Berapa Seharusnya Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Simak Disini

Kamis 21 Maret 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)

Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Gula darah normal setelah makan akan bergantung pada situasi pribadi Anda. Ini dapat berbeda tergantung pada usia Anda, jenis diabetes dan penggunaan insulin (jika ada), serta status kehamilan.

Namun, ada kisaran standarnya, dan mengetahui kadar gula darah setelah makan dapat membantu Anda lebih memahami makanan mana yang harus Anda makan atau batasi.

Angka-angka ini juga memberikan informasi bermanfaat bagi penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat terbaik dan tingkat dosis untuk mengendalikan diabetes Anda.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Berapa Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan?

Target kadar gula darah Anda setelah makan akan bervariasi berdasarkan usia Anda dan apakah Anda menderita diabetes, menggunakan insulin, atau sedang hamil. 1 Anda dapat mengukur kadar glukosa darah Anda dengan alat sederhana yang disebut glukometer.

Pedoman kadar glukosa darah pasca makan saat ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang dianggap normal untuk situasi spesifik Anda. Dikutip dari verrywellhealth, berikut selengkapnya.

Kisaran Gula Darah Normal Setelah Makan (miligram per desiliter atau mg/dL)

  • Orang dewasa tanpa diabetes: 90-140, dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa dengan diabetes: di bawah 180, dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa dengan diabetes mengonsumsi insulin waktu makan: di bawah 180, dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa dengan diabetes tidak mengonsumsi insulin pada waktu makan: di bawah 140, dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa hamil dengan diabetes gestasiona: di bawah 140, satu jam setelah makan, dan 120 dua jam setelah makan.
  • Orang dewasa hamil dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang sudah ada sebelumnya: di bawah 110-140, satu jam setelah makan, dan di bawah 100-120 dua jam setelah makan
  • Anak-anak dan remaja di bawah 18 tahun dengan diabetes: di bawah 200, satu jam setelah makan, dan di bawah 180 dua jam setelah makan

Baca Juga: Demi Mengurangi Frekuensi Serangan Asam Urat, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tidak Kambuh

Bagaimana Makanan Mempengaruhi Kadar Gula Darah?

Saat Anda makan, tubuh Anda memecah makanan menjadi karbohidrat (“karbohidrat”), protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat merupakan nutrisi yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah jika dikonsumsi berlebihan.

Namun, tidak semua karbohidrat diubah menjadi gula darah dengan kecepatan yang sama atau memiliki dampak yang sama terhadap kadar gula darah.

Ada tiga kategori besar karbohidrat yang berasal dari makanan:

  • Gula (karbohidrat sederhana) : Termasuk buah-buahan, makanan yang dipanggang, jus, minuman manis, dan makanan olahan
  • Pati (karbohidrat kompleks) : Termasuk sayuran bertepung, oat gulung, buncis, dan barley
  • Serat (karbohidrat yang tidak dapat dicerna) : Termasuk biji-bijian, alpukat, apel, kacang kering, dan brokoli

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Karbohidrat sederhana paling mudah dipecah menjadi glukosa sehingga dapat menyebabkan gula darah naik lebih cepat. Karbohidrat kompleks dipecah secara perlahan dan kecil kemungkinannya menyebabkan lonjakan. Serat sebenarnya dapat membantu menurunkan gula darah Anda.

Tingkat dimana karbohidrat dapat meningkatkan gula darah diklasifikasikan berdasarkan indeks glikemik (GI) suatu makanan. Ini adalah sistem peringkat berdasarkan skala nol hingga 100 yang dapat membantu Anda menilai makanan mana yang lebih atau kurang mungkin menyebabkan lonjakan.

Makanan dengan GI tinggi diproses dengan cepat dan cenderung menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih besar. Makanan rendah GI diproses secara lambat dan kecil kemungkinannya menyebabkan lonjakan.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Mengapa Gula Darah Penting

Gula darah ( glukosa ) adalah sumber energi utama tubuh Anda. Selama pencernaan, karbohidrat seperti gula, pati, dan serat diubah menjadi glukosa. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sekaligus, gula darah Anda bisa melonjak ke tingkat yang tidak sehat. Hal ini dapat membuat diabetes lebih sulit dikendalikan.

Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu menjaga kadar gula darah tetap normal untuk mencegah hiperglikemia(gula darah tinggi). Jika dibiarkan, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan progresif pada sel-sel di seluruh tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kehilangan penglihatan , penyakit ginjal , serangan jantung , atau stroke .

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memeriksa gula darah secara rutin dan melakukan penyesuaian yang diperlukan terhadap pola makan atau dosis obat agar kadar gula darah Anda kembali terkendali.

Baca Juga: Meski Anda Punya Gula Darah, Inilah 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin ingin Anda memeriksa gula darah Anda pada waktu yang berbeda dalam sehari, namun biasanya akan menyarankan Anda melakukannya satu hingga dua jam setelah makan .

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).