7 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Meski Pahit Tapi Banyak Manfaatnya!

Selasa 27 Juni 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi - 7 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Meski Pahit Tapi Banyak Manfaatnya!. | (Sumber : Freepik.com/@mdjaff.)

Ilustrasi - 7 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Meski Pahit Tapi Banyak Manfaatnya!. | (Sumber : Freepik.com/@mdjaff.)

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi adalah rutinitas yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia di pagi hari. Tapi tahukah kamu jika minum kopi hitam tanpa gula memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh?

Ya, meskipun sebagian besar masyarakat lebih senang menyeruput kopi hitam dengan tambahan gula atau susu, tapi kopi hitam tanpa gula wajib dicoba. Kopi tanpa gula juga sebenarnya dikenal sebagai kopi hitam.

Beragam manfaat kopi hitam tanpa gula diantaranya dapat meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan dan lain-lain. Bahkan, para ahli merekomendasikan orang dewasa meminum kopi hitam tanpa gula dua cangkir setiap harinya, yakni satu cangkir di pagi hari dan sore hari.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Dihimpun via laman halodoc, berikut ini ada beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula yang baik jika dikonsumsi.

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

1. Tingkatkan Daya Ingat

Tak dipungkiri semakin bertambahnya usia, sering kali membuat daya ingat menjadi menurun. Hal ini juga termasuk dalam peningkatan risiko penyakit parkinson, demensia dan alzheimer.

Risiko penyakit tersebut dapat dikurangi dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula di pagi hari. Sebab, kopi hitam membantu meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga: Jangan Lupa Besok Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Bacaan Niat dan Keutamaannya

2. Performa Olahraga Jadi Meningkatkan

Khasiat mengonsumsi kopi hitam tanpa gula adalah meningkatkan performa fisik saat olahraga. Kopi hitam tanpa gula bekerja baik dalam meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang mempersiapkan tubuh agar bisa melakukan aktivitas fisik yang penuh semangat.

3. Bagus Untuk Fungsi Hati

Kopi Hitam tanpa gula bermanfaat untuk hati karena dapat membantu mencegah penyakit hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkoholik. Kopi bekerja dengan baik menurunkan tingkat enzim hati yang sangat berbahaya dalam darah.

Baca Juga: Viral Alumni Santri Pondok Al Zaytun Ini Gelagapan Saat Ditanya Fardhu Wudhu

4. Membersihkan Kotoran atau Racun di Perut

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula membantu buang air kecil secara intens. Hal itu karena kopi adalah minuman diuretik yang menyebabkan kita sering merasa beser inging terus buang air kecil.

Tapi itulah manfaat kopi hitam tanpa gula, sebab ia membantu tubuh untuk mengeluarkan semua racun dan bakteri melalui racun. Hingga akhirnya perut jadi bersih dari kotoran dan racun.

5. Bantu Turunkan Berat Badan

Jika kamu memiliki masalah dengan berat badanmu, meminum kopi hitam tanpa gula bisa jadi solusinya. Sebab, kopi hitam tanpa gula mampu membuatmu olahraga lebih intens dan bersemangat mengeluarkan keringat.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Kopi juga mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 50%. Kopi hitam tanpa gula dapat merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel-sel lemak.

6. Kurangi Stress

Mengapa kopi menjadi minuman yang favorit untuk dikonsumsi? Sebab, minum kopi dapat meredakan stres dan mengubah mood jadi lebih baik. Kopi hitam tanpa gula merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin dan noradrenalin yang penting untuk meningkatkan mood.

Oleh karenanya, dengan berkurangnya stress karena sering minum kopi membuat kamu menjadi tampak awet muda.

7. Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Studi epidemiologi menunjukkan jika mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara moderat dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 11% lebih rendah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit arteri koroner.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Selanjutnya, manfaat kopi hitam tanpa gula adalah mengurangi diabetes tipe 2. Kandungan kafein dan senyawa lain dalam kopi bisa mempengaruhi metabolisme glukosa dan insulin dalam tubuh.


Sumber: halodoc

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat09 Mei 2024, 09:00 WIB

10 Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan!

Sebelum menggunakan rempah-rempah ini sebagai pengobatan alternatif untuk nyeri sendi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
Ilustrasi. Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin