10 Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi Hitam: Pagi, Siang Atau Malam?

Rabu 12 Juli 2023, 20:45 WIB
Ilustrasi - 10 Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi Hitam: Pagi, Siang Atau Malam?. | (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)

Ilustrasi - 10 Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi Hitam: Pagi, Siang Atau Malam?. | (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi adalah aktivitas yang kerap kali dilakukan para kaum Adam di pagi hari. Tapi tahukah Anda jika ada momen tertentu untuk menyeruput secangkir kopi?

Minum kopi bisa dikatakan suatu kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari. Sebab, kopi dapat memberikan efek semangat pada yang meminumnya.

Waktu terbaik untuk minum kopi hitam dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan toleransi individu terhadap kafein. Namun, beberapa waktu yang umumnya dianggap ideal untuk menikmati kopi hitam adalah sebagai berikut:

1. Pagi Hari

Banyak orang menikmati secangkir kopi hitam di pagi hari sebagai cara untuk memulai hari dengan energi dan kewaspadaan yang tinggi. Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kejelasan mental dan membantu bangun.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

2. Antara Jam 9 Pagi Hingga 11 Pagi

Ini adalah waktu ketika banyak orang mengalami penurunan energi setelah sarapan. Minum kopi hitam pada waktu ini dapat membantu membangkitkan semangat dan meningkatkan konsentrasi.

3. Setelah Makan Siang

Minum kopi hitam setelah makan siang dapat membantu mengatasi kantuk pasca-makan dan memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk menjaga produktivitas di sisa hari.

4. Sebelum Berolahraga

Kafein dalam kopi hitam dapat membantu meningkatkan performa fisik dan memperlambat kelelahan. Minum kopi hitam sebelum sesi latihan dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan fokus.

Baca Juga: 50 Kata-kata Motivasi Agar Hidup Anda Sukses dan Penuh Kebahagiaan

5. Sore Hari (jika tidak mempengaruhi tidur)

Jika Anda tidak sensitif terhadap kafein dan itu tidak mengganggu tidur malam Anda, minum kopi hitam di sore hari dapat memberikan kesempatan untuk bersantai dan menikmati secangkir kopi sebelum hari berakhir.

6. Setelah Tidur Siang

Jika Anda mengambil tidur siang singkat dan merasa perlu mendapatkan dorongan energi, minum secangkir kopi hitam setelah tidur siang dapat membantu membangunkan dan meningkatkan kewaspadaan.

7. Sebelum Melakukan Tugas Kognitif

Jika Anda memiliki tugas yang membutuhkan fokus dan kejelasan mental, minum kopi hitam beberapa saat sebelumnya dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja kognitif.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

8. Saat Merasa Lelah atau Mengantuk

Ketika Anda merasa lelah atau mengantuk di siang hari, minum kopi hitam dapat memberikan dorongan energi sementara dan membantu mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi.

9. Sebelum Rapat atau Pertemuan Penting

Jika Anda membutuhkan kecerdasan dan kewaspadaan yang optimal untuk rapat atau pertemuan penting, minum kopi hitam sebelumnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kinerja selama pertemuan.

10. Ketika Anda Ingin Menikmati Waktu Sendiri

Minum kopi hitam juga bisa menjadi momen untuk menikmati waktu sendiri dan merenung. Banyak orang menikmati kopi hitam saat membaca buku, menulis, atau sekadar bersantai.

Namun, penting untuk diingat bahwa efek kafein dapat berbeda-beda pada setiap individu. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein dan dapat mengalami kesulitan tidur jika minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika Anda merasa terganggu oleh kafein, lebih baik menghindari minum kopi hitam dalam beberapa jam sebelum tidur.

Baca Juga: 60 Rekomendasi Nama Anak Perempuan Bahasa Jawa yang Punya Makna Baik

Selain itu, perhatikan juga bahwa minum kopi hitam dengan perut kosong dapat menyebabkan iritasi lambung pada beberapa orang. Jika Anda memiliki masalah lambung atau sensitivitas tertentu, mungkin disarankan untuk meminum kopi setelah makan.

Yang terbaik adalah mencoba dan menyesuaikan waktu minum kopi hitam dengan tubuh dan rutinitas harian Anda sendiri. Dengarkan tubuh Anda dan perhatikan bagaimana Anda merespons kafein.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku