12 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Asam Urat

Jumat 03 Februari 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)

Ilustrasi. Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)

SUKABUMIUPDATE.com - Kelor atau merunggai adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Kelor dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay di Filipina.

Daun Kelor (Moringa oleifera) juga dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Alasannya adalah daun kelor punya kandungan nutrisi dan antioksidan seperti vitamin A, zat besi, magnesium, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, beta karoten, quercetin dan chlorogenic acid.

Bahkan, manfaat Daun Kelor ini pernah disebut oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PDIP Paoji Nurjaman sebagai suplemen intervensi gizi sensitif pencegahan stunting pada anak. Hal itu disampaikan ketika ia menghadiri acara kaum ibu melawan stunting di Desa Jampangtengah, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Mengenal Batik Lokatmala Sukabumi Masagi, Makna Edelweiss hingga Mendunia

Sesuai dengan fakta manfaat daun kelor, bahwa sejak dulu tanaman tropis ini digunakan sebagai obat tradisional, suplemen, jamu, hingga bahan makanan serta untuk ibu menyusui guna meningkatkan produksi ASI.

Melansir dari berbagai sumber via Tempo.co, Inilah 12 manfaat daun kelor untuk Kesehatan Tubuh!

1. Memiliki Banyak Kandungan Yang Jauh Lebih Tinggi

Ternyata manfaat daun kelor jauh lebih tinggi daripada sayuran lain. Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang jauh lebih tinggi daripada wortel. Dari sisi kalsium, kelor mengandung empat kali kalsium lebih banyak dibandingkan susu. Vitamin C yang terkandung juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Kaya manfaat banget, kan?

2. Memperkuat Imunitas

Manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah memperkuat imunitas. Daun kelor kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kaya akan vitamin C membuat tumbuhan ini dapat menjaga imunitas dan kekebalan tubuh. Selain itu, daun kelor juga bisa menghambat bakteri masuk ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

3. Baik Untuk Asam Urat

Penyakit asam urat mungkin semakin banyak dirasakan oleh orang dewasa maupun lansia. Nah, rebusan daun kelor bisa mengobati asam urat. Air rebusan daun kelor yang mengandung alkaloid serta flavonoid, bisa meminimalisir pembentukan asam urat. Bukan hanya itu, daun kelor juga bisa mengatasi pegal-pegal dan mengatasi rematik.

Baca Juga: Kronologi Adu Banteng Avanza Vs Angkot di Cibadak Sukabumi

4. Sangat Baik Untuk Mata

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah sangat baik untuk mata. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk kesehatan mata. Air rebusan daun kelor bisa mengurangi mata merah akibat infeksi, maupun mengurangi gejala mata plus, minus, hingga katarak. Bagi Anda yang memiliki riwayat mata merah, silahkan coba air rebusan tumbuhan ini ya.

5. Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat tak terduga dari tumbuhan satu ini adalah membuat kulit jauh lebih sehat. Beberapa perawatan kecantikan juga memanfaatkan daun kelor sebagai bahan utama pembuatan produk seperti facial wash, hand and body lotion, maupun produk skincare lainnya. Daun kelor yang kaya akan antioksidan juga bisa meminimalisir jerawat wajah.

6. Baik untuk Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan zat besi. Jika, Anda memiliki riwayat penyakit anemia, daun kelor dapat menjadi obat alami untuk menanganinya. Daun kelor memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita anemia.

7. Mencegah Terjadinya Infeksi Rahim

Manfaat daun kelor untuk wanita adalah mencegah terjadinya infeksi pada rahim. Daun kelor kaya akan kandungan antibakteri dan antiradang. Hal ini membuat khasiat daun kelor bisa melindungi rahim dari infeksi akibat bakteri seperti bakteri endometritis.

Perlu diingat, jika infeksi pada rahim Anda sudah parah sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun kelor juga memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam rahim. Daun kelor memiliki unsur kandungan antioksidan dan fitosterol yang membuatnya mampu memproduksi hormon estrogen dengan sangat baik. Manfaat hormon estrogen sendiri memperlancar sirkulasi haid. Jadi jika hormon estrogen baik maka sirkulasi darah tentu akan lancar.

Baca Juga: Mahasiswa Ini Ditangkap Gegara Bikin Aplikasi Penipuan Berkedok Undangan Nikah

9. Membantu Tingkatkan Hormon Testosteron

Manfaat daun kelor untuk alat vital pria salah satunya dapat membantu produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan penting dalam memicu gairah seksual pria, maka dari itu mereka dengan permasalahan hasrat seksual yang menurun disarankan mengkonsumsi kelor. Ini dapat meningkatkan kadar hormon dan gairah seksual.

10. Anti Kanker

Sejumlah peneliti telah membuktikan, manfaat untuk kesehatan dengan ekstrak daun kelor bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Tak hanya itu, tumbuhan ini bisa berguna untuk bahan-bahan obat herbal.

11. Untuk Diabetes

Bagi penderita diabetes, selain berobat ke dokter mungkin Anda juga bisa memanfaatkan daun kelor sebagai obat alami. Kandungan protein layaknya insulin dari daun ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara disayur.

12. Memperkuat Daya Ingat

Terakhir, tumbuhan ini juga bisa memperkuat daya ingat. Karena mengandung zat kimiawi dan antioksidan yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan daya ingat akan hal-hal yang terjadi. Bagi Anda yang mudah lupa, mungkin mulai sekarang bisa mengkonsumsi daun kelor.

SUMBER: TEMPO.CO | DWI LUCY SUSETIOWATI | BERBAGAI SUMBER

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi17 April 2024, 20:43 WIB

Bocah 12 Tahun Tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Sukabumi, Ini Kata Pemilik

Pemilik angkat bicara terkait insiden bocah 12 tahun tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi.
Wahana wisata kolam renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 April 2024, 20:37 WIB

Nasib Pilu Ato Warga Ciracap Sukabumi: Ditinggal Istri, Urus 2 Anak Tempati Rumah Reyot

Kisah Ato (51 tahun) bersama dua anaknya, Saidah (12 tahun), dan Anwar (10 tahun) warga Desa Cikangkung, Kabupaten Sukabumi. Kini ia tinggal dirumah reyot, ia pun ditinggal sang istri.
Kndisi rumah yang ditempati Ato dan dua anaknya di Cikangkung Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang