12 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Dijamin Efektif!

Jumat 23 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi Olahraga - Menurunkan gula darah sangat penting bagi orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, terutama bagi mereka yang menderita diabetes.  (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi Olahraga - Menurunkan gula darah sangat penting bagi orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, terutama bagi mereka yang menderita diabetes. (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Gula darah adalah istilah untuk kadar glukosa yang terdapat dalam darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh, dan kadarnya perlu dijaga dalam batas normal untuk kesehatan yang optimal.

Gula darah tinggi dalam jangka waktu lama membuat Anda berisiko mengalami komplikasi, termasuk penyakit jantung dan stroke, serta kerusakan ginjal, mata, dan saraf. Meskipun banyak orang memerlukan obat untuk mengontrol gula darah, beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu menurunkan gula darah secara alami.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu menurunkan gula darah dalam tubuh secara alami dan efektif, dikutip dari verrywellhealt.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Gula yang Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

1. Batasi Karbohidrat

Karbohidrat adalah sejenis nutrisi yang dipecah dan diserap sebagai gula di dalam tubuh. Makanan tertentu memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, antara lain:

  • Makanan manis seperti kue kering dan permen
  • Biji-bijian seperti roti, pasta, dan nasi
  • Jus dan soda
  • Buah-buahan dan sayuran bertepung seperti kentang

Karbohidrat dapat diklasifikasikan menjadi sederhana atau kompleks. Karbohidrat sederhana dengan cepat dipecah dan diserap, sehingga dengan cepat meningkatkan gula darah. Di sisi lain, karbohidrat kompleks diserap lebih lambat dan menyebabkan peningkatan gula darah lebih lambat.

Mengubah pola makan dapat berdampak drastis pada kadar gula darah. Membatasi karbohidrat dan mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks dapat menurunkan gula darah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti makanan seperti jus, soda, dan kue kering dengan sayuran berserat tinggi, dan biji-bijian olahan dengan biji-bijian.

Baca Juga: Ini Alasan Mengonsumsi Beras Merah Baik untuk Penderita Diabetes

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi jumlah obat penurun gula darah yang dibutuhkan penderita diabetes untuk mencapai gula darah yang sehat, dan dalam beberapa kasus, bahkan membantu menyembuhkan diabetes.

2. Minum Air

Bagi penderita diabetes dan pradiabetes, penting untuk tetap terhidrasi. Dehidrasi menyebabkan darah terkonsentrasi, yang meningkatkan konsentrasi glukosa darah.

Bagi penderita gula darah tinggi, penting untuk menghindari minuman menghidrasi yang mengandung gula, seperti minuman olahraga dan energi. Mengonsumsi air saja sudah cukup bagi kebanyakan orang, kecuali bagi mereka yang kehilangan banyak cairan akibat olahraga yang sangat berat.

Baca Juga: Sederet Alasan Mengonsumsi Alpukat Baik untuk Anda Penderita Diabetes

3. Menambahkan Serat ke Diet Anda

Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat, namun tidak meningkatkan gula darah. Penting untuk diperhatikan bahwa makanan tinggi serat pun dapat meningkatkan gula darah. Biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan umumnya tinggi serat.

Selain membantu mengontrol gula darah, memasukkan serat ke dalam makanan mungkin memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membuat makanan lebih memuaskan dengan membuat Anda merasa kenyang
  • Meningkatkan motilitas usus dan mencegah sembelit (bila disertai dengan hidrasi yang cukup)
  • Menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 9 Tips Apa yang Harus Dimakan untuk Sarapan Bagi Penderita Diabetes

4. Tambahkan Bawang Putih Mentah atau Dimasak

Bawang putih mengandung banyak senyawa yang telah dikaitkan dalam penelitian terbatas dengan beberapa efek menguntungkan, seperti menurunkan tekanan darah , meningkatkan kolesterol, dan mengurangi risiko kanker perut.

Beberapa penelitian tentang pengaruh bawang putih terhadap gula darah menunjukkan bahwa suplementasi senyawa yang ditemukan dalam bawang putih dapat membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun, penelitian mengenai bawang putih masih bertentangan dan potensi manfaatnya tampak minimal. Karena potensi manfaat kesehatannya, jika Anda menyukai bawang putih, masuk akal untuk terus mengonsumsinya.

Baca Juga: 10 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

5. Cobalah Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ditemukan dalam yogurt, makanan fermentasi, dan suplemen, yang memiliki banyak potensi manfaat kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa probiotik dapat menurunkan gula darah puasa dan hemoglobin A1c(ukuran kontrol gula darah), dan meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Makanlah dalam Porsi Lebih Kecil

Makan dalam porsi besar, terutama yang banyak mengandung karbohidrat, dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan selain menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan, yang keduanya dapat menyebabkan gula darah tinggi.

Mengonsumsi porsi kecil di siang hari yang mengandung nutrisi seimbang merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh penderita diabetes untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga gula darah lebih stabil sepanjang hari.

7. Jangan Lewatkan Sarapan

Penelitian telah menunjukkan bahwa sering melewatkan sarapan dapat menyebabkan resistensi insulin (ketika sel tidak merespons insulin dengan baik dan tidak dapat mengambil glukosa dari darah) dan peningkatan kadar gula darah.

Penting bagi semua orang, terutama penderita pradiabetes dan diabetes, untuk memasukkan sarapan bergizi dalam rencana makan mereka. Makanan sehat seperti oatmeal, yogurt tanpa pemanis dengan buah, dan telur bisa menjadi bagian dari sarapan sehat.

8. Mencapai Berat Badan yang Sehat

Salah satu cara paling ampuh untuk mengontrol gula darah adalah dengan menjaga berat badan yang sehat. Obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes dan pradiabetes. Orang dengan kondisi ini yang melakukan perubahan gaya hidup yang sering kali mencakup pola makan dan olahraga untuk mencapai berat badan yang sehat dapat menurunkan gula darahnya hingga cukup untuk membuat diabetesnya sembuh.

9. Olahraga

Olahraga adalah cara yang terbukti untuk menurunkan gula darah. Olahraga memerangi faktor risiko diabetes, seperti obesitas dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Ini juga dapat membantu menurunkan gula darah dan bahkan menyembuhkan diabetes jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat.

American Heart Association merekomendasikan olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, yang dapat dicapai dengan banyak cara. Seringkali, komitmen terhadap program olahraga terstruktur dengan jenis olahraga yang Anda sukai dapat membuat rutinitas olahraga menjadi lebih mudah.

10. Berhenti Merokok

Merokok mempunyai banyak dampak negatif terhadap kesehatan, antara lain penyakit jantung, kanker, dan kematian dini. Nikotin dalam rokok dan rokok elektrik meningkatkan gula darah, dan penderita diabetes yang merokok seringkali memerlukan dosis obat yang lebih tinggi untuk menjaga gula darah tetap terkendali.

Berhenti merokok dapat membantu menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta menambah usia hidup Anda.

11. Tidur Lebih Banyak

Kesehatan tidur yang buruk telah dikaitkan dengan beberapa dampak kesehatan yang buruk, termasuk penyakit kardiovaskular, gangguan mood, dan resistensi insulin. Penderita diabetes yang tidur kurang dari tujuh jam per malam memiliki lebih banyak resistensi insulin dan lebih sulit mengendalikan diabetesnya.

Menurut American Academy for Sleep Medicine, orang dewasa harus mengupayakan tidur berkualitas setidaknya tujuh jam per malam.

12. Mengurangi Stres

Stres kronis adalah faktor gaya hidup lain yang berkontribusi terhadap kesehatan yang buruk dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme seperti diabetes.

Selama masa stres, tubuh memproduksi hormon, seperti kortisol, yang menyebabkan peningkatan gula darah. Beberapa cara mengatasi stres, seperti alkohol, obat-obatan, dan makan berlebihan, juga dapat memperburuk gula darah.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Dipenjara Israel 20 Tahun, Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)