Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Sabtu 16 Maret 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi Nasi Merah - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)

Ilustrasi Nasi Merah - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita diabetes seringkali menghadapi dilema pola makan. Dimana mereka harus memantau asupan karbohidrat dengan hati-hati untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. 

Di sisi lain, menghindari atau membatasi karbohidrat secara drastis bukanlah hal yang sehat dan tidak direkomendasikan oleh sebagian besar ahli atau otoritas diet. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua karbohidrat adalah karbohidrat buruk. 

Karbohidrat olahan atau olahan seperti yang ditemukan dalam tepung putih dan makanan ringan kemasan bukanlah pilihan yang sehat bagi penderita diabetes. Sebaliknya, yang terbaik adalah mengonsumsi berbagai makanan sehat dengan ukuran porsi yang sesuai. 

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Berikut adalah rekomendasi karbohidrat sehat yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes, dikutip dari pharmeasy.

1. Gandum

Mengonsumsi oat untuk sarapan bisa menjadi kebiasaan paling sehat yang bisa Anda lakukan. Daripada memilih versi yang lebih manis, pilihlah resep yang gurih. Tambahkan sayuran pilihan Anda. 

Oat adalah karbohidrat kompleks, sehingga memberikan nutrisi tanpa mengurangi kadar gula darah. Selain itu, mereka adalah satu-satunya sereal yang kaya akan protein dan karbohidrat

Baca Juga: Bantu Jaga Gula Darah Tetap Normal, 11 Kebiasaan Ini Harus Segera Dilakukan

2. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan melepaskan energinya secara perlahan. Hal ini menyebabkan lonjakan gula darah secara bertahap. Pilih roti gandum utuh, pasta, oat, barley, dan quinoa untuk hasil terbaik.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah pilihan yang lebih sehat. Nilai gizinya lebih banyak dan dicerna secara bertahap, sehingga terbukti cocok untuk penderita diabetes. Makanlah dengan cara direbus, dipanggang, atau dipanggang untuk kontrol kalori yang lebih baik.

4. Apel dan Pir

Kedua buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah gula. Minumlah dalam keadaan segar dan bukan dalam bentuk jus karena minuman ini tidak mengandung serat. 

Baca Juga: Penyakit Asam Urat: 12 Makanan Tinggi Purin dan Rendah Purin yang Wajib Diketahui

5. Beras Merah

Beras merah utuh adalah pilihan makanan yang lebih baik daripada nasi putih, yang merupakan jenis nasi olahan. Ia memiliki lebih banyak serat dan lebih banyak nutrisi utuh di kernelnya.

6. Lentil

Kacang-kacangan dan kacang-kacangan kaya akan protein dan serat. Ditambah lagi mereka menyediakan Kalium, mineral yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah secara efisien. Kebanyakan penderita diabetes menderita tekanan darah tinggi, dan kacang lentil adalah cara terbaik untuk mengendalikannya melalui pola makan.

Ingin mengelola diabetes Anda secara efektif? Pesan konsultasi diabetes gratis Anda dari para ahli kami!

Baca Juga: Kamu Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari 11 Kebiasaan Sehari-hari Ini

7. Yoghurt

Kaya akan probiotik, kalsium, dan protein, yoghurt mudah dicerna dan memiliki jumlah karbohidrat yang sangat sedikit. Ini meningkatkan kekebalan dan membantu memperkuat tulang. Baca lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari yogurt .

8. Buah beri

Buah beri kaya akan vitamin dan mineral penting dan rendah gula. Mereka kaya akan fenol, antosianin, dan flavonoid yang membantu meningkatkan kekebalan. Mereka mengurangi peradangan, faktor penting yang berkontribusi terhadap kerentanan terhadap diabetes. Mereka juga anti kanker.

9. Sayuran Labu

Labu, butternut squash, dan varietas lainnya adalah beberapa sayuran terbaik untuk penderita diabetes. Mereka kaya akan serat dan nutrisi penting seperti beta-karoten- yang diubah tubuh menjadi vitamin A yang berkontribusi pada kesehatan penglihatan dan kulit, vitamin C- yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan mangan.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

10. Produk susu

Jangan melewatkan susu dan keju hanya karena Anda menderita gula darah atau diabetes. Keduanya merupakan makanan kaya nutrisi namun rendah kandungan karbohidrat.

Menjadi pengidap diabetes bukan berarti harus mengorbankan karbohidrat. Anda harus membuat pilihan yang lebih cerdas dan melakukan kontrol porsi untuk menjaga gula darah tetap terkendali dan mengonsumsi karbohidrat yang tepat untuk diabetes.

11. Quinoa

Quinoa adalah karbohidrat bebas gluten populer yang tersedia dalam varietas putih, merah, dan hitam. Ini juga merupakan protein lengkap dan sumber potasium yang baik. Banyak makanan yang dibuat dengan quinoa termasuk sereal, pasta, dan biskuit dan sering kali juga dijadikan bahan dasar salad. Bisa disajikan panas atau dingin. Pastikan untuk membilasnya dengan baik sebelum dimasak, karena quinoa tumbuh dengan lapisan yang pahit.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science31 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Mei 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Bulan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 31 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 31 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi