Bisa Anda Coba di Rumah, 7 Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Asam Urat

Sabtu 23 Maret 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi Seledri - Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami ala rumahan. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).

Ilustrasi Seledri - Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami ala rumahan. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah kelainan metabolisme yang menyebabkan radang sendi. Kondisi menyakitkan ini melibatkan pembengkakan mendadak, kemerahan, dan nyeri pada persendian yang terkena dampak ketika kristal asam urat kecil berbentuk jarum menumpuk karena terlalu banyak asam urat dalam darah.

Apa Penyebab Asam Urat

Asam urat disebabkan ketika kadar asam urat yang lebih tinggi dari normal dalam darah menyebabkan kristal monosodium urat monohidrat menumpuk di ruang sendi, menyebabkan peradangan dan nyeri.

Asam urat dihasilkan dari metabolisme senyawa yang terdapat pada makanan tertentu yang disebut purin. Kadar asam urat dapat menumpuk di dalam darah karena tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau karena pemecahannya yang tidak efektif.

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia Setelah Makan? Ini Kisarannya

Biasanya ginjal menyaring kelebihan asam urat. Namun, asam urat bisa menumpuk jika ginjal tidak cukup menghilangkan asam urat.

Tubuh dapat memproduksi terlalu banyak asam urat ketika mengonsumsi makanan tinggi purin atau karena kondisi kesehatan tertentu lainnya.

Makanan Tinggi Purin

  • Alkohol
  • Daging jeroan
  • Kerang, sarden, dan ikan teri
  • Fruktosa seperti pada pemanis sirup jagung fruktosa tinggi
  • Ragi

Baca Juga: Berapa Seharusnya Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Simak Disini

Pengobatan untuk Asam Urat

Secara keseluruhan, pengobatan asam urat berupaya untuk mengatasi kekambuhan dengan mengurangi peradangan yang menyebabkan kerusakan sendi dalam jangka pendek dan menurunkan kadar asam urat dalam darah untuk menghilangkan pengendapan kristal urat pada sendi dalam jangka panjang.

Pendekatan pengobatan fungsional untuk mengobati asam urat bertujuan untuk mengurangi panjang dan frekuensi serangannya. Dikutip dari rupahealth, berikut ada beberapa cara untuk mengobati asam urat.

1. Makan Diet Rendah Purin

Makanan seperti kerang, jeroan, daging merah dan unggas yang diproduksi secara komersial, bir, dan ragi mengandung purin tinggi yang dimetabolisme untuk menghasilkan asam urat. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi purin hingga 150-300 g/hari untuk mengurangi serangan asam urat.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Stabil Setelah Makan: 3 Tips Ini Perlu Dilakukan untuk Hindari Lonjakan

2. Hilangkan Alkohol

Alkohol mengurangi ekskresi asam urat dan berkontribusi terhadap dehidrasi yang meningkatkan risiko serangan asam urat.

3. Fokus pada Diet Anti-Peradangan

Mengurangi peradangan secara keseluruhan dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan anti inflamasi individual dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus dan mengurangi kemungkinan radang sendi.

Pola makan yang kaya akan makanan utuh seperti sayuran dan protein nabati, serta makanan anti inflamasi seperti ikan air dingin hasil tangkapan liar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak omega-3, dapat menjaga keseimbangan peradangan.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

4. Vitamin C

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C secara positif mempengaruhi metabolisme purin dan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan meningkatkan ekskresi melalui urin, sehingga menurunkan risiko pengendapan kristal monosodium urat pada struktur sendi dan jaringan lunak.

5. Seledri

Seledri (Apium graveolens) memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah karena mengandung flavonoid apigenin. Karena kristal urat yang tinggi menyebabkan peradangan dan pembentukan radikal bebas, seledri juga dapat membantu mengurangi dampak ini dan mengurangi kerusakan sendi.

6. Ceri

Ceri mengandung vitamin A, C, dan E serta senyawa fenol seperti antosianin dan quercetin yang membantu mengatur peradangan dan menyeimbangkan kadar asam urat. Ceri menurunkan kadar asam urat darah dengan meningkatkan filtrasi ginjal dan menurunkan reabsorbsi asam urat.

Baca Juga: Mengenal Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan 11 Cara untuk Mencegahnya

Konsumsi konsentrat atau ekstrak jus ceri asam secara teratur selama beberapa bulan mengurangi kejadian serangan asam urat.

7. Tetap Terhidrasi

Kebutuhan hidrasi setiap individu berbeda-beda berdasarkan gaya hidup, cuaca, aktivitas, dan pola makan, namun tetap terhidrasi dengan cukup sesuai kebutuhan Anda sangat penting untuk mencegah serangan asam urat. Air membantu tubuh menjaga asam urat dalam larutan dan meningkatkan ekskresi keluar dari tubuh.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)