11 Jenis Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selasa 20 Februari 2024, 09:00 WIB
Kacang Almond - Ada beberapa makanan yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. (Sumber : pexels.com/ Karolina Grabowska).

Kacang Almond - Ada beberapa makanan yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. (Sumber : pexels.com/ Karolina Grabowska).

SUKABUMIUPDATE.com - Mengonsumsi makanan yang sehat merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi ( hipertensi ) dan mencegah komplikasi, seperti penyakit jantung atau stroke.

Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan berlemak dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang dikutip dari verrywellhealth.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung (GERD)

1. Apel

Konsumsi apel utuh dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol dan peradangan . Penelitian juga menemukan bahwa makan setidaknya satu apel utuh setiap hari menurunkan risiko hipertensi sebesar 9%.

Apel dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan flavonoidnya, yang meningkatkan fungsi endotel dengan meningkatkan produksi oksida nitrat, yang memberi sinyal pada pembuluh darah untuk rileks, sehingga menurunkan tekanan darah.

2. Buah Jeruk

Buah jeruk (jeruk, grapefruit, lemon, limau) mengandung hesperidin , suatu flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sekitar 2 porsi jus jeruk secara efektif menurunkan tekanan darah sistolik (angka pengukuran teratas) pada individu pra-hipertensi atau hipertensi stadium-1. Efek ini terutama disebabkan oleh hesperidin dan potensinya untuk meningkatkan fungsi endotel dan peradangan.

Baca Juga: Menambah Berat Badan: Tips Makanan Terbaik dan Kebiasaan yang Harus Dibentuk

3. Pisang

Pisang mengandung potasium yang relatif tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan jumlah natrium yang Anda proses keluar dari tubuh. Ini juga dapat meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah Anda.

Penelitian yang mengaitkan konsumsi pisang dengan penurunan tekanan darah masih beragam. Beberapa penelitian menunjukkan adanya perbaikan, sementara penelitian lainnya menunjukkan efek yang dapat diabaikan.

4. Kiwi

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan tekanan darah cukup tinggi membaik setelah makan kiwi. Indivisu yang makan tiga buah kiwi per hari selama delapan minggu mengalami peningkatan tekanan darah yang lebih signifikan dibandingkan mereka yang makan satu apel per hari.

Efek ini mungkin disebabkan oleh potasium, vitamin C, dan antioksidan yang ada dalam kiwi.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Camilan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

5. Blueberry

Blueberry dapat membantu menurunkan tekanan darah karena antosianinnya (polifenol). Dalam sebuah penelitian, peserta yang meminum minuman yang dibuat dengan bubuk blueberry liar beku-kering setiap hari (sedikit lebih dari 1 cangkir) mengalami penurunan tekanan darah sistolik dibandingkan dengan kelompok plasebo. 9 Mereka juga mengalami peningkatan fungsi pembuluh darah dan fungsi kognitif.

7. Kenari

Sebuah studi menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi sekitar 2–3 ons kenari setiap hari sebagai camilan mengalami tekanan darah diastolik sentral yang lebih rendah, yaitu tekanan yang bergerak menuju jantung, otak, dan ginjal.

Para peneliti percaya efek ini mungkin disebabkan oleh penghambatan enzim pengubah angiotensin (ACE), selain antioksidan kacang, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah.

Baca Juga: Buah Pir: Nutrisi dan Sederet Manfaat Kesehatan Apabila Dikonsumsi

8. Pistachio

Orang dewasa dengan kolesterol tinggi ditemukan mengonsumsi sekitar 1,5 ons pistachio setiap hari mengurangi tekanan darah sistolik selama stres mental akut dan saat istirahat. Studi ini juga menemukan bahwa mengganti camilan rendah lemak dengan pistachio yang setara dengan sekitar 20% total asupan kalori harian seseorang (sekitar 3 ons) akan meningkatkan tekanan darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2 yang terkontrol dengan baik.

9. Kacang Almond

Almond mengandung antioksidan, lemak sehat, serat, potasium, dan magnesium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah tinjauan penelitian menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 43 gram almond setiap hari selama enam minggu menyebabkan peningkatan besar pada tekanan darah diastolik.

10. Ikan Salmon

Asupan lemak omega-3 yang optimal untuk mengontrol tekanan darah adalah sekitar 3 gram, setara dengan 4–5 ons salmon Atlantik. Individu yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung mungkin mendapat manfaat dari jumlah yang lebih tinggi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa 3 gram asam lemak omega-3 setiap hari mengurangi tekanan darah sistolik rata-rata 4,5 mmHg.

11. Sarden

Sebuah penelitian baru-baru ini menyoroti bahwa selain omega-3, sarden mengandung nutrisi lain seperti potasium, magnesium, dan seng, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Satu porsi sarden kalengan menyediakan hampir 1,5 gram asam lemak omega-3.

12. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, kubis, dan bayam merupakan sumber kaya nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 60 miligram nitrat makanan, yang setara dengan 1 porsi sayuran berdaun hijau per hari, dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

13. Bit

Penelitian menunjukkan jus bit dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung, kemungkinan karena kadar nitratnya yang tinggi. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi jus bit setiap hari setidaknya selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang berkelanjutan.

14. Wortel

Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa 100 gram (sekitar 1 cangkir) wortel parut yang dimakan setiap hari mengurangi risiko tekanan darah tinggi sekitar 10%.

15. Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan meningkatkan aliran darah. Sebuah ulasan menemukan bahwa bawang putih, terutama ekstrak bawang putih tua Kyolic, dapat membantu menurunkan tekanan darah, kekakuan arteri, dan kadar kolesterol.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)