Gula Darah Tinggi dan Rendah, Mana yang Lebih Berbahaya? Simak Penjelasannya

Senin 15 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi -Mengetahui berbahayanya gula darah tinggi dan rendah bagi penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@xb100)

Ilustrasi -Mengetahui berbahayanya gula darah tinggi dan rendah bagi penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@xb100)

SUKABUMIUPDATE.com - Kadar gula (glukosa) darah rendah yang disebut hipoglikemia dapat menyebabkan kelelahan atau bahkan pingsan. Hipoglikemia lebih umum terjadi pada penderita diabetes dan mungkin disebabkan oleh terlalu banyak minum obat, kurang makan, atau berolahraga berlebihan.

Efek sebaliknya, hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), terjadi pada saat stres atau diabetes yang tidak terkontrol. Jika tidak diobati, hiperglikemia merusak organ-organ di seluruh tubuh.

Gula darah diatur oleh pankreas, kelenjar panjang di perut. Pankreas menghasilkan hormon yang disebut insulin yang memfasilitasi penyerapan gula darah oleh sel.

Insulin membantu mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi yang dapat digunakan tubuh Anda. Jika tubuh Anda tidak memproduksi insulin atau menjadi resisten terhadap efek insulin, Anda mungkin mengalami masalah gula darah.

Gejala

Gejala awal hiperglikemia mungkin luput dari perhatian, terutama pada kasus diabetes tipe 2. Namun, pada diabetes tipe 1, peningkatan gula darah dapat dengan cepat berubah menjadi kondisi berbahaya yang disebut ketoasidosis .

Menghimpun verywellhealth, gula darah rendah juga bisa menjadi situasi yang mengancam jiwa bagi penderita diabetes. Inilah yang dapat Anda harapkan dalam episode gula darah tinggi dan rendah.

Hiperglikemia (Gula Darah Tinggi)

Gejala awal hiperglikemia antara lain:

  • Penglihatan kabur
  • Sering buang air kecil (kencing)
  • Gula darah tinggi
  • Meningkatnya rasa haus dan lapar

Hiperglikemia mungkin membuat Anda merasa lemah dan lelah. Luka dan luka yang penyembuhannya lambat, infeksi vagina atau kulit, dan penurunan berat badan juga dapat disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah yang kronis.

Hipoglikemia (Gula Darah Rendah)

Gejala hipoglikemia awalnya ringan dan berkembang dengan cepat menjadi krisis kesehatan. Gejala hipoglikemia mungkin berbeda-beda, tetapi paling berbahaya bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Hipoglikemia dapat menyebabkan:

  • Kecemasan atau kegugupan
  • Penglihatan kabur atau terganggu
  • Warna mengering dari kulit (pucat)
  • Kebingungan
  • Pusing, sakit kepala ringan
  • Detak jantung cepat
  • Sakit kepala
  • Kelaparan
  • Iritabilitas atau ketidaksabaran
  • Energi rendah
  • Mual
  • Mimpi buruk atau menangis saat tidur
  • Kejang
  • Kantuk
  • Kegoyahan
  • Berkeringat, menggigil, dan lembab
  • Kesemutan atau mati rasa di bibir, lidah, atau pipi

Penyebab

Penyebab hiperglikemia dan hipoglikemia bervariasi.

Hiperglikemia

Beberapa kondisi berbeda dapat menyebabkan hiperglikemia, namun pada pradiabetes atau diabetes tipe 2, penyebab utamanya adalah sensitivitas insulin yang buruk. Berbeda dengan diabetes tipe 1 yang produksi insulinnya tidak mencukupi, diabetes tipe 2 seringkali ditandai dengan kadar insulin yang tinggi.

Tubuh mungkin memproduksi insulin secara berlebihan. Akibatnya, sel-sel menjadi tidak peka terhadapnya, yang berarti ia tidak mampu melakukan tugasnya menurunkan gula darah tinggi.

Gula darah naik setelah makan, terutama jika makanan tersebut mengandung karbohidrat sederhana. Minuman manis sangat rentan terhadap lonjakan gula darah karena tidak ada serat, lemak, atau protein yang memperlambat pencernaan.

Setelah gula dipecah dan dilepaskan ke aliran darah, insulin dilepaskan untuk mendorongnya ke dalam sel untuk mendapatkan energi atau penyimpanan dengan cepat. Ketika insulin tidak bekerja dengan baik, gula darah tetap tinggi di dalam darah sampai akhirnya disaring melalui ginjal.

Penyebab hiperglikemia lainnya antara lain:

  • Fenomena fajar disebabkan oleh hormon yang diproduksi di pagi hari
  • Stres emosional
  • Diabetes gestasional
  • Penyakit, seperti pilek atau infeksi
  • Dosis obat diabetes yang tidak mencukupi
  • Steroid atau obat lain
  • Pembedahan atau trauma

Hipoglikemia

Hipoglikemia mungkin disebabkan oleh overdosis insulin atau obat diabetes, atau jika Anda makan lebih sedikit dari biasanya setelah mengonsumsi obat diabetes.

Sama seperti makan terlalu banyak karbohidrat yang bisa menyebabkan gula darah naik, makan terlalu sedikit karbohidrat atau melewatkan dan menunda makan (terutama setelah minum insulin atau obat-obatan) bisa menyebabkan gula darah rendah.

Aktivitas fisik yang intens juga dapat menyebabkan hipoglikemia karena otot Anda menggunakan gula dari darah sebagai bahan bakar untuk berolahraga. Selain itu, alkohol mengganggu keseimbangan gula darah dan mungkin menutupi gejala awal hipoglikemia.

Cara Mengetahui Gula Darah Tinggi dan Rendah

Hiperglikemia dapat dideteksi pada keadaan puasa atau setelah makan. Kadar gula darah puasa di atas 125 mg/dL menandakan diabetes. Biasanya, tes darah puasa dilakukan pertama kali di pagi hari setelah puasa semalaman (artinya delapan jam tanpa makanan). Kadar puasa antara 100 mg/dL hingga 125 mg/dL berada pada ambang batas tinggi dan mungkin menandakan pradiabetes.

Gula darah meningkat setelah makan. Satu hingga dua jam setelah makan, gula darah seharusnya kembali turun hingga 180 mg/dL atau kurang. Lebih tinggi dari 180 mg/dL adalah hiperglikemia.

Hipoglikemia biasanya didiagnosis ketika gula darah turun di bawah 70 mg/dL. Tidak semua orang menunjukkan gejala pada tingkat ini, dan beberapa orang menunjukkan gejala sebelum gula darah mencapai titik rendah. Hipoglikemia serius menyebabkan gejala neurologis, seperti kebingungan dan kelesuan.

Mana yang Lebih Berbahaya antara Gula Darah Tinggi dan Rendah?

Gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah pada dasarnya keduanya sama-sama berbahaya apabila tidak segera diatasi. Jika tidak segera dikelola, hiperglikemia atau hipoglikemia dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Dikutip dari klikdokter, dari perbedaannya, gula darah rendah dapat dikelola dengan lebih mudah apabila seseorang telah merasakan gejalanya. Biasanya, penanganan awal yang dapat dilakukan dengan makan atau minum sesuatu yang manis untuk meningkatkan kadar gula darah.

Sementara gula darah tinggi lebih susah untuk dideteksi karena membutuhkan pemeriksaan yang lebih lengkap. Bahkan, penanganannya pun harus dilakukan oleh ahli kesehatan profesional seperti dokter di rumah sakit.

Gula darah tinggi maupun rendah, keduanya sama-sama berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa. Oleh karenanya, memantau kadar gula darah normal setiap hari bagi Anda penderita diabetes sangat penting.

Dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali. Namun, bagi Anda yang memiliki diabetes, harus melakukan pencatatan gula darah setiap harinya dan buat catatannya di buku pribadi Anda, sebagai pengingat dalam menjalankan gaya hidup sehat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin