10 Hal yang Membuat Stres dan Cara Mengatasinya, Yuk Kenali!

Selasa 31 Oktober 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi -  Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menantang. (Sumber : Unsplash.com/@Yogendra Singh).

Ilustrasi - Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menantang. (Sumber : Unsplash.com/@Yogendra Singh).

SUKABUMIUPDATE.com - Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan yang datang dari berbagai sumber. Namun, ketika stres berlebihan atau berkepanjangan, dapat berdampak negatif pada kesejahteraan fisik dan mental seseorang. 

Stres sendiri merupakan reaksi tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menantang. Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hidup, tekanan kerja, atau masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan stres dan cara mengatasinya:

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup

1. Tuntutan Pekerjaan

Tuntutan pekerjaan adalah salah satu faktor eksternal yang dapat menyebabkan stres. Tuntutan pekerjaan dapat berupa beban kerja yang berat, tenggat waktu yang mendesak, atau lingkungan kerja yang tidak kondusif.

Beban kerja yang berat dapat menyebabkan stres karena membuat karyawan merasa kewalahan dan tidak mampu memenuhi semua tugas yang diberikan. Lingkungan kerja yang tidak kondusif dapat menyebabkan stres karena membuat karyawan merasa tidak nyaman atau tidak aman.

2. Masalah Keuangan

Masalah keuangan bisa menyebabkan stres, karena ini dapat berupa utang, kehilangan pekerjaan, atau inflasi. Seperti utang dapat menyebabkan stres karena membuat seseorang merasa tertekan untuk melunasi utang. 

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

Kehilangan pekerjaan dapat menyebabkan stres karena membuat seseorang kehilangan sumber penghasilan. Kehilangan pekerjaan dapat menyebabkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membayar utang.

3. Masalah Emosional

Masalah emosional dapat berupa pikiran atau perasaan negatif, kebutuhan atau keinginan yang tidak terpenuhi, atau persepsi negatif. Pikiran atau perasaan negatif, seperti kecemasan, kemarahan, atau kesedihan, dapat menyebabkan stres karena membuat seseorang merasa tidak nyaman atau tertekan.

4. Masalah Hubungan

Masalah hubungan dapat menjadi penyebab stres. Hubungan yang sehat dan suportif dapat memberikan dukungan dan kenyamanan, tetapi hubungan yang tidak sehat atau tidak suportif dapat menjadi sumber stres.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang Stres Banyak Pikiran, Apa Kamu Saat Ini Mengalaminya Juga?

5. Perubahan Hidup

Perubahan hidup adalah peristiwa atau pengalaman baru yang dapat mengubah kehidupan seseorang secara signifikan. Perubahan hidup dapat berupa peristiwa positif, seperti pernikahan, kelahiran anak, atau mendapatkan pekerjaan baru, atau peristiwa negatif, seperti perceraian, kehilangan pekerjaan, atau kematian orang yang dicintai.

Namun, berikut adalah beberapa contoh perubahan hidup yang dapat menyebabkan stres:

  • Perubahan besar dalam kehidupan pribadi, seperti pernikahan, perceraian, kelahiran anak, atau kematian orang yang dicintai.
  • Perubahan besar dalam kehidupan profesional, seperti kehilangan pekerjaan, mendapatkan pekerjaan baru, atau promosi.
  • Perubahan besar dalam kesehatan, seperti diagnosis penyakit kronis atau cedera.
  • Perubahan besar dalam lingkungan, seperti pindah rumah atau pindah ke kota baru.

Baca Juga: 13 Ciri Orang Licik yang Bisa Dilihat Dari Sikapnya, Pandai Berbohong!

6. Kesehatan Fisik atau Mental

Kesehatan fisik yang buruk dapat menyebabkan stres karena membuat seseorang merasa tidak nyaman, tidak aman, atau tidak mampu. Kondisi kesehatan fisik yang dapat menyebabkan stres antara lain:

  • Penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker.
  • Cedera, seperti cedera fisik atau cedera mental.
  • Masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, atau gangguan obsesif-kompulsif.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Munafik, Salah Satunya Tidak Bertanggung Jawab

Kesehatan mental yang buruk juga dapat menyebabkan stres. Kondisi kesehatan mental yang dapat menyebabkan stres antara lain:

  • Depresi. Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, dan kehilangan minat dalam aktivitas yang biasa dinikmati.
  • Kecemasan. Kecemasan adalah perasaan cemas, gelisah, atau khawatir yang berlebihan.
  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD). PTSD adalah gangguan mental yang dapat terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis, seperti bencana alam, kecelakaan, atau pelecehan.

7. Ketidakpastian Masa Depan

Ketidakpastian masa depan adalah penyebab stres. Ketidakpastian dapat menyebabkan perasaan cemas, khawatir, dan tidak berdaya. Ketidakpastian dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan ekonomi, politik, atau lingkungan.

Baca Juga: 8 Ciri Kamu Sedang Mengalami Depresi Berat, Tak Boleh Diabaikan!

8. Pikiran dan Perasaan Negatif

Pikiran dan perasaan negatif dapat menyebabkan perasaan cemas, khawatir, marah, atau sedih. Pikiran dan perasaan negatif ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengalaman traumatis, pola pikir negatif, atau kondisi kesehatan mental.

9. Diskriminasi

Diskriminasi adalah perlakuan tidak adil terhadap seseorang berdasarkan karakteristik tertentu, seperti ras, etnis, gender, orientasi seksual, atau agama. Diskriminasi dapat terjadi di berbagai bidang kehidupan, seperti pekerjaan, pendidikan, dan layanan publik.

Berikut adalah beberapa contoh diskriminasi yang dapat menyebabkan stres:

  • Diskriminasi di tempat kerja, seperti tidak mendapatkan promosi atau kenaikan gaji karena ras, etnis, atau gender.
  • Diskriminasi dalam pendidikan, seperti tidak diterima di sekolah atau universitas karena ras, etnis, atau agama.
  • Diskriminasi dalam layanan publik, seperti tidak mendapatkan pelayanan yang sama dengan orang lain karena ras, etnis, atau gender.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Dikucilkan Lingkungan Teman Sebaya, Kamu Salah Satunya?

10. Keluarga yang Tidak Harmonis

Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang anggotanya memiliki hubungan yang dekat, saling pengertian, dan saling mendukung. Keluarga yang tidak harmonis adalah keluarga yang anggotanya memiliki hubungan yang tegang, saling bertentangan, dan saling menyalahkan.

Berikut adalah beberapa contoh keluarga yang tidak harmonis yang dapat menyebabkan stres:

  • Keluarga yang sering bertengkar. Konflik dalam keluarga dapat menyebabkan perasaan cemas, marah, dan sedih.
  • Keluarga yang tidak komunikatif. Kurangnya komunikasi dalam keluarga dapat menyebabkan salah paham dan konflik.
  • Keluarga yang tidak suportif. Kurangnya dukungan dari keluarga dapat menyebabkan perasaan tidak aman dan tidak berharga.

 

Cara Mengatasi Stres

Stres dapat dikelola dengan berbagai cara, seperti:

  • Olahraga
  • Teknik relaksasi
  • Tidur yang cukup
  • Menjaga pola makan sehat
  • Mengelola waktu dengan baik
  • Membangun hubungan sosial yang positif

Berikut adalah beberapa cara spesifik untuk mengatasi stres:

  • Olahraga. Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola stres. Olahraga dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.
  • Teknik relaksasi. Teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam, dapat membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan.
  • Tidur yang cukup. Tidur yang cukup penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh dan pikiran untuk pulih dari stres.
  • Menjaga pola makan sehat. Pola makan sehat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.
  • Mengelola waktu dengan baik. Mengelola waktu dengan baik dapat membantu mengurangi stres. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai dan membuat diri rileks.
  • Membangun hubungan sosial yang positif. Hubungan sosial yang positif dapat memberikan dukungan dan bantuan dalam menghadapi stres.
AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi.
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)
Mobil20 Juni 2024, 19:45 WIB

Driver Wajib Tahu, Ternyata ini 5 Penyebab Radiator Cepat Habis

Ketika air radiator cepat berkurang, mesin bisa cepat panas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius dan biaya perbaikan yang mahal
Ilustrasi Penyebab Radiator Cepat Habis (Sumber : pixabay.com/@carotomo12)
Sehat20 Juni 2024, 19:30 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor untuk Mengobati Sakit Asam Lambung

Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung.
Ilustrasi - Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung. (Sumber : Pixabay.com/@Ninetechno).
DPRD Kab. Sukabumi20 Juni 2024, 19:21 WIB

8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum LPJ APBD 2023 di Paripurna DPRD Sukabumi

Sebanyak delapan fraksi di DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD tahun 2023
8 Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Life20 Juni 2024, 19:15 WIB

5 Penyebab Kenapa Cinta Cepat Pudar Setelah Menikah, Kamu Termasuk?

Sejumlah penyebab menjadi faktor kenapa orang yang sudah menikah cenderung cepat pudar cintanya dibandingkan pada saat awal mula kasmaran
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa cinta cepat pudar setelah menikah puluhan tahun (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Sehat20 Juni 2024, 19:00 WIB

No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan malam.
Ilustrasi. No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sehat20 Juni 2024, 18:45 WIB

5 Penyebab Kenapa Penderita Diabetes Cepat Lapar Meski Sudah Makan, Ini Alasannya

penderita diabetes kerap merasa lapar yang cukup tinggi akibat nafsu makannya naik. hal ini disebabkan oleh beberapa gejala yang mungkin jarang disadari
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa penderita diabetes cenderung cepat lapar (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Kecantikan20 Juni 2024, 18:15 WIB

Selain Menggunakan Lotion, 5 Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Kasar dan Kering

Telapak tangan kasar dan kering bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa diatasi dengan mengurangi paparan air dan memilih sabun yang tepat
Ilustrasi tangan kasar yang bisa diatasi (Sumber : pixabay.com/@noursh90)
Life20 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dijauhkan dari Rasa Malas, Amalkan Supaya Semangat Beraktivitas

Doa Menghilangkan Rasa Malas yang Perlu Diamalkan Agar Kembali Semangat
Doa Menghilangkan Rasa Malas yang Perlu Diamalkan Agar Kembali Semangat. | Sumber: Freepik.com
Life20 Juni 2024, 17:45 WIB

Orang yang Suka Makan Sendirian di Restoran Ternyata Punya 5 Karakter Ini

Seseorang yang sering makan sendirian di restoran ternyata memiliki karakteristik unik, salah satunya nyaman dengan kesendirian.
Ilustrasi orang makan sendirian di restoran yang menunjukkan karakteristik unik (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)