Diabetes: Hidup Sehat dengan Target Gula Darah yang Direkomendasikan

Minggu 24 Maret 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui cara mengelola gula darah agar hidup lebih sehat. (Sumber : Freepik.com/@Nataliya Vaitkevich).

Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui cara mengelola gula darah agar hidup lebih sehat. (Sumber : Freepik.com/@Nataliya Vaitkevich).

SUKABUMIUPDATE.com - Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau menggunakan insulin secara efektif. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh.

Jika kondisi tersebut tidak ditangani dengan baik, glukosa darah akan tetap meningkat, yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal, amputasi anggota tubuh, dan kehilangan penglihatan.

Meskipun diabetes belum ada obatnya, mengelola diabetes melalui perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat sesuai resep dokter dapat membantu Anda tetap berada dalam kisaran target glukosa dan mencegah konsekuensi kesehatan yang negatif.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ayam? Simak Kandungan Purin dan Tips Memasaknya

Memahami Diabetes

Makanan yang kita makan dipecah dan diubah menjadi glukosa atau gula dan dilepaskan ke aliran darah kita. Ketika kadar gula dalam darah meningkat, ini memberi sinyal pada pankreas untuk melepaskan hormon yang disebut insulin.

Insulin bekerja untuk memungkinkan gula dalam darah dari makanan yang Anda makan digunakan oleh sel-sel di seluruh tubuh Anda untuk energi. Hal ini juga memungkinkan gula tambahan disimpan sebagai energi untuk digunakan di masa depan. 

Seseorang dengan diabetes tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya, sehingga menyebabkan tingginya kadar glukosa yang bersirkulasi dalam darah. 

Baca Juga: Kadar Gula Darah Stabil Setelah Makan: 3 Tips Ini Perlu Dilakukan untuk Hindari Lonjakan

Seiring berjalannya waktu, kadar glukosa yang tinggi dalam darah (hiperglikemia) dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengelola diabetes dan mengontrol kadar glukosa yang beredar dalam darah agar tetap sehat.

Mengelola Gula Darah

Mengelola gula darah untuk menjaga kadar glukosa tetap konsisten dan mengendalikan kadar gula darah tinggi adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau menunda masalah kesehatan jangka panjang.

Meskipun pengobatan memainkan peran penting dalam pengelolaan diabetes bagi sebagian orang, pola makan dan olahraga juga merupakan faktor kunci dalam mengelola gula darah.

Baca Juga: Berapa Seharusnya Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Simak Disini

Rencana Diet Sehat

Apa yang Anda pilih untuk dimakan, kapan Anda makan, dan jumlah makanan yang Anda makan semuanya memainkan peran penting dalam menjaga gula darah Anda dalam kisaran target Anda. Meskipun tidak ada rencana makan yang “satu ukuran untuk semua” bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari makanan utuh dan alami adalah hal yang penting. 

Respon tubuh setiap orang terhadap makanan dan pola makan berbeda-beda, jadi mungkin perlu waktu untuk mengetahui mana yang terbaik bagi Anda untuk membantu mengelola gula darah Anda.

Kunci penanganan diabetes adalah mengonsumsi beragam makanan padat nutrisi dari semua kelompok makanan. Dikutip dari verrywellhealth, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia Setelah Makan? Ini Kisarannya

  • Sayuran: Makan lebih banyak sayuran non-tepung seperti brokoli, wortel, bayam, zucchini, dan paprika yang rendah karbohidrat. Sayuran ini tidak terlalu berdampak pada kadar gula darah Anda. Batasi sayuran bertepung seperti kentang, jagung, dan kacang hijau yang dapat menyebabkan gula darah Anda naik lebih cepat dibandingkan jenis nontepung. 
  • Buah-buahan: Pilih buah-buahan segar, beku, atau kalengan tanpa tambahan gula. Meskipun buah memang mengandung karbohidrat dan termasuk makanan berkarbohidrat, buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat.
  • Biji-bijian: Setidaknya setengah dari biji-bijian harian Anda harus berasal dari biji-bijian seperti gandum, oat, dan quinoa. Carilah roti gandum atau sereal gandum dengan setidaknya tiga gram serat per porsi.
  • Protein tanpa lemak: Ayam dan kalkun tanpa kulit, telur, kacang-kacangan, buncis, buncis, dan ikan merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik. Ingatlah bahwa kacang-kacangan dan polong-polongan merupakan sumber protein nabati yang baik, namun juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.
  • Produk susu rendah lemak: Usahakan untuk mengonsumsi susu dan produk susu rendah lemak atau rendah lemak. 

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Menghitung Karbohidrat

Meskipun hal ini tidak selalu diperlukan, beberapa orang menganggap menghitung karbohidrat atau menjaga jumlah karbohidrat yang dimakan setiap hari dapat membantu mengelola glukosa darah dan menjaga insulin mereka.

Aktivitas

Olahraga merupakan hal yang penting bagi semua orang, terutama bagi penderita diabetes. Aktivitas fisik membantu mengelola diabetes dengan membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin. Ini juga membantu mengontrol glukosa darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kerusakan saraf. 

Pengobatan

Beberapa orang mungkin mengelola diabetesnya dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang dikombinasikan dengan obat-obatan, sementara yang lain mungkin memerlukan insulin, obat-obatan oral, atau kombinasi keduanya.

Baca Juga: Mengenal Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan 11 Cara untuk Mencegahnya

Dengan diabetes tipe 1, Anda akan diminta untuk mengonsumsi insulin. Namun, untuk diabetes tipe 2, ada beragam pilihan pengobatan yang tersedia.

Tujuan utama dari insulin dan obat oral adalah untuk menurunkan glukosa yang beredar dalam darah Anda. Penting untuk selalu meminum obat Anda sesuai anjuran dokter Anda dan laporkan masalah apapun saat menggunakan obat tersebut ke penyedia layanan kesehatan Anda.

Memeriksa Gula Darah

Sangat penting untuk menjaga gula darah Anda dalam kisaran target atau sedekat mungkin untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan suasana hati.

Memeriksa gula darah Anda adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah kadar gula Anda berada dalam kisaran target Anda. 

Jika gula darah Anda terlalu rendah, hal ini dapat menyebabkan:

  • Kelelahan
  • Kecemasan
  • Kegoyahan

Target Gula Darah yang Direkomendasikan

Bagi sebagian besar penderita diabetes yang tidak hamil, berikut adalah target glukosa khas yang direkomendasikan oleh American Diabetes Association: 

  • Sebelum makan (glukosa plasma preprandial) : 80-130 miligram per desiliter (mg/dL)
  • Dua jam setelah awal makan (glukosa plasma postprandial) : kurang dari 180 miligram per desiliter

Bekerja Sama dengan Dokter

Bagi penderita diabetes, bekerja sama dengan dokter Anda sangatlah penting. Karena penting untuk bersikap terbuka dan jujur ​​dengan dokter Anda untuk membantu mengembangkan rencana yang dapat dilakukan untuk Anda.



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).