13 Ciri Orang Licik yang Bisa Dilihat Dari Sikapnya, Pandai Berbohong!

Jumat 27 Oktober 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi - Orang yang licik biasanya hidup dalam kepura-puraan untuk menutupi sifat aslinya. (Sumber : unsplash.com/@Sander Sammy.)

Ilustrasi - Orang yang licik biasanya hidup dalam kepura-puraan untuk menutupi sifat aslinya. (Sumber : unsplash.com/@Sander Sammy.)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang licik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan individu yang cerdik, namun dalam konteks negatif. Mereka cenderung pandai dalam berbagai situasi, terutama dalam hal mencari keuntungan pribadi atau menghindari tanggung jawab.

Orang licik sangat pandai menipu dan memperdaya orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadinya. Orang licik akan berbahaya apabila dijadikan teman maupun sahabat.

Oleh sebab itu kita harus mengenali ciri-ciri orang licik yang dapat membantu melindungi diri dari manipulasi, penipuan, dan tindakan merugikan lainnya. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri orang yang licik yang sebaiknya dihindari dalam kehidupan, dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

1. Berbicara Manipulatif

Orang yang licik sering menggunakan kata-kata yang ambigu atau berbicara dengan cara yang membingungkan untuk memanipulasi situasi atau mendapatkan keuntungan. IMereka sering kali menggunakan emosi atau kelemahan orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

2. Berbohong dengan Mudah

Mereka memiliki kemampuan untuk berbohong dengan lancar dan tanpa rasa bersalah. Orang yang licik biasanya pandai berbohong untuk menutupi kesalahannya atau untuk mendapatkan keuntungan. Mereka sering kali menggunakan kata-kata yang ambigu atau membingungkan untuk mengecoh orang lain.

3. Tidak Menepati Janji

Orang licik seringkali tidak konsisten dalam menepati janji atau komitmen mereka. Mereka bisa dengan mudah berubah pikiran dan melupakan apa yang mereka katakan sebelumnya. Orang yang licik tidak memiliki empati terhadap orang lain dan mereka tidak peduli dengan perasaan atau penderitaan orang lain.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

4. Memanfaatkan Orang Lain

Orang yang licik cenderung memanfaatkan kebaikan orang lain untuk keuntungan pribadi mereka tanpa memperdulikan perasaan atau kebutuhan orang lain. Mereka tidak peduli dengan orang lain, kecuali jika orang lain dapat menguntungkan mereka.

5. Menghindari Tanggung Jawab

Mereka cenderung mencari cara untuk menghindari tanggung jawab atau mengalihkan kesalahan kepada orang lain saat sesuatu tidak berjalan dengan baik. Mereka selalu menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka perbuat.

6. Berpura-pura Mencintai dan Peduli

Orang licik bisa berpura-pura sangat peduli padamu atau menunjukkan kasih sayang yang berlebihan, tetapi sebenarnya mereka hanya memanfaatkan perasaanmu. Ini merupakan akal bulus mereka agar kita terperangkap manipulasinya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kelelahan Mental, Apa Kamu Merasakannya Juga?

7. Pandai Membongkar Aib

Kebanyakan orang akan menutup aib mereka dan tak mengumbarnya di hadapan orang lain. Namun, bagi mereka yang licik akan membongkar rahasia privasi dan memberitahukannya kepada yang dikehendakinya.

8. Berusaha Memecah-belah Hubungan

Orang yang licik bisa mencoba memicu konflik atau memecah-belah hubungan di antara orang lain demi mencapai tujuan mereka. Mereka seakan tak suka dengan hubungan positif yang terjalin tanpa ada dirinya.

9. Berperilaku Terlalu Manis atau Ramah

Mereka kadang-kadang bisa menjadi sangat manis atau ramah untuk menarik perhatian dan mendapatkan kepercayaan, tetapi tujuannya mungkin tidak jujur. Manis dan ramah adalah tujuan orang licik demi menggaet hati para korbannya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah Hidupnya

10. Menghindari Keterbukaan dan Transparansi

Orang licik cenderung merahasiakan informasi yang seharusnya diungkapkan untuk mengelabui atau menjaga kepentingan mereka. Mereka menutup-nutupi demi keuntungan pribadinya saja.

11. Memanfaatkan Kelemahan Orang Lain

Mereka bisa dengan sengaja memanfaatkan ketidakpastian, ketakutan, atau kelemahan emosional orang lain untuk mendapatkan keuntungan. Orang yang lemah dengan mudah dapat dikendalikan dimanfaatkan olehnya.

12. Mencari Keuntungan Pribadi dengan Merugikan Orang Lain

Orang dengan sifat licik cenderung berfokus pada keuntungan pribadi mereka tanpa mempedulikan dampak negatif yang mungkin mereka timbulkan pada orang lain. Bagi mereka keuntungan pribadi adalah hal utama dihidupnya.

Baca Juga: 10 Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali, Yuk Bunda Perhatikan!

13. Kurang Empati dan Emosi Palsu

Mungkin mereka tidak memiliki empati yang sebenarnya terhadap perasaan orang lain dan hanya menunjukkan emosi palsu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Empati dan emosi palsu digunakan untuk mengelabui korbannya.

Mengenali ciri-ciri ini dapat membantu kamu menjaga diri dari orang yang mungkin mencoba memanipulasi atau merugikanmu. Namun, juga penting untuk mengingat bahwa tidak semua orang dengan ciri-ciri tersebut adalah orang licik.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dalam Perjalanan, Agar Kita Senantiasa Dalam Lindungan Allah SWT

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Life12 Mei 2024, 17:00 WIB

Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Dari mulai menyanyi dan membaca hingga terlibat dalam permainan drama, ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bahasa anak.
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).
Sukabumi12 Mei 2024, 16:53 WIB

Serikat Pekerja di Sukabumi Menolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off

FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off per 1 Mei 2024 bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memerlukan pelayanan kesehatan.
FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah  BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off | Foto : Ist
Sukabumi12 Mei 2024, 16:11 WIB

Rumah Panggung Milik Lansia Ludes Terbakar Di Jampangkulon Sukabumi

Kebakaran menghanguskan satu rumah panggung milik seorang lansia warga Kampung Panimbaan RT 005/005 Desa Nagraksari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.
Rumah panggung ludes terbakar di Jampangkulon Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 16:00 WIB

2 Tanda Gangguan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diketahui Orang Tua

Jika balita belum bisa berbicara dan Anda mencurigai adanya kesulitan dalam berbicara, maka bicaralah. Kunci untuk mengobati gangguan bahasa adalah intervensi dini.
Ilustrasi -  Tanda gangguan bahasa pada bayi yang perlu diketahui orang tua. (Sumber : Pexels/George Pak).
Sukabumi12 Mei 2024, 15:51 WIB

Tajam Menganga, Besi Gorong-gorong Rusak di Jalur Lingkar Sukabumi Makan Korban

Besi penutup gorong-gorong di jalan Jalur Lingkar Kota Sukabumi, tepatnya di pertigaan Balandongan, terlihat kondisinya sudah rusak parah, besinya suda pada patah dan tidak beraturan
Kondisi besi gorong-gorong di Jalan Jalur Lingkar Kota Sukabumi (pertigaan balandongan) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 15:03 WIB

Jadi Spot Favorit Berfoto, Pohon Loa Tua Di Curug Sodong Sukabumi Simpan Cerita Mistik

Pohon Loa tua dengan diameter 3 meter, tinggi sekitar 20 meter, yang berdiri area Curug Sodong, Desa Ciwaru Sukabumi, selain jadi peneduh, juga menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto.
Pohon Loa tua di Curug Sodong Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 15:00 WIB

7 Cara Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diterapkan Orang Tua

Selama tahun pertama si kecil, kemampuan bahasanya akan berkembang pesat. Dan inilah cara mendorong bayi untuk lebih banyak berbicara.
Ilustrasi - meningkatkan atau mendorong perkembangan bahasa pada bayi. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov).
Life12 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Cara Melatih Kesabaran Anak Agar Bermental Kuat Saat Tumbuh Dewasa

Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti.
Ilustrasi - Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti. (Sumber : Pexels/Matilda Wormwood).