7 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Meski Pahit Tapi Banyak Manfaatnya!

Selasa 27 Juni 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi - 7 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Meski Pahit Tapi Banyak Manfaatnya!. | (Sumber : Freepik.com/@mdjaff.)

Ilustrasi - 7 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Meski Pahit Tapi Banyak Manfaatnya!. | (Sumber : Freepik.com/@mdjaff.)

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi adalah rutinitas yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia di pagi hari. Tapi tahukah kamu jika minum kopi hitam tanpa gula memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh?

Ya, meskipun sebagian besar masyarakat lebih senang menyeruput kopi hitam dengan tambahan gula atau susu, tapi kopi hitam tanpa gula wajib dicoba. Kopi tanpa gula juga sebenarnya dikenal sebagai kopi hitam.

Beragam manfaat kopi hitam tanpa gula diantaranya dapat meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan dan lain-lain. Bahkan, para ahli merekomendasikan orang dewasa meminum kopi hitam tanpa gula dua cangkir setiap harinya, yakni satu cangkir di pagi hari dan sore hari.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Dihimpun via laman halodoc, berikut ini ada beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula yang baik jika dikonsumsi.

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

1. Tingkatkan Daya Ingat

Tak dipungkiri semakin bertambahnya usia, sering kali membuat daya ingat menjadi menurun. Hal ini juga termasuk dalam peningkatan risiko penyakit parkinson, demensia dan alzheimer.

Risiko penyakit tersebut dapat dikurangi dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula di pagi hari. Sebab, kopi hitam membantu meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga: Jangan Lupa Besok Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Bacaan Niat dan Keutamaannya

2. Performa Olahraga Jadi Meningkatkan

Khasiat mengonsumsi kopi hitam tanpa gula adalah meningkatkan performa fisik saat olahraga. Kopi hitam tanpa gula bekerja baik dalam meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang mempersiapkan tubuh agar bisa melakukan aktivitas fisik yang penuh semangat.

3. Bagus Untuk Fungsi Hati

Kopi Hitam tanpa gula bermanfaat untuk hati karena dapat membantu mencegah penyakit hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkoholik. Kopi bekerja dengan baik menurunkan tingkat enzim hati yang sangat berbahaya dalam darah.

Baca Juga: Viral Alumni Santri Pondok Al Zaytun Ini Gelagapan Saat Ditanya Fardhu Wudhu

4. Membersihkan Kotoran atau Racun di Perut

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula membantu buang air kecil secara intens. Hal itu karena kopi adalah minuman diuretik yang menyebabkan kita sering merasa beser inging terus buang air kecil.

Tapi itulah manfaat kopi hitam tanpa gula, sebab ia membantu tubuh untuk mengeluarkan semua racun dan bakteri melalui racun. Hingga akhirnya perut jadi bersih dari kotoran dan racun.

5. Bantu Turunkan Berat Badan

Jika kamu memiliki masalah dengan berat badanmu, meminum kopi hitam tanpa gula bisa jadi solusinya. Sebab, kopi hitam tanpa gula mampu membuatmu olahraga lebih intens dan bersemangat mengeluarkan keringat.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Kopi juga mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 50%. Kopi hitam tanpa gula dapat merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel-sel lemak.

6. Kurangi Stress

Mengapa kopi menjadi minuman yang favorit untuk dikonsumsi? Sebab, minum kopi dapat meredakan stres dan mengubah mood jadi lebih baik. Kopi hitam tanpa gula merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin dan noradrenalin yang penting untuk meningkatkan mood.

Oleh karenanya, dengan berkurangnya stress karena sering minum kopi membuat kamu menjadi tampak awet muda.

7. Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Studi epidemiologi menunjukkan jika mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara moderat dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 11% lebih rendah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit arteri koroner.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Selanjutnya, manfaat kopi hitam tanpa gula adalah mengurangi diabetes tipe 2. Kandungan kafein dan senyawa lain dalam kopi bisa mempengaruhi metabolisme glukosa dan insulin dalam tubuh.


Sumber: halodoc

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari