association (ADA) mendefinisikan hipoglikemia dalam tingkatan berdasarkan tingkat keparahannya.

 

  • Gula Darah Rendah tingkat 1 didefinisikan sebagai konsentrasi glukosa terukur kurang dari 70 miligram per desiliter (mg/dL) atau 3,9 milimol per liter (mmol/L) tetapi lebih besar dari atau sama dengan 54 mg/dL (3,0 mmol/L).

 

  • Gula Darah Rendah tingkat 2 didefinisikan sebagai konsentrasi glukosa darah kurang dari 54 mg/dL (3,0 mmol/L). Tingkat ini dianggap sebagai ambang batas di mana terjadi kekurangan glukosa atau gula di otak, sehingga menimbulkan gejala neuroglikopenik.

 

  • Gula Darah Rendah tingkat 3 didefinisikan sebagai peristiwa hipoglikemia parah (dikenali atau tidak) yang ditandai dengan perubahan fungsi mental dan/atau fisik yang memerlukan bantuan orang lain untuk pemulihan. Dalam hal ini, Anda tidak bisa menangani gula darah Anda sendiri.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Stabil Setelah Makan: 3 Tips Ini Perlu Dilakukan untuk Hindari Lonjakan

Jenis hipoglikemia ini lebih jarang terjadi dan biasanya berdampak pada penderita diabetes tipe 1 yang menggunakan insulin. Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini dapat berkembang menjadi kejang, kehilangan kesadaran, koma, atau kematian.

Gula Darah Tinggi (Hiperglikemia): Kapan Kadar Gula Darah Berbahaya?

Gula darah tinggi dapat terjadi sesekali tanpa menimbulkan bahaya atau kerusakan. Namun gula darah yang tinggi secara kronis dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan komplikasi diabetes.

Menurut American Diabetes Association (AHA), kadar gula darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes yakni 240 mg/dl atau lebih.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ayam? Simak Kandungan Purin dan Tips Memasaknya

Target gula darah untuk penderita diabetes bersifat individual dan bervariasi berdasarkan usia, jenis diabetes, durasi penyakit, harapan hidup, kondisi kesehatan lainnya, dan risiko/kesadaran gula darah rendah. 

Target gula darah umum untuk orang dewasa penderita diabetes meliputi gula darah puasa 80 hingga 130 mg/dL dan kurang dari 180 mg/dL satu hingga dua jam setelah makan. Secara teknis, jumlah yang lebih tinggi dari ini berarti tinggi, namun hal ini juga sangat subyektif dan harus didiskusikan dengan dokter Anda.

Hal yang perlu dikhawatirkan terjadi ketika gula darah berulang kali lebih tinggi dari biasanya (ditemukan saat Anda mengidentifikasi suatu pola) atau ketika gula darah meningkat dan seseorang mengalami gejala.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Gula darah tinggi dianggap berbahaya jika muncul bersamaan dengan keton, yang lebih umum terjadi pada diabetes tipe 1. Gula darah tinggi yang disertai keton juga dapat terjadi pada penderita diabetes tipe 2 yang diobati dengan insulin atau obat oral yang disebut penghambat natrium-glukosa cotransporter-2 (SGLT-2). 

Gula darah tinggi bisa berbahaya bila menimbulkan gejala bagi penderita diabetes yang tidak terdiagnosis. Diabetes tipe 2 berkembang secara bertahap, dan orang dapat menderita pradiabetes atau diabetes yang tidak terdiagnosis tanpa menyadarinya. Seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat berkembang menjadi diabetes atau menyebabkan komplikasi diabetes.

Beberapa gejala umum gula darah tinggi antara lain: 

  • Rasa haus yang berlebihan
  • Peningkatan buang air kecil 
  • Meningkatnya rasa lapar
  • Penglihatan kabur
  • Kelelahan
  • Mati rasa dan kesemutan pada tangan dan kaki

Baca Juga: Mengenal Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan 11 Cara untuk Mencegahnya

Penyebab Gula Darah Berbahaya

Penyebab gula darah berbahaya bisa berbeda-beda tergantung jenis diabetes yang Anda derita dan obat yang Anda minum.

Gula darah rendah dapat terjadi pada seseorang penderita diabetes karena berbagai faktor, antara lain salah minum obat (minum obat setelah makan atau minum obat terlalu banyak) atau melewatkan waktu makan. Atau, pada kasus anak penderita diabetes tipe 1, pemberian dosis insulin pada makanan yang belum dimakan. Gula darah rendah juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol dan aktivitas fisik. 

Gula darah tinggi yang berbahaya dikaitkan dengan melewatkan pengobatan seperti insulin, kerusakan pompa insulin, tidak meminum obat sesuai resep, dan penyakit. 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)
Sukabumi08 Mei 2024, 19:37 WIB

Mau Jadi Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024, Cek Syaratnya di Sini

Pendaftaran Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 dibuka, berikut kriteria dan syaratnya.
Finalis Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2023. (Sumber : Istimewa)
Gadget08 Mei 2024, 19:30 WIB

Sering Dapat Telepon dari Nomor Tidak Dikenal? Begini Cara Blokirnya di HP Android atau iPhone

Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis atau manual di Android dan iPhone.
Ilustrasi - Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis atau manual di Android dan iPhone. (Sumber : Freepik.com/@vecstock).
Life08 Mei 2024, 19:15 WIB

7 Langkah yang Bisa Dilakukan Orang Tua Untuk Menghindari Memanjakan Anak

Membesarkan anak yang tidak manja berarti kita menikmati kebersamaan dengan mereka dengan lebih sedikit konflik dan lebih banyak kesenangan.
Ilustrasi menghindari memanjakan anak (Sumber : pexels.com/ @PolesieToys)
Sehat08 Mei 2024, 19:00 WIB

Mengenal Apa Itu Penyakit Jantung: 5 Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena sangat mengancam jiwa.
Ilustrasi seseorang terkenan serangan jantung - Penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena sangat mengancam jiwa.. (Sumber : Freepik/jcomp)
Jawa Barat08 Mei 2024, 18:45 WIB

Jamin PPDB Jabar 2024 Bersifat Terbuka dan Adil, Pj Gubernur: Tak Ada ‘Titip Titipan’

Pendaftaran PPDB Jabar 2024 tahap 1 dimulai tanggal 3 Juni 2024. Pemprov Jabar deklarasikan bersih, berkualitas, dan berintegritas.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin berbincang dengan pelajar saat acara Kick Off Penerimaan PPDB 2024 (Sumber : Biro Adpim Pemprov Jabar)
Sukabumi08 Mei 2024, 18:23 WIB

Keluarga Akui Tidak Tahu Ibu Pembuang Bayi di Sukabumi Hamil Sepulang dari Dubai

Bayi laki-laki baru dilahirkan yang ditemukan warga telah resmi diserahkan kepada pihak keluarga dari ibu sang bayi oleh pihak Puskesmas dan Forkopimcam Gunungguruh Kabupaten Sukabumi
Penyerahan bayi ke pihak keluarga di Puskesmas Gunungguruh Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life08 Mei 2024, 18:15 WIB

Bunda Perlu Tahu, 7 Tips Mengajari Balita Tata Cara Makan yang Baik

Ingatkan balita bahwa tata krama makan yang baik, seperti tata krama pada umumnya, seperti bersikap hormat dan menunjukkan rasa terima kasih atas suatu makanan
Ilustrasi tata cara makan yang baik pada balita (Sumber : pexels.com/@AlexGreen)
Life08 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Selain doa, dalam sholat Tahajud, dianjurkan untuk membaca beberapa ayat Al-Quran, baik itu surat-surat pendek maupun ayat-ayat yang lebih panjang.
Ilustrasi - Doa setelah shalat tahajud. (Sumber : via muslimvillage)