4 Gejala Utama Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD) dan Ciri-cirinya

Jumat 26 Januari 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Gejala gangguan stres pascatrauma dapat bermanifestasi dalam berbagai cara dan terbukti sangat melemahkan, menjadi hambatan dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber : pexels.com/@RDNE Stock project).

Ilustrasi - Gejala gangguan stres pascatrauma dapat bermanifestasi dalam berbagai cara dan terbukti sangat melemahkan, menjadi hambatan dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber : pexels.com/@RDNE Stock project).

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan stres pascatrauma (PTSD) dapat menyerang siapa saja yang selamat atau menyaksikan pengalaman traumatis. Namun, mengidentifikasi gejala gangguan stres pascatrauma bisa jadi sulit karena sering disalahartikan sebagai kecemasan atau depresi.

Tanda Dan Gejala PTSD

Gangguan stres pasca trauma, yang biasa disebut PTSD, merupakan gangguan kejiwaan serius yang terjadi setelah mengalami, menyaksikan, atau terpapar pada detail peristiwa traumatis.

Mirip dengan kebanyakan gangguan mental, gejala gangguan stres pasca trauma ada dalam suatu spektrum. Bagi sebagian orang, gejala PTSD dapat muncul segera setelah peristiwa traumatis terjadi, sementara bagi sebagian lainnya, gejala tersebut mungkin muncul berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut. Memahami gejala gangguan stres pasca trauma dapat membantu kita mengidentifikasinya dengan lebih baik dan mencari bantuan yang tepat.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

Mengutip Mind.Help, gejala PTSD dapat dibagi menjadi empat kategori.

1. Gejala Intrusif

Seseorang dengan PTSD mungkin sering mengenang peristiwa traumatis dengan cara yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan melalui:

Kenangan yang Berulang

Ingatan trauma yang berulang-ulang dapat mengganggu orang yang terkena dampak sehingga menyebabkan terhambatnya aktivitas sehari-hari. Orang biasanya tidak memiliki kendali atas ingatan ini. Dalam kasus anak-anak, mereka dapat bermanifestasi sebagai permainan berulang yang mengungkapkan tema peristiwa traumatis.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Ketenangan dan Kebahagian Hingga Tua

Mimpi yang Menyedihkan

Mimpi yang berhubungan dengan peristiwa traumatis juga umum terjadi pada PTSD. Bagi anak-anak, ini mungkin termasuk mimpi buruk abstrak yang mungkin tidak dapat mereka pahami.

Kilas balik

Salah satu tanda umum PTSD lainnya adalah pemisahan dan perasaan seolah peristiwa traumatis terulang kembali. Kadang-kadang, hal ini bahkan dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, terpapar pada objek, situasi, atau orang apa pun yang mengingatkan akan trauma dapat menyebabkan tekanan psikologis yang ekstrem dan gejala ketidaknyamanan fisik.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Adalah Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

2. Penghindaran

Ada juga kecenderungan orang yang terkena PTSD untuk menghindari hal-hal yang berhubungan dengan peristiwa traumatis tersebut. Ini bisa berupa objek penggunaan sehari-hari, area atau rute tertentu, beberapa orang yang terkait dengan acara tersebut, dll.

Penghindaran tersebut juga dapat bersifat internal berupa upaya untuk menekan ingatan dan perasaan sendiri terkait dengan peristiwa tersebut.

3. Perubahan Negatif dalam Pikiran & Suasana Hati

Selain pikiran yang mengganggu dan upaya penghindaran, gejala gangguan pasca trauma juga mencakup perubahan kognisi dan suasana hati. Hal ini dapat diwujudkan dalam cara-cara berikut.

Baca Juga: 10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Bergantung dengan Orang Lain

Masalah Memori

Orang dengan PTSD dapat mengalami kesulitan mengingat bagian tertentu dari peristiwa traumatis. Ini juga dikenal sebagai 'amnesia disosiatif'.

Keyakinan yang Berlebihan

Keyakinan negatif tertentu tentang diri sendiri, orang lain, dan dunia juga bisa menjadi ciri orang yang menderita PTSD. Beberapa contoh keyakinan tersebut adalah, “Saya orang yang buruk”, “Tidak ada yang bisa dipercaya”, dll.

Kognisi yang Terdistorsi Tentang Peristiwa Tersebut

Seseorang mungkin juga mempunyai teori yang salah mengenai mengapa peristiwa tersebut terjadi dan apapun yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa tersebut. Hal ini dapat membuat mereka menyalahkan diri sendiri atau orang lain atas sesuatu yang mungkin di luar kendali mereka.

Dampak Negatif

PTSD dapat mengubah suasana hati dan emosi seseorang dalam jangka panjang, membuat mereka terus-menerus merasa takut, marah, malu, atau bersalah. Hal ini juga dapat mencegah mereka mengalami emosi positif seperti kebahagiaan dan kepuasan.

Selain itu, penderita PTSD juga mungkin merasa terpisah dari orang lain dan kehilangan minat pada sebagian besar aktivitas.

4. Perubahan Gairah dan Reaktivitas

Gejala gangguan stres pasca trauma yang berhubungan dengan perilaku dan reaktivitas dapat bermanifestasi dalam cara berikut.

Ledakan Kemarahan dan Mudah Tersinggung

Hal ini dapat mencakup agresi verbal atau fisik yang tiba-tiba tanpa terprovokasi, serta perilaku yang umumnya mudah tersinggung.

Perilaku Merusak Diri Sendiri

Seseorang mungkin melakukan perilaku sembrono seperti belanja berlebihan, perjudian, hubungan seks tanpa kondom, penyalahgunaan obat-obatan, dan hal-hal lain setelah trauma.

Kewaspadaan Berlebihan

Kewaspadaan berlebihan yang kronis adalah salah satu gejala umum gangguan stres pasca-trauma. Hal ini melibatkan kewaspadaan tinggi secara konstan dan waspada terhadap potensi bahaya.

Respons Terkejut yang Berlebihan

Seseorang yang menderita PTSD mungkin akan terkejut atau takut ketika seseorang tiba-tiba masuk ke dalam ruangan atau bahkan jika orang yang dikenalnya menyentuhnya.

Gejala lain dapat berupa kesulitan berkonsentrasi dalam aktivitas sehari-hari dan tertidur atau tertidur.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)