5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Senin 10 Juli 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah | Foto: Unplash/Nathan Fertig

Ilustrasi. Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah | Foto: Unplash/Nathan Fertig

SUKABUMIUPDATE.com - Ciri-ciri orang yang berbohong bisa dikenali dari gerak bahasa tubuhnya. Cara ini membantu seseorang untuk mengetahui apakah lawan bicara sedang bicara jujur atau tidak.

Cara mengetahui orang berbohong sangat mudah dilakukan, salah satunya dengan memperhatikan bahasa tubuhnya. Siapapun bisa menerapkannya untuk mengantisipasi segala hal buruk yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bus Sukabumi Tujuan Bandung-Palabuhanratu: Harga dan Fasilitas

Lantas, bagaimana Cara mengetahui orang berbohong atau tidak? Apa saja ciri-ciri orang berbohong? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Mengetahui Orang Berbohong dari Bahasa Tubuh

1. Salah tingkah atau perubahan perilaku non verbal

Orang yang berbohong mungkin menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan atau kecemasan. Misalnya kontak mata yang kurang atau terlalu banyak, gerakan tubuh yang kaku atau menghindari tatapan mata.

Orang yang berbohong juga mungkin mengelus wajah mereka, menarik-narik pakaian, atau berbicara dengan nada suara yang tidak stabil. Sekilas, bahasa tubuh orang bohong terlihat lebih gerogi dan salah tingkah.

2. Ekspresi wajah tidak sesuai

Salah satu Cara mengetahui orang berbohong adalah dengan memperhatikan ekspresi wajah seseorang saat berbicara. Ekspresi yang tidak sesuai dengan konteks pembicaraan atau perasaan yang seharusnya dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

Misalnya, jika seseorang tersenyum saat menceritakan sesuatu yang seharusnya membuat mereka marah atau sedih, itu bisa menjadi indikator kebohongan.

3. Ketidaksesuaian antara kata-kata dan tindakan

Jika seseorang sering mengucapkan sesuatu namun tindakannya tidak konsisten dengan kata-katanya, itu bisa menjadi petunjuk adanya kebohongan.

Maka, Updaters bisa memperhatikan apakah ada inkonsistensi dalam cerita yang mereka sampaikan.

4. Tanggapan yang berlebihan atau tidak proporsional

Orang yang berbohong mungkin memberikan reaksi yang berlebihan atau tidak proporsional terhadap pertanyaan atau situasi tertentu.

Orang yang berbohong juga mungkin terlalu defensif, agresif, atau terlalu emosional dalam upaya untuk mengalihkan perhatian dari kebohongan mereka.

5. Ketidakkonsistenan dalam cerita

Ada ketidakkonsistenan atau perbedaan dalam cerita yang diceritakan oleh seseorang pada waktu yang berbeda, itu bisa menjadi indikator kebohongan.

Orang yang jujur biasanya memiliki cerita yang konsisten dari waktu ke waktu, sedangkan orang yang berbohong mungkin kesulitan mengingat atau menjaga konsistensi cerita mereka.

Baca Juga: 28 Rekomendasi Nama Anak Bahasa Sunda, Ada Arti Ningrat Siliwangi!

Meskipun ada ciri-ciri orang berbohong yang bisa dikenali, tetap penting digaris bawahi bahwa tidak ada kepastian mutlak bahwa seseorang sedang berbohong.

Beberapa orang mungkin terampil dalam menyembunyikan kebohongan mereka, sementara yang lain mungkin menunjukkan tanda-tanda yang mirip dengan kebohongan meskipun mereka jujur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pendekatan yang hati-hati dan tidak menuduh seseorang berbohong hanya berdasarkan tanda-tanda tersebut.

Baca Juga: Daftar Pemain Primbon, Film Horor Indonesia Tayang Agustus 2023

Seperti diketahui, mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak dapat menjadi tugas yang sulit. Karena hingga artikel ini ditayangkan, tidak ada metode yang sempurna untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang berbohong atau jujur.

Namun, tetap ada beberapa tanda atau petunjuk yang dapat membantu seseorang untuk mengenali suatu kebohongan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)