7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa Menghilangkan Bau Mulut

Rabu 12 Juli 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa Menghilangkan Bau Mulut | Foto: Pixabay/mirkostoedter

Ilustrasi. Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa Menghilangkan Bau Mulut | Foto: Pixabay/mirkostoedter

SUKABUMIUPDATE.com - Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh hijau dikenal baik bagi kesehatan sejak dahulu. Teh jenis ini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti beta-karoten, berbagai jenis vitamin, protein, lemak, zink, karbohidrat, serat, kalsium, dan banyak kandungan lainnya.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Dilansir dari Siloam Hospitals, berikut manfaat minum teh hijau untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga: 5 Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi!

1. Membakar lemak dan menurunkan berat badan

Kandungan dalam teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak dan laju metabolisme tubuh. Teh ini mampu menurunkan berat badan apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

Menurut hasil penelitian “The American Journal of Clinical Nutrition” yang melibatkan 10 pria untuk mengkonsumsi ekstrak teh hijau, pembakaran jumlah kalori meningkat hingga 4%.

2. Meningkatkan suasana hati

Teh hijau yang memiliki kandungan L-theanine dapat menghambat aktivitas neuron GABA, yaitu neurotransmitter. Neurotransmitter ini bisa memberikan efek anti kecemasan dan meningkatkan senyawa dopamin yang meningkatkan suasana hati.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Ini dikarenakan saat gula darah mengalami peningkatan dan tubuh tidak mampu merespon insulin dengan baik. Maka, dalam posisi ini teh hijau berperan meningkatkan sesitivitas insulin, sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan L-theanine dalam teh hijau mampu mengurangi hormon stres dan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Ini akan membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Untuk mendapatkan manfaat ini, seduh teh hijau rendah kafein dengan air hangat sebelum tidur.

5. Menjaga kesehatan otak

Kombinasi dari L-theanine dan kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan konektivitas lobus parietal kanan ke gyrus frontal tengah pada otak. Ini akan membantu fungsi kognitif pada otak akan menjadi lebih baik dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin juga akan mengurangi risiko peradangan sel otak yang mampu memicu penyalit parkinson dan alzheimer.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Lebih lengkapnya, penelitian yang dipublikasi oleh Xinya Xie “Key Laboratory of Ministry of Education for Tea Science, Hunan Agricultural University” Agustus 2022, menyebutkan bahwa kandungan L-theanine dan epigallocatechin pada teh hijau memiliki banyak manfaat. Salah satunya bermanfaat dalam regenerasi dan perbaikan sel saraf juga memperlambat progresivitas alzheimer.

6. Menghilangkan bau mulut

Bukan hanya sebagai bahan minuman, teh hijau dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur. Teh hijau mengandung tanin yang mengandung sifat anti bakteri, sehingga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mencegah karies gigi dan pembentukan plak pada gigi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya bagi tubuh, manfaat teh hijau untuk kecantikan juga cukup beragam. Teh hijau mengandung antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit wajah, seperti membantu mengatasi jerawat serta mengurangi produksi minyak berlebih.

Di samping itu, manfaat teh hijau untuk wajah juga bisa membantu mencegah penuaan dini dan meningkatkan elastisitas kulit.

Sumber: Tempo.co | Siloam Hospital

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 16:13 WIB

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Bupati Sukabumi: Kita Jaga Masyarakat Sejahtera

Dalam rangka Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN), Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Kementerian ATR/BPN memanen pisang cavendish.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat mendampingi Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Dalu Agung Darmawan yang berkunjung ke Kampung Lio, Desa Sinarjaya Warungkiara. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Bola24 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi Liga 1 Persik Kediri vs PSS Sleman: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri.
Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri. (Sumber : X/@PSSleman/@persikfckediri).
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)