5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Senin 10 Juli 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah | Foto: Unplash/Nathan Fertig

Ilustrasi. Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah | Foto: Unplash/Nathan Fertig

SUKABUMIUPDATE.com - Ciri-ciri orang yang berbohong bisa dikenali dari gerak bahasa tubuhnya. Cara ini membantu seseorang untuk mengetahui apakah lawan bicara sedang bicara jujur atau tidak.

Cara mengetahui orang berbohong sangat mudah dilakukan, salah satunya dengan memperhatikan bahasa tubuhnya. Siapapun bisa menerapkannya untuk mengantisipasi segala hal buruk yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bus Sukabumi Tujuan Bandung-Palabuhanratu: Harga dan Fasilitas

Lantas, bagaimana Cara mengetahui orang berbohong atau tidak? Apa saja ciri-ciri orang berbohong? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Mengetahui Orang Berbohong dari Bahasa Tubuh

1. Salah tingkah atau perubahan perilaku non verbal

Orang yang berbohong mungkin menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan atau kecemasan. Misalnya kontak mata yang kurang atau terlalu banyak, gerakan tubuh yang kaku atau menghindari tatapan mata.

Orang yang berbohong juga mungkin mengelus wajah mereka, menarik-narik pakaian, atau berbicara dengan nada suara yang tidak stabil. Sekilas, bahasa tubuh orang bohong terlihat lebih gerogi dan salah tingkah.

2. Ekspresi wajah tidak sesuai

Salah satu Cara mengetahui orang berbohong adalah dengan memperhatikan ekspresi wajah seseorang saat berbicara. Ekspresi yang tidak sesuai dengan konteks pembicaraan atau perasaan yang seharusnya dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

Misalnya, jika seseorang tersenyum saat menceritakan sesuatu yang seharusnya membuat mereka marah atau sedih, itu bisa menjadi indikator kebohongan.

3. Ketidaksesuaian antara kata-kata dan tindakan

Jika seseorang sering mengucapkan sesuatu namun tindakannya tidak konsisten dengan kata-katanya, itu bisa menjadi petunjuk adanya kebohongan.

Maka, Updaters bisa memperhatikan apakah ada inkonsistensi dalam cerita yang mereka sampaikan.

4. Tanggapan yang berlebihan atau tidak proporsional

Orang yang berbohong mungkin memberikan reaksi yang berlebihan atau tidak proporsional terhadap pertanyaan atau situasi tertentu.

Orang yang berbohong juga mungkin terlalu defensif, agresif, atau terlalu emosional dalam upaya untuk mengalihkan perhatian dari kebohongan mereka.

5. Ketidakkonsistenan dalam cerita

Ada ketidakkonsistenan atau perbedaan dalam cerita yang diceritakan oleh seseorang pada waktu yang berbeda, itu bisa menjadi indikator kebohongan.

Orang yang jujur biasanya memiliki cerita yang konsisten dari waktu ke waktu, sedangkan orang yang berbohong mungkin kesulitan mengingat atau menjaga konsistensi cerita mereka.

Baca Juga: 28 Rekomendasi Nama Anak Bahasa Sunda, Ada Arti Ningrat Siliwangi!

Meskipun ada ciri-ciri orang berbohong yang bisa dikenali, tetap penting digaris bawahi bahwa tidak ada kepastian mutlak bahwa seseorang sedang berbohong.

Beberapa orang mungkin terampil dalam menyembunyikan kebohongan mereka, sementara yang lain mungkin menunjukkan tanda-tanda yang mirip dengan kebohongan meskipun mereka jujur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pendekatan yang hati-hati dan tidak menuduh seseorang berbohong hanya berdasarkan tanda-tanda tersebut.

Baca Juga: Daftar Pemain Primbon, Film Horor Indonesia Tayang Agustus 2023

Seperti diketahui, mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak dapat menjadi tugas yang sulit. Karena hingga artikel ini ditayangkan, tidak ada metode yang sempurna untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang berbohong atau jujur.

Namun, tetap ada beberapa tanda atau petunjuk yang dapat membantu seseorang untuk mengenali suatu kebohongan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari