11 Ciri-ciri Orang Munafik, Salah Satunya Tidak Bertanggung Jawab

Senin 30 Oktober 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi - Orang munafik dapat dikenali dari ciri-ciri yang biasanya mereka akan selalu berkata ingkar. (Sumber : pexels.com/Polina Zimmerman).

Ilustrasi - Orang munafik dapat dikenali dari ciri-ciri yang biasanya mereka akan selalu berkata ingkar. (Sumber : pexels.com/Polina Zimmerman).

SUKABUMIUPDATE.com - Orang munafik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan individu yang berperilaku tidak jujur atau bermaksud buruk dalam perilaku mereka, terutama dalam konteks moral, nilai, atau keyakinan. 

Dalam Islam, orang munafik merupakan orang yang menampakkan keislaman di hadapan orang lain, tetapi menyembunyikan kekufuran di dalam hatinya. Orang munafik memiliki ciri-ciri yang salah satunya adalah tidak bertanggung jawab.

Munafik seringkali bertindak untuk mendapatkan keuntungan pribadi, menyembunyikan niat buruk, atau menciptakan citra yang palsu. Nah, berikut adalah ciri-ciri orang munafik yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Tanda Orang Munafik, Terlihat dari Sikap dan Ucapannya

1. Suka Berdusta

Suka berdusta adalah salah satu ciri orang munafik. Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

"Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu jika berbicara ia berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika dipercaya berkhianat."

Orang munafik sering berdusta untuk menutupi sifat aslinya dan untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Mereka juga tidak segan-segan untuk berdusta untuk menipu orang lain.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Berikut adalah beberapa contoh kedustaan yang sering dilakukan oleh orang munafik:

  • Berbohong tentang identitas mereka, seperti mengaku sebagai orang yang baik padahal sebenarnya mereka jahat.
  • Berbohong tentang janji-janji mereka, seperti berjanji akan melakukan sesuatu tetapi tidak menepatinya.
  • Berbohong tentang amanah yang diberikan kepada mereka, seperti menyalahgunakan uang atau barang yang dipercayakan kepada mereka.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup

2. Berkhianat

Orang munafik tidak segan-segan untuk berkhianat kepada orang lain, baik kepada teman, keluarga, maupun kepada pemimpin mereka. Mereka berkhianat untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri atau untuk menjatuhkan orang lain.

Berikut adalah beberapa contoh pengkhianatan yang sering dilakukan oleh orang munafik:

  • Mengingkari janji
  • Menyalahgunakan amanah
  • Membocorkan rahasia
  • Memfitnah orang lain
  • Mencuri

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

Bagi kamu yang umat Islam, kita diwajibkan untuk menghindari sifat munafik. Kita harus selalu menepati janji, menjaga amanah, dan berlaku jujur kepada orang lain. Karena pengkhianatan adalah salah satu perbuatan dosa besar yang dibenci oleh Allah SWT.

3. Sikap yang Berlebihan

Sikap yang berlebihan juga merupakan salah satu ciri orang munafik. Orang munafik sering melakukan sesuatu secara berlebihan untuk menutupi sifat aslinya dan untuk mendapatkan perhatian orang lain.

Orang munafik sering bersikap sangat baik kepada orang lain, tetapi sebenarnya mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan dari orang lain. Mereka juga sering bersikap baik kepada orang yang mereka anggap penting, tetapi tidak bersikap baik kepada orang yang mereka anggap tidak penting.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Terlihat dari Bahasa Tubuhnya

4. Bersikap Riya

Bersikap riya adalah salah satu ciri orang munafik. Riya adalah perbuatan melakukan sesuatu dengan tujuan untuk mendapatkan pujian atau sanjungan dari orang lain. Orang munafik sering bersikap riya untuk menutupi sifat aslinya dan untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Orang munafik tidak peduli apakah perbuatannya itu benar atau salah, yang penting mereka mendapatkan pujian dan sanjungan dari orang lain. Sikap riya adalah perbuatan yang sangat tercela dan dibenci oleh Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT melarang hamba-Nya untuk bersikap riya.

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk menghindari sikap riya. Kita harus selalu beribadah dan beramal dengan ikhlas, hanya karena Allah SWT. Kita juga harus selalu berbuat baik kepada orang lain tanpa mengharapkan pujian atau sanjungan dari mereka.

Baca Juga: 10 Cara Bahagia Meskipun Hidup Serba Pas-pasan, Yuk Jangan Minder!

5. Senang Melebihkan-lebihkan Sesuatu

Orang munafik sering melebih-lebihkan suatu kejadian atau cerita untuk mendapatkan perhatian orang lain, untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri, atau untuk menjatuhkan orang lain.

Berikut adalah beberapa contoh sikap senang melebih-lebihkan sesuatu yang sering dilakukan oleh orang munafik:

  • Melebih-lebihkan pencapaiannya sendiri.
  • Melebih-lebihkan kesalahan orang lain.
  • Melebih-lebihkan janji-janjinya.
  • Melebih-lebihkan kisah hidupnya.
  • Melebih-lebihkan berita atau informasi yang didengarnya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Putus Asa Menjalani Hidup, Apa Kamu Salah Satunya?

6. Berbangga Diri atas Dosa yang Diperbuat

Munafik cenderung tidak merasa bersalah atas tindakan buruk atau dosa yang mereka lakukan. Mereka mungkin berpura-pura baik di muka umum, tetapi dalam hati mereka, mereka merasa bangga atau puas dengan perbuatan dosa yang mereka lakukan. 

Ini mencerminkan ketidakjujuran dan kepura-puraan dalam moral dan nilai-nilai yang sebenarnya mereka pegang. Berbangga diri atas dosa juga bisa mencerminkan ketidakpedulian terhadap akibat perbuatan buruk tersebut.

7. Memiliki Iri Hati dan Dengki

Memiliki iri hati dan dengki adalah ciri orang munafik. Iri hati adalah perasaan tidak senang terhadap keberhasilan atau kelebihan orang lain, sedangkan dengki adalah keinginan untuk menjatuhkan orang lain yang lebih baik dari dirinya.

Baca Juga: 13 Ciri Orang Licik yang Bisa Dilihat Dari Sikapnya, Pandai Berbohong!

Iri hati dan dengki adalah penyakit hati yang dapat merusak hubungan antar manusia. Orang yang iri hati dan dengki akan selalu berusaha untuk menjatuhkan orang lain yang lebih baik dari dirinya. Mereka tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang mereka miliki, dan selalu merasa bahwa orang lain lebih baik dari dirinya.

8. Hanya Fokus Pada Duniawi

Orang munafik hanya peduli dengan kehidupan duniawi dan tidak memikirkan kehidupan akhirat. Mereka akan melakukan segala cara untuk mendapatkan kesenangan dan keuntungan di dunia, meskipun dengan cara yang haram.

Berikut adalah beberapa contoh sikap orang munafik yang hanya fokus pada duniawi:

  • Beribadah hanya untuk mendapatkan perhatian orang lain.
  • Beramal hanya untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri.
  • Rela melakukan segala cara untuk mendapatkan kekayaan dan jabatan.
  • Tidak peduli pada nasib orang lain.
  • Selalu mengutamakan kesenangan duniawi daripada ibadah.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kelelahan Mental, Apa Kamu Merasakannya Juga?

Orang munafik tidak menyadari bahwa kehidupan duniawi ini hanyalah sementara, sedangkan kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal. Mereka juga tidak menyadari bahwa Allah SWT akan menghitung semua amal perbuatan manusia di dunia ini, baik amal yang baik maupun amal yang buruk.

9. Hobi Menyebar Fitnah

Orang munafik seringkali tidak jujur dalam interaksi mereka dengan orang lain. Mereka dapat menciptakan cerita palsu atau menyebarkan informasi yang merugikan tentang orang lain tanpa alasan yang sah.

Orang munafik mungkin melakukannya dengan maksud untuk memperoleh keuntungan pribadi, mengalihkan perhatian dari kekurangan mereka sendiri, atau hanya untuk merusak hubungan orang lain.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Kelelahan Mental Agar Kembali Semangat Menjalani Hidup

10. Tidak Bertanggung Jawab

Orang munafik tidak bertanggung jawab karena mereka hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Mereka tidak peduli dengan orang lain dan tidak peduli dengan akibat dari perbuatan mereka. Mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan dari orang lain tanpa harus memberikan apa pun.

Contoh orang munafik yang tidak bertanggung jawab adalah orang yang:

  • Menjanjikan sesuatu kepada orang lain, tetapi tidak menepatinya.
  • Mengambil barang milik orang lain tanpa izin.
  • Melanggar janji atau kesepakatan.
  • Menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri.

Orang yang tidak bertanggung jawab akan merugikan orang lain dan merusak kepercayaan orang lain. Oleh karena itu, kita harus menghindari sifat tidak bertanggung jawab agar tidak termasuk dalam golongan orang munafik.

Baca Juga: 12 Ciri Kamu Memiliki Luka Batin yang Belum Sembuh, Ada Perasaan Trauma!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola18 Juli 2024, 12:00 WIB

Persib vs PSM: Suporter Tim Tamu Tetap Dilarang Hadir di Piala Presiden 2024

Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024.
Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024. (Sumber : PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana).
Sukabumi18 Juli 2024, 11:51 WIB

Daftar Dinas Terbaik, Pemkot Sukabumi Buka Data Kinerja SKPD Triwulan II 2024

Asep menyatakan bahwa data kinerja semakin membaik.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik18 Juli 2024, 11:30 WIB

Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue

Promotor konser grup band Sheila on 7, Antara Suara dan GoldLive mengumumkan adanya perubahan venue yang lebih besar untuk tur ‘Tunggu Aku Di’ di beberapa kota di Indonesia, serta ada penambahan tiket.
Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi18 Juli 2024, 09:30 WIB

We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!

We Are Hiring! Untuk kamu yang tertarik, Yuk Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!
Ilustrasi. Karyawan. We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini! (Sumber : Freepik/@cookie_studio)