Ciri Gejala Gula Darah Tinggi yang Terjadi Pada Orang Tanpa Diabetes

Minggu 03 Maret 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Gejala gula darah tinggi pada orang non diabetes perlu untuk diwaspadai. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich).

Ilustrasi - Gejala gula darah tinggi pada orang non diabetes perlu untuk diwaspadai. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich).

SUKABUMIUPDATE.com - Hiperglikemia atau gula darah tinggi umumnya dikaitkan dengan penderita diabetes, namun juga dapat berdampak pada mereka yang tidak menderita diabetes

Seperti hiperglikemia pada diabetes, gejalanya mungkin berupa peningkatan rasa haus, sering buang air kecil, mual, penglihatan kabur, atau kelelahan. Gejala-gejala ini mungkin tidak kentara dan mudah luput dari perhatian, sehingga kondisi ini sering kali tidak diobati.

Hiperglikemia nondiabetes paling sering terjadi jika tubuh Anda mengalami beberapa jenis trauma atau peristiwa stres. Hal ini juga bisa terjadi sebagai masalah berkelanjutan pada mereka yang menderita resistensi insulin atau pradiabetes, pendahuluan diabetes tipe 2 , atau kondisi lain yang mempengaruhi insulin atau hormon stres .

Baca Juga: 6 Cara Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah dalam Tubuh

Seperti Apa Rasanya Gula Darah Tinggi?

Gejala hiperglikemia nondiabetik mirip dengan gejala hiperglikemia diabetik. Dapat mencakup:

  • Meningkatnya rasa haus
  • Sering buang air kecil
  • Penglihatan kabur
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Kelelahan
  • Sakit kepala

Kisaran glukosa darah yang direkomendasikan adalah 80 hingga 130 mg/dL, tetapi hiperglikemia didiagnosis ketika kadarnya mencapai di atas 180 mg/dL dua jam setelah makan. 2 Namun, gejala dapat dirasakan jika kadar glukosa darah antara 160 mg/dL dan 180 mg/dL.

Mengapa Orang Tanpa Diabetes Mendapat Gula Darah Tinggi?

Gula darah tinggi pada orang tanpa diabetes sering kali dikaitkan dengan hormon stres atau cara tubuh memproses insulin. Hal ini dapat terjadi saat terjadi cedera atau peristiwa yang membuat stres, atau mungkin merupakan masalah yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Mengenal Gula Darah dalam Tubuh dan Bagaimana Caranya Bekerja

1. Resistensi Insulin dan Pradiabetes

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang membantu sel Anda menyimpan glukosa. Resistensi insulin terjadi ketika tubuh Anda tidak merespons insulin sebagaimana mestinya. Jika sel Anda menjadi resisten terhadap insulin dan efeknya, hal ini menyebabkan peningkatan gula darah.

Pradiabetes adalah ketika gula darah meningkat secara kronis tetapi tidak cukup untuk didiagnosis menderita diabetes. Hal ini sering terjadi pada mereka yang sudah mengalami resistensi insulin atau pada mereka yang pankreasnya tidak menghasilkan cukup insulin. 

Kondisi lain, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) , yang meningkatkan risiko resistensi insulin juga dapat membuat Anda berisiko mengalami hiperglikemia.

Baca Juga: 9 Makanan yang Membantu Menurunkan Gula Darah Dalam Tubuh

2. Trauma atau Stres

Selama peristiwa stres, tubuh Anda bersiap dengan memastikan tersedia cukup energi (gula). Kadar insulin menurun, hormon stres seperti kortisol meningkat, glukosa meningkat, dan jaringan tubuh mungkin menjadi kurang sensitif terhadap insulin. 

Hal ini mungkin terjadi selama cedera traumatis, penyakit serius, atau selama periode kecemasan dan tekanan emosional yang hebat.

3. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh terpapar terlalu banyak hormon stres kortisol. Hal ini bisa terjadi jika terjadi kelebihan produksi kortisol dalam tubuh atau bisa terjadi dengan obat-obatan yang mengandung kortisol, seperti kortikosteroid..

Kortisol yang tinggi dapat meningkatkan risiko pradiabetes dan hiperglikemia. 

Baca Juga: 12 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Dijamin Efektif!

Kapan Harus Mengunjungi ke Dokter atau Penyedia Layanan Kesehatan

Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut, segera untuk ke dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk menjalani tes gula darah untuk diabetes dan pradiabetes

  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Rasa haus yang berlebihan
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Meningkatnya rasa lapar
  • Penglihatan kabur
  • Tangan atau kaki mati rasa atau kesemutan
  • Kelelahan
  • Kulit sangat kering
  • Luka yang sembuh secara perlahan
  • Lebih banyak infeksi dari biasanya
  • Demam
  • Diare yang sedang berlangsung
  • Mual atau muntah yang berkelanjutan
  • Sakit kepala parah
  • Kejang
  • Kesulitan bernapas atau berbicara
  • Kelemahan atau kebingungan

 

Tanda dan gejala yang disebutkan di atas bisa menjadi pertanda ketoasidosis diabetik atau lebih buruk lagi, dan jika tidak ditangani dapat mengancam jiwa. Untungnya, pengenalan dan pengobatan segera terhadap gejala-gejala ini dapat mempercepat perbaikan kadar gula darah tinggi Anda.

 

Mengelola Gula Darah Tinggi

Berikut ada beberapa cara untuk mengelola gula darah lebih baik:

Olahraga: Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang per minggu. 9 Hal ini dapat membantu menurunkan gula darah Anda saat tinggi dan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil seiring berjalannya waktu. Anak-anak harus melakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit setiap hari.

Pertahankan berat badan yang sehat: Berat badan yang sehat dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah. Mintalah penyedia Anda untuk membantu Anda membuat rencana penurunan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Bersama-sama Anda dapat menetapkan tujuan penurunan berat badan yang dapat dikelola.

Ikuti rencana makan: Jika Anda memiliki akses ke ahli diet, mereka dapat membantu Anda membuat rencana makan untuk membantu menurunkan kadar gula darah Anda.

Jangan merokok: Nikotin dan bahan kimia lain dalam rokok dan cerutu tidak hanya menyebabkan kerusakan paru-paru, tetapi juga membuat kadar gula darah Anda lebih sulit dikendalikan. Berhenti merokok termasuk rokok elektrik atau tembakau tanpa asap yang masih mengandung nikotin dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam jangka pendek dan panjang.

Batasi atau jangan minum alkohol: Alkohol dapat memiliki efek yang berbeda-beda pada gula darah Anda menyebabkannya naik atau turun. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang frekuensi dan jumlah alkohol yang aman untuk Anda minum.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update