13 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Tanpa Kafein Lebih Bagus!

Senin 17 Juli 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi. Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Tanpa Kandungan Kafein Lebih Bagus! | Foto: Pixabay/juliopablo

Ilustrasi. Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Tanpa Kandungan Kafein Lebih Bagus! | Foto: Pixabay/juliopablo

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi menjadi salah satu rutinitas yang identik dengan bapak-bapak. Meskipun sebenarnya, para wanita juga suka minum kopi.

Kandungan kafein pada kopi tak hanya membuat mata melek, tetapi juga dipercaya bisa menimbulkan perasaan senang.

Ya, kafein adalah hal pertama yang terlintas ketika berpikir tentang kopi. Tetapi kopi juga mengandung antioksidan dan zat aktif lain yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi dari penyakit, kata pakar nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

Baca Juga: 6 Tahun Berturut-turut, Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Berikut sederet manfaat minum kopi untuk kesehatan, sebagaimana dilansir dari laman John Hopkins Medicine.Yuk, simak!

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

1. Dapat memproses glukosa (atau gula) lebih baik

Manfaat minum kopi ini menjadi salah satu teori di balik temuan penelitian bahwa orang yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak terkena diabetes tipe 2.

2. Tidak mengalami gagal jantung

Minum satu hingga dua cangkir kopi sehari dapat membantu menangkal gagal jantung. Ini karena jantung yang lemah mengalami kesulitan memompa cukup darah ke tubuh.

3. Resiko penyakit Parkinson lebih kecil

Kafein tidak hanya terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Tetapi juga dapat membantu mengontrol gerakan dengan lebih baik.

4. Perasaan senang

Baik kopi biasa maupun kopi tanpa kafein tampaknya memiliki efek perlindungan pada hati. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi cenderung lebih memiliki kadar enzim hati yang sehat dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

5. DNA lebih kuat

Kopi dapat mengurangi kerusakan pada untaian DNA, yang terjadi secara alami. Bahkan, Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang moderat dapat dikaitkan dengan penurunan resiko terkena penyakit tertentu.

Misalnya penyakit hati (seperti sirosis hati dan kanker hati), diabetes tipe 2, Parkinson, dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker hati dan kolorektal.

6. Peluang terkena kanker usus besar menurun

Satu dari 23 wanita mengembangkan kanker usus besar. Tetapi para peneliti menemukan bahwa peminum kopi -tanpa kafein atau reguler-, 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kanker kolorektal .

7. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Hampir dua pertiga orang Amerika yang hidup dengan penyakit Alzheimer adalah wanita. Tetapi kafein dalam dua cangkir kopi dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap perkembangan kondisi tersebut.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 65 tahun ke atas yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari cenderung tidak mengalami demensia secara umum.

8. Mencegah penyakit stroke

Bagi wanita, setidaknya minum kopi satu cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan resiko stroke. Adapun stroke sendiri merupakan penyebab kematian ke empat pada wanita.

9. Sumber antioksidan

Kopi mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti asam klorogenat, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

10. Peningkatan energi dan konsentrasi

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan energi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kewaspadaan serta konsentrasi. Ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan performa mental.

11. Meningkatkan performa fisik

Kafein dalam kopi telah terbukti dapat meningkatkan performa fisik dengan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan pelepasan asam lemak dari jaringan lemak, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi oleh otot.

12. Melindungi kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi yang moderat dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Namun, ini mungkin tergantung pada faktor-faktor lain, seperti gaya hidup secara keseluruhan.

13. Efek antidepresan

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi risiko depresi ringan. Namun, efek ini bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Penting diingat bahwa efek kopi dapat bervariasi antara individu. Kemudian, kelebihan konsumsi kopi atau kafein dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, gangguan tidur, gangguan pencernaan, atau peningkatan denyut jantung.

Meksi setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein, penting untuk memperhatikan reaksi tubuh sendiri terhadap konsumsi kopi ini.

Jika memang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengkonsumsi obat-obatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meningkatkan konsumsi kopi.

Sumber: hopkinsmedicine.org

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)