Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Rabu 17 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.  (Sumber : Freepik/@topntp26)

Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita diabetes seringkali dihadapkan dengan dilema pola makan. Dimana mereka harus memantau asupan karbohidrat dengan sangat hati-hati untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil setiap harinya.

Di sisi lain, menghindari atau membatasi karbohidrat secara drastis bukanlah hal yang sehat dan tidak direkomendasikan oleh sebagian besar ahli atau otoritas diet. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua karbohidrat adalah karbohidrat buruk.

Karbohidrat olahan atau olahan seperti yang ditemukan dalam tepung putih dan makanan ringan kemasan bukanlah pilihan yang sehat bagi penderita diabetes. Sebaliknya, yang terbaik adalah mengonsumsi berbagai makanan sehat dengan ukuran porsi yang sesuai.

Baca Juga: Mudah Dibuat Dirumah, Infused Water Daun Sirsak untuk Mengatur Kadar Gula Darah Tinggi

Berikut adalah rekomendasi karbohidrat sehat yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes.

1. Gandum

Mengonsumsi oat untuk sarapan bisa menjadi kebiasaan paling sehat yang bisa Anda lakukan. Daripada memilih versi yang lebih manis, pilihlah resep yang gurih. Tambahkan sayuran pilihan Anda.

Oat adalah karbohidrat kompleks, sehingga memberikan nutrisi tanpa mengurangi kadar gula darah. Selain itu, mereka adalah satu-satunya sereal yang kaya akan protein dan karbohidrat.

Baca Juga: Anda Harus Tahu Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Beraktivitas

2. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan melepaskan energinya secara perlahan. Hal ini menyebabkan lonjakan gula darah secara bertahap. Pilih roti gandum utuh, pasta, oat, barley, dan quinoa untuk hasil terbaik.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah pilihan yang lebih sehat. Nilai gizinya lebih banyak dan dicerna secara bertahap, sehingga terbukti cocok untuk penderita diabetes. Makanlah dengan cara direbus, dipanggang, atau dipanggang untuk kontrol kalori yang lebih baik.

4. Apel dan Pir

Kedua buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah gula. Minumlah dalam keadaan segar dan bukan dalam bentuk jus karena minuman ini tidak mengandung serat.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

 

5. Beras Merah

Beras merah utuh adalah pilihan makanan yang lebih baik daripada nasi putih, yang merupakan jenis nasi olahan. Ia memiliki lebih banyak serat dan lebih banyak nutrisi utuh di kernelnya.

6. Lentil

Kacang-kacangan dan kacang-kacangan kaya akan protein dan serat. Ditambah lagi mereka menyediakan Kalium, mineral yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah secara efisien. Kebanyakan penderita diabetes menderita tekanan darah tinggi, dan kacang lentil adalah cara terbaik untuk mengendalikannya melalui pola makan.

Ingin mengelola diabetes Anda secara efektif? Pesan konsultasi diabetes gratis Anda dari para ahli kami!

Baca Juga: Gula Darah Tinggi dan Rendah, Mana yang Lebih Berbahaya? Simak Penjelasannya

7. Yoghurt

Kaya akan probiotik, kalsium, dan protein, yoghurt mudah dicerna dan memiliki jumlah karbohidrat yang sangat sedikit. Ini meningkatkan kekebalan dan membantu memperkuat tulang. Baca lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari yogurt .

8. Buah Beri

Buah beri kaya akan vitamin dan mineral penting dan rendah gula. Mereka kaya akan fenol, antosianin, dan flavonoid yang membantu meningkatkan kekebalan. Mereka mengurangi peradangan, faktor penting yang berkontribusi terhadap kerentanan terhadap diabetes. Mereka juga anti kanker.

9. Sayuran Labu

Labu, butternut squash, dan varietas lainnya adalah beberapa sayuran terbaik untuk penderita diabetes. Mereka kaya akan serat dan nutrisi penting seperti beta-karoten- yang diubah tubuh menjadi vitamin A yang berkontribusi pada kesehatan penglihatan dan kulit, vitamin C- yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan mangan.

Baca Juga: Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

10. Produk susu

Jangan melewatkan susu dan keju hanya karena Anda menderita gula darah atau diabetes. Keduanya merupakan makanan kaya nutrisi namun rendah kandungan karbohidrat.

Menjadi pengidap diabetes bukan berarti harus mengorbankan karbohidrat. Anda harus membuat pilihan yang lebih cerdas dan melakukan kontrol porsi untuk menjaga gula darah tetap terkendali dan mengonsumsi karbohidrat yang tepat untuk diabetes.

11. Quinoa

Quinoa adalah karbohidrat bebas gluten populer yang tersedia dalam varietas putih, merah, dan hitam. Ini juga merupakan protein lengkap dan sumber potasium yang baik. Banyak makanan yang dibuat dengan quinoa termasuk sereal, pasta, dan biskuit dan sering kali juga dijadikan bahan dasar salad. Bisa disajikan panas atau dingin. Pastikan untuk membilasnya dengan baik sebelum dimasak, karena quinoa tumbuh dengan lapisan yang pahit.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life30 April 2024, 14:42 WIB

Jangan Bingung, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Anak Sampai ke Sekolah Tepat Waktu

Pergi ke sekolah merupakan kewajiban anak-anak, dan mereka harus datang ke sana tepat waktu. Jika sulit, ada beberapa tips agar anak sampai ke sekolah tepat waktu.
Ilustrasi anak pergi ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStock Project
Bola30 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming PSS Sleman vs Persib Bandung: Menang Atau Terdegradasi!

Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung.
Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@manahan.solo/Ist).
Inspirasi30 April 2024, 14:00 WIB

7 Mindset Bisnis ala Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Ini Rahasianya!

Orang Jepang memiliki mindset bisnis yang ampuh dalam membangun usahanya. Tak ayal mereka tergolong bangsa yang luar biasa dalam hal bisnis.
Ilustrasi. Mindset bisnis orang Jepang. Sumber Foto : Pexels/ cottonbro studio
Life30 April 2024, 13:30 WIB

Ketahui 6 Penyebab Kenapa Anak Sering Melawan pada Orang Tua, Yuk Evaluasi Diri!

Anak yang sering melawan kepada orang tua tentu lantaran beberapa penyebab di masa lalunya. Ini harus dipahami oleh orang tua dalam mendidik.
Ilustrasi. Penyebab anak sering melawan orang tua. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Life30 April 2024, 13:26 WIB

Lakukan Setiap Hari, 7 Cara Mengembangkan Keterampilan Bahasa Anak Sebelum Sekolah

Anda berharap anak Anda percaya diri, bahagia dan tenang di sekolah. Anda ingin mereka berteman, bergaul dengan guru, dan bersenang-senang sambil belajar.
Ilustrasi mengembangkan keterampilan anak. | Foto: Pexels.com/@Artem Podrez
Bola30 April 2024, 13:00 WIB

Tersingkir dari Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Masih Ada Asa Lolos ke Olimpiade 2024

Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life30 April 2024, 12:30 WIB

6 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 40 Tahun

Beberapa hal seharusnya menjadi perhatian semua orang sebelum memasuki umur 40 tahun, karena penting untuk masa sampai hari tua.
Ilustrasi. Traveling. Hal yang harus dilakukan sebelum berumur 40 tahun. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Bola30 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi PSS Sleman vs Persib Bandung: Laga Pamungkas Liga 1 Reguler Series!

Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series.
Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series. (Sumber : X@persib/@PSSleman).
Sukabumi30 April 2024, 11:37 WIB

Satu Tewas, Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tabrak Mobil di Palabuhanratu Sukabumi

Truk menabrak mobil pick-up nomor polisi F 8677 VC yang terparkir di kiri jalan.
Kondisi mobil pick-up yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat30 April 2024, 11:30 WIB

Pikiran Jadi Tenang, Ini 5 Buah-buahan yang Bisa Meredakan Stres dan Cemas

Meredakan stres dan cemas sesungguhnya bisa diredakan dengan mengonsumsi sejumlah buah-buahan yang sangat recomendeed menurut medis.
Ilustrasi. Buah-buahan yang meredakan stres dan cemas. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio