Buah Markisa: Nutrisi dan Khasiat Kesehatan Bagi Tubuh Manusia

Selasa 06 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Buah markisa adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan asam, dan memiliki banyak manfaat kesehatan. (Sumber : pexels.com/@ Any Lane)

Ilustrasi - Buah markisa adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan asam, dan memiliki banyak manfaat kesehatan. (Sumber : pexels.com/@ Any Lane)

SUKABUMIUPDATE.com - Buah markisa berbentuk bulat atau lonjong dengan kulit berwarna kuning, ungu, atau hijau. Daging buahnya berwarna putih, kuning, atau oranye dan mengandung banyak biji. Buah markisa memiliki rasa yang asam manis dan menyegarkan.

Buah markisa kaya akan vitamin C, vitamin A, dan serat. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah markisa dapat dimakan langsung, diolah menjadi jus, sirup, atau es krim.

Nutrisi Buah Markisa

Satu porsi buah markisa ungu mengandung:

  • Kalori : 17,5
  • Lemak: 0,1 gram (g)
  • Karbohidrat : 4 gram
  • Serat : 2 gram
  • Gula : 2 gram
  • Protein : 0,4 gram
  • Natrium : 5 miligram (mg)
  • Magnesium: 5mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,023 mg
  • Vitamin C: 5,4mg
  • Besi: 0,3mg
  • Kalium : 62,6 mg
  • Vitamin A: 229 mikrogram (mcg)

Baca Juga: Menambah Berat Badan: Tips Makanan Terbaik dan Kebiasaan yang Harus Dibentuk

Khasiat dan Biji Buah Markisa

Buah markisa merupakan sumber vitamin B, serat, vitamin A dan C, zat besi, dan potasium yang baik. Buah markisa juga mengandung senyawa nabati, seperti polifenol dan karotenoid, yang terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan. Bijinya dapat dimakan dan menyediakan protein serta sedikit lemak.

Berikut adalah manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh, dihimpun via verywellhealth.

1. Sumber Vitamin A dan C yang Baik

Satu buah markisa berukuran kecil mengandung sekitar 7% dari kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan , yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan penyerapan nonheme (zat besi nabati). Ia juga bertindak sebagai antioksidan dan diperlukan untuk produksi kolagen.

Buah markisa juga mengandung vitamin A dan karotenoid. Keduanya penting untuk penglihatan serta fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung (GERD)

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

Buah markisa mengandung serat yang diperlukan untuk kesehatan usus, termasuk meningkatkan bakteri sehat dan meningkatkan keteraturan usus. Makanan berserat tinggi dikaitkan dengan berat badan yang sehat dan penurunan risiko penyakit pencernaan, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Satu cangkir buah markisa mengandung 24,5 gram serat. 7 Asupan serat yang direkomendasikan adalah sekitar 14 g per 1.000 kalori atau 25–38 gram setiap hari.

3. Mengandung Antioksidan Kuat

Buah markisa mengandung banyak senyawa nabati. Para peneliti memperkirakan lebih dari 110 jenis kandungan kimia telah diisolasi dan diidentifikasi dari buah markisa. Senyawa ini ditemukan pada kulit, daun, daging buah, jus, dan biji buah.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Senyawa ini telah digunakan dalam penelitian pada hewan dan tabung reaksi untuk mengevaluasi manfaat kesehatannya, termasuk potensi antioksidan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengalami obesitas menemukan bahwa menambahkan kulit buah markisa ke dalam makanan mereka menyebabkan penurunan kolesterol dan lemak visceral.

Penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa dalam buah markisa memberikan sifat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antitumor, antidiabetes, dan banyak lagi. 3 Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang manusia.

4. Mendukung Pencegahan Kanker dan Kesehatan Metabolik

Piceatannol, polifenol dengan efek serupa dengan resveratrol, ditemukan dalam anggur dan buah markisa. Penelitian tabung reaksi telah mengevaluasi penggunaannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Penelitian pada hewan telah menunjukkan penggunaan piceatannol untuk kesehatan metabolisme, namun data pada manusia terbatas.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat dan Tidak Gampang Stres Dalam Hidupnya

Sebuah penelitian kecil mengevaluasi penggunaan piceatannol yang diekstrak dari biji markisa dan dampaknya terhadap pria dan wanita dengan berat badan normal dan kelebihan berat badan. Pria yang tergolong kelebihan berat badan yang diberi piceatannol memiliki kadar insulin puasa yang lebih rendah dan tekanan darah yang lebih rendah.

Namun perubahan tersebut tidak tampak pada pria yang tergolong berat badan normal. Wanita dengan berat badan normal mengalami penurunan hemoglobin A1c ketika diberi suplemen piceatannol. Meski menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian.

Cara Memakan Buah Markisa

Untuk menikmati buah markisa segar, potong menjadi dua dengan pisau tajam dan makan daging buah serta bijinya. Untuk membuat jus markisa, haluskan daging dan bijinya dengan blender atau food processor. Sisa biji bisa disaring dengan kain tipis dan dibuang. Gunakan buah markisa dalam smoothie, makanan penutup, mocktail, saus salad, bumbu protein, dan banyak lagi.

Baca Juga: 9 Tips Apa yang Harus Dimakan untuk Sarapan Bagi Penderita Diabetes

Cara Memilih Buah Markisa yang Matang

Untuk memilih buah markisa yang matang, carilah buah markisa yang kulitnya keriput. Namun, terlalu banyak kerutan menunjukkan bahwa buah tersebut mungkin telah kehilangan rasa atau menjadi busuk. Jika buah markisa Anda berwarna ungu, mungkin terdapat area berwarna coklat yang menunjukkan kematangan.

Buah markisa yang masih mentah bisa dibiarkan matang pada suhu ruangan. Buah markisa yang dibeli dalam keadaan matang dapat disimpan dalam kantong plastik di lemari es hingga tujuh hari.

Bolehkah Seseorang Tidak Makan Buah Markisa?

Meski jarang terjadi, beberapa orang ada yang alergi terhadap buah markisa. Tidak jarang terjadi alergi pepaya dan alergi buah markisa. Jika Anda alergi terhadap lateks, Anda mungkin juga alergi terhadap buah markisa. Alergi makanan berarti menghindari makanan untuk mencegah reaksi alergi. Jika Anda memiliki kekhawatiran, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mencoba buah markisa.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life08 Mei 2024, 17:45 WIB

8 Tata Krama Ketika Makan yang Dapat Diajarkan Orang Tua Kepada Anak

Anak-anak perlu diajari tata cara makan di meja makan saat dirumah maupun di luar rumah, agar hal ini membuat mereka terbiasa dengan kebiasaan baik.
Ilustrasi cara mengajari tata krama makan kepada anak (Sumber : pexela.com/@AlexGreen)
Sukabumi08 Mei 2024, 17:35 WIB

Ada Alumni, 10 Remaja Jadi Tersangka Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi

Polisi tetapkan 10 remaja jadi tersangka duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo saat menunjukan barang bukti dan para tersangka duel maut pelajar SMP. (Sumber : Istimewa)
Keuangan08 Mei 2024, 17:33 WIB

Kebanyakan Swasta, Jawaban Pemerintah Soal Gaji Dosen di Bawah Rp3 Juta

Menurut hasil penelitian SPK, meski memiliki tanggung jawab yang besar, mayoritas dosen masih berpenghasilan di bawah Rp 3 juta pada kuartal pertama 2023.
Ilustrasi dosen (Sumber: freepik)
Life08 Mei 2024, 17:30 WIB

Anak Jangan Sering Dimarahi Bund! Ini 7 Efek Psikologi yang Sangat Serius

Anak yang sering dimarahi akan berdampak pada psikologisnya.
Ilustrasi. Anak yang sering dimarahi akan berdampak pada psikologisnya. | Foto : pixabay.com/RudyandPetterSkitterians
Life08 Mei 2024, 17:15 WIB

2 Hal Penting yang Dilakukan Orang Tua Jika Anak Tidak Menggunakan Tata Krama

Tata krama sangat penting dalam kehidupan, karena hal tersebut dapat menjadi acuan bahwa seorang anak itu bersikap baik.
Ilustrasi anak yang tidak menggunakan tata krama (Sumber : pexels.com/@KetutSubiyanto)
Musik08 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu These Walls Dua Lipa, They'd Tell Us To Break Up!

Makna Lagu These Walls Dua Lipa menceritakan tentang kisah sepasang kekasih yang hubungannya semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu.
Video Official Lirik Lagu These Walls Dua Lipa, They'd Tell Us To Break Up. Foto:  YouTube/@Dua Lipa
Life08 Mei 2024, 16:45 WIB

5 Tips Mengajarkan Tata Krama Kepada Anak, Salah Satunya Jadilah Teladan

mungkin sulit untuk membantu anak menguasai semua tata krama yang benar. Dengan menggunakan pesan yang konsisten, penjelasan yang benar , pengingat, dan konsekuensi, Anda akan menanamkan perilaku baik ke mereka
Ilustrasi menanamkan tata krama pada anak yang baik (Sumber : pexels.com /@Vlada Karvovich)
Sukabumi08 Mei 2024, 16:30 WIB

Ngaku Mau Diperkosa, Pelaku Pembunuhan Waria di Citepus Sukabumi Dikenai Pasal Berlapis

Polisi menerapkan pasal berlapis kepada pelaku berinisial Adi (20 tahun) atas kasus pembunuhan seorang asisten rumah tangga (pembantu) bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun).
Barang bukti pembunuhan Ceceu alias Ajo Sutarjo seorang asisten rumah tangga di Citepus  Sukabumi | Foto : Ist
Life08 Mei 2024, 16:30 WIB

Lebih Bahagia, Ini 12 Cara Menenangkan Hati Saat Hidup Banyak Masalah

Hal yang paling penting untuk menenangkan hati saat hidup banyak masalah adalah berikan waktu dan kesempatan untuk merasa tenang dan terhubung dengan diri sendiri.
Ilustrasi. Agar Lebih Bahagia, Ini Cara Menenangkan Hati Saat Hidup Banyak Masalah (Sumber : Freepik/@jcomp)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 16:01 WIB

DPRD dan Pemkab Sukabumi Duduk Bersama Cari Solusi Pencabutan Status UHC Non-Cut Off

Rapat tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi terkait dengan Pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan.
Suasana rapat kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dengan Pemerintah daerah bahas pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)