Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Rabu 17 April 2024, 21:00 WIB
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah mengkudu, atau juga dikenal sebagai noni, adalah buah yang berasal dari pohon Morinda citrifolia yang tumbuh di daerah tropis. Buah ini memiliki ciri khas kulit hijau gelap dengan permukaan tidak rata dan bentuk bulat.

Meskipun rasanya agak pahit dan tidak enak jika dimakan secara langsung, buah mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya karena potensi manfaat kesehatannya seperti untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, asam urat dan tekanan darah tinggi.

Buah mengkudu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena khasiatnya yang unik. Buah mengkudu mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah secara efektif, menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet penderita diabetes.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Khususnya, rebusan mengkudu direkomendasikan untuk pasien penderita gula karena membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Minuman alami ini juga bebas gula, sehingga cocok untuk individu yang memantau asupan karbohidratnya dengan cermat.

Dengan memasukkan buah atau rebusan mengkudu ke dalam rutinitas harian, penderita diabetes dapat mengambil langkah proaktif untuk mengelola kondisi mereka dengan lebih efektif.

Salah satu cara untuk mengonsumsi buah mengkudu untuk gula darah adalah dengan meminum air rebusannya. Berikut adalah resep rebusan buah mengkudu yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Rebusan Mengkudu

1. Bahan Rebusan

Siapkan dua buah buah mengkudu matang, 400 ml air dan satu sendok teh madu yang berfungsi menetralkan rasa pahit buah mengkudu.

2. Cuci Bersih Buah Mengkudu

Sebelum merebus, cuci dahulu buah mengkudu di air yang bersih dan mengalir agar kotoran di kulit buahnya terbuang. Pastikan buah mengkudu yang akan digunakan untuk merebus sudah matang dan tidak terlalu lunak.

3. Merebus Mengkudu

Potong tipis-tipis buah mengkudu dan masukan kedalam panci. Tuangkan air putih 400 ml dan rebus hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 10 menit, atau sampai air berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah itu, lalu angkat dan saringlah air rebusannya.

4. Masukan Madu

Setelah air rebusan telah disaring dan dimasukan ke dalam gelas, lalu campurkan satu sendok teh madu atau secukupnya sesuai selera. Air rebusan mengkudu tidak akan pahit karena telah dicampur madu dan siap diminum guna menurunkan kadar gula darah.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Mei 2024, 11:00 WIB

12 Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Dilakukan Agar Hidup Lebih Dihargai Orang

Dengan menerapkan prinsip-prinsip peraturan tidak tertulis ini, Anda tidak hanya akan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.
Ilustrasi - Peraturan Tidak Tertulis dalam Hidup Agar Lebih Dihargai Orang (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)