Mengenal Manfaat Air Rebusan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Selasa 16 April 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat  mungkin memiliki efek  dalam menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@Alice_Alphabet).

Ilustrasi - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat mungkin memiliki efek dalam menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@Alice_Alphabet).

SUKABUMIUPDATE.com - Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah lebih tinggi dari normal. Terdapat dua jenis diabetes, pertama adalah Tipe 1 dan Tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin sama sekali atau cukup insulin untuk memenuhi kebutuhannya. Diabetes jenis ini biasanya muncul pada masa kanak-kanak atau remaja, namun bisa juga terjadi pada orang dewasa.

Kadar gula darah yang tinggi merupakan ciri khas diabetes tipe 2, yang berkembang ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak mampu memanfaatkan insulin yang dihasilkan secara efektif.

Baca Juga: 5 Bahan Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Menjadi Normal Kembali

Mengutip laman avocadotea, diabetes termasuk salah satu penyakit paling umum yang menyerang manusia saat ini. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), terdapat lebih dari 26,9 juta penderita diabetes di seluruh dunia, dan jumlah ini akan meningkat hampir dua kali lipat pada tahun 2030.

Pilihan pengobatan untuk diabetes termasuk pengendalian pola makan dan olahraga serta obat-obatan seperti suntikan insulin atau pil yang menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, beberapa tanaman dan pangan juga mempunyai efek positif dalam mengendalikan kadar glukosa darah seperti daun alpukat yang telah digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu.

Daun Alpukat

Daun alpukat adalah salah satu sumber utama suplemen makanan alami yang digunakan dalam pengobatan tradisional dan banyak negara di dunia. Konsumsi manusia telah meningkat selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi dan Rendah, Mana yang Lebih Berbahaya? Simak Penjelasannya

Pada percobaan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana daun alpukat mempengaruhi kadar glukosa darah pada tikus. Pengaruh daun alpukat terhadap kadar glukosa darah dipelajari dengan mengukur homogenat jaringan dan plasma setelah injeksi aloksan.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan konsentrasi glukosa darah yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa daun alpukat berpotensi menurunkan hiperglikemia pada pasien diabetes melitus; namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk pemahaman yang lebih baik tentang mekanisme kerjanya.

Penelitian Terhadap Daun Alpukat

Alpukat merupakan salah satu spesies tumbuhan dalam famili tumbuhan berbunga Lauraceae. Alpukat dibudidayakan di lebih dari 70 negara termasuk Indonesia terutama ditanam untuk diambil buahnya.

Pohon ini berasal dari Meksiko Tengah Selatan, diklasifikasikan sebagai sub semak atau semak abadi. Ini telah dibudidayakan di iklim tropis dan Mediterania di seluruh dunia.

Daun alpukat merupakan pohon tinggi hijau sepanjang tahun yang termasuk dalam genus Persea. Buah dari pohon ini disebut alpukat dan digunakan untuk berbagai keperluan. Tujuan utama penggunaan daun alpukat adalah untuk mengobati penyakit diabetes melitus.

Hasil Penelitian Pada Daun Alpukat

Daun alpukat diketahui memiliki beragam kegunaan dalam pengobatan tradisional. Mereka dapat digunakan untuk mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, anemia, dan banyak penyakit lainnya.

Dalam penelitian ini, efektivitas daun alpukat terhadap kadar gula darah tikus putih yang diinduksi aloksan diselidiki dan dibandingkan dengan metformin.

Aloksan merupakan zat yang diketahui berbahaya. Hewan percobaan telah diberikan obat ini untuk menyebabkan diabetes dengan membunuh sel pulau Langerhans yang memproduksi insulin.

Beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh radikal bebas dapat dikurangi dengan cara ini. Zat ini mungkin mampu meredam efek buruk radikal bebas.

Pengaruh daun alpukat terhadap kadar glukosa darah pada tikus telah dipelajari. Hewan uji dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kontrol normal, kontrol negatif, kontrol positif (metformin), dan air rebusan daun alpukat dengan dosis 400 mg/kg BB dan 800 mg/kg BB. Kadar gula darah diukur pada hari ke 0, hari ke 7, dan hari ke 14.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air rebusan daun alpukat mempunyai efek menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diberikan induksi aloksan dengan konsentrasi terbaik yaitu 800 mg/kg BB disertai penurunan persentase gula darah sebesar 63,80%.

Jika Anda menderita diabetes, jangan pernah menggunakan rebusan daun alpukat sebagai pengganti pengobatan yang diberikan oleh dokter. Kontrol gula darah yang baik sangat penting untuk mencegah komplikasi diabetes.

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan herbal apapun, termasuk rebusan daun alpukat. Dokter dapat membantu Anda menilai potensinya dalam rencana perawatan diabetes Anda secara keseluruhan, serta mengawasi keamanan dan efek sampingnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)