Jarang Diketahui, Ternyata Bayi Juga Memiliki Kebutuhan Mental: Berikut Penjelasannya

Rabu 13 Maret 2024, 14:45 WIB
Ilustrasi seorang ibu yang sedang menenangkan bayinya | Foto : Freepik / @freepik

Ilustrasi seorang ibu yang sedang menenangkan bayinya | Foto : Freepik / @freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Membahas seputar kesehatan mental seringkali berfokus pada pengalaman remaja dan orang dewasa, sehingga banyak orang percaya bahwa hanya merekalah orang-orang di komunitas kita yang terkena dampak masalah emosional.

Kesehatan mental bayi mengacu pada kesejahteraan bayi dan anak-anak hingga usia 3 tahun, dan mencakup pertumbuhan dan perkembangan emosional serta sosial anak.

Banyak pengasuh baru bahkan ibu, ayah, kakek nenek, dan orang tua asuh dapat mengalami tantangan yang normal dengan bayi mereka. Ketika tantangan menjadi terus-menerus atau tampaknya tidak dapat diubah, pengasuh sendiri dapat mengalami kecemasan dan frustrasi.
Mencari dukungan dari pakar perkembangan bayi dan anak usia dini dapat memberikan strategi yang berguna untuk mengurangi stres bagi semua orang yang terlibat.

Tanda Peringatan

Indikator masalah kesehatan mental bayi dapat mencakup :
● Pola tidur yang buruk
● Kesulitan dalam memberi makan
● Menangis terus-menerus atau tak henti-hentinya
● Kegelisahan
● Gangguan lambung
● Kecemasan dan ketegangan
● Kesusahan dan ketakutan
● Kurangnya penambahan berat badan atau kegagalan tumbuh kembang
● Kegagalan untuk mencapai tonggak perkembangan yang diharapkan

Baca Juga: Apakah Telur Aman untuk Bayi? Simak 3 Manfaat Kandungannya Berikut Ini

Inti dari kesehatan mental bayi adalah hubungannya dengan pengasuh utamanya.

Bayi baru lahir, lahir dengan sistem saraf yang sangat mudah terpengaruh. Mereka rentan dan tidak mampu mengatur keadaan fisik dan emosionalnya secara mandiri. Mereka belajar bagaimana caranya melalui interaksi dengan pengasuh mereka.

Bayi pada awalnya mempunyai empat keadaan biologis yang dapat diidentifikasi yaitu tidur nyenyak, tidur ringan, kewaspadaan aktif, dan kewaspadaan tenang. Dan mereka bergantung pada pengasuh untuk membantu mereka menjaga rasa sejahtera. Setiap negara bagian mempunyai fungsi penting untuk pertumbuhan dan pembangunan.

Melalui perawatan yang dapat diprediksi, sensitif, dan responsif, bayi dapat mengatur keadaan biologisnya dan merasa aman di lingkungannya.

Peraturan negara menciptakan lingkungan biofisik yang optimal untuk perkembangan otak. Rasa sejahtera membangun keterikatan yang aman serta hubungan yang menjadi landasan pembelajaran sosial dan emosional.

Bayi berkomunikasi tanpa kata-kata. Sebaliknya, mereka menggunakan isyarat seperti menangis, cegukan, dan keengganan menatap untuk memberi kesan kepada pengasuh mereka bahwa mereka dalam kesusahan. Ketika kebutuhan mereka berhasil dipenuhi oleh pengasuh yang responsif, bayi belajar bahwa mereka dapat mengandalkan orang tersebut, dan ikatan sosial pun terbangun.

Hubungan pertama ini berfungsi sebagai landasan bagi semua hubungan selanjutnya dan membentuk fondasi kesehatan mental dan pertumbuhan emosional bayi.

Baca Juga: Termasuk Saat Puasa, 10 Hal yang Harus Diperhatikan Penderita Gula Darah Rendah

Pertumbuhan Sosial Emosional Yang Sehat

Mari kita pikirkan dampak pertumbuhan sosial emosional yang sehat pada bayi. Pertumbuhan sosial emosional diketahui sebagai prioritas pembelajaran pertama

Bayi pada awalnya mempunyai empat keadaan biologis yang dapat diidentifikasi yaitu tidur nyenyak, tidur ringan, kewaspadaan aktif, dan kewaspadaan tenang. Dan mereka bergantung pada pengasuh untuk membantu mereka menjaga rasa sejahtera. Setiap negara bagian mempunyai fungsi penting untuk pertumbuhan dan pembangunan. Melalui perawatan yang dapat diprediksi, sensitif, dan responsif, bayi dapat mengatur keadaan biologisnya dan merasa aman di lingkungannya.

Peraturan negara menciptakan lingkungan biofisik yang optimal untuk perkembangan otak. Rasa sejahtera membangun keterikatan yang aman serta hubungan yang menjadi landasan pembelajaran sosial dan emosional.

Bayi berkomunikasi tanpa kata-kata. Sebaliknya, mereka menggunakan isyarat seperti menangis, cegukan, dan keengganan menatap untuk memberi kesan kepada pengasuh mereka bahwa mereka dalam kesusahan. Ketika kebutuhan mereka berhasil dipenuhi oleh pengasuh yang responsif, bayi belajar bahwa mereka dapat mengandalkan orang tersebut, dan ikatan sosial pun terbangun. Hubungan pertama ini berfungsi sebagai landasan bagi semua hubungan selanjutnya dan membentuk fondasi kesehatan mental dan pertumbuhan emosional bayi.

Pertumbuhan Sosial Emosional Yang Sehat

Mari kita pikirkan dampak pertumbuhan sosial emosional yang sehat pada bayi. Pertumbuhan sosial emosional diketahui sebagai prioritas pembelajaran pertama bagi bayi, dan dapat didefinisikan sebagai pengalaman bayi, ekspresi dan pengelolaan emosi, serta kemampuan untuk membangun hubungan yang positif dan bermanfaat dengan orang lain.

Ciri-ciri inti keberhasilan pertumbuhan sosial emosional bayi meliputi:
● Memahami keadaan emosi diri sendiri
● Membaca dan memahami keadaan emosi orang lain
● Mengelola emosi yang kuat dan mengekspresikannya dengan cara yang konstruktif
● Mengatur perilaku diri sendiri
● Mengembangkan empati terhadap orang lain
● Membangun dan memelihara hubungan
Ciri-ciri inti ini dapat diamati dalam perilaku anak seiring dengan perkembangannya. Misalnya, bayi akan tersenyum ketika pengasuhnya tersenyum.

Baca Juga: Pedoman Konsumsi Jus Buah untuk Bayi, Yuk Bunda Terapkan di Rumah

Seorang bayi atau anak kecil mungkin menghindari kontak mata ketika dia mendapat rangsangan berlebihan. Anak kecil akan menangis ketika anak lain menangis. Balita pasti ingin berpelukan ketika pengasuhnya sedang sedih. Anak-anak bahkan akan memberi tahu pengasuhnya bahwa "Tidak apa-apa" ketika mereka merasa bahwa pengasuhnya sedang tertekan.

Kemampuan bayi untuk memperhatikan di masa depan, beradaptasi dengan cara yang fleksibel, belajar di sekolah dan dalam situasi kehidupan, berteman, mengelola emosi yang tidak menyenangkan, seperti kemarahan atau kecemasan, semuanya bergantung pada perkembangan sosial emosional

awal dan hubungan keterikatan yang aman dan mengarah pada kemampuan untuk mempercayai orang lain dan diri sendiri. Ketika bayi dan anak kecil kesulitan mengembangkan kemampuan penting ini, penyakit mental dapat terjadi.
Hambatan

Faktor-faktor yang dapat diidentifikasi yang dapat mengganggu kemampuan pengasuh untuk memberikan perawatan responsif yang sensitif meliputi :
● Penyakit mental pada pengasuh, seperti depresi dan kecemasan
● Riwayat pengabaian dan pelecehan yang dialami oleh pengasuh
● Menjadi orang tua tunggal tanpa dukungan sosial
● Ketidaksesuaian temperamen antara bayi dan pengasuhnya
● Stres finansial
● Konflik hubungan antar pengasuh
● Penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan pada pengasuh

Meskipun menghadapi tantangan-tantangan yang disebutkan di atas, pengasuh bayi dan anak kecil masih dapat memberikan lingkungan pengasuhan yang luar biasa.

Membesarkan anak merupakan kerja keras dan disayangkan, namun pengalaman umum berupa perasaan dihakimi oleh orang lain dapat membuat pemberian dukungan yang konsisten kepada anak yang sedang berkembang menjadi semakin sulit. Penting untuk menyadari bahwa bantuan tersedia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional16 Mei 2024, 16:20 WIB

Ada Politisi dari Sukabumi, Empat Nama Daftar Pilkada Jakarta Jalur Independen

Keempat nama ini diungkap KPU sebagai figur yang mendaftar pilkada Jakarta 2024 lewat jalur independen atau non parpol.
Kiri ke kanan: Dharma Pongrekun, Sudirman Said, Poempida Hidayatulloh,, Noer Fajrieansyah (Sumber: berbagai sumber)
Life16 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Tanda Ternyata Kamu Masih Belum Menemukan Tujuan Hidup, Ini Buktinya

Orang yang belum menemukan tujuan hidup pada umumnya memiliki tanda yang melekat di dalam dirinya. Yakni pada kebiasaan yang mindsetnya
Ilustrasi Tanda seseorang yang belum menemukan tujuan hidup (Sumber : Pexels.com /@MehmetTurgutKirkgoz)
Sehat16 Mei 2024, 16:00 WIB

4 Minuman Sehat yang Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat, Nyerinya Langsung Minggat!

Sejumlah minuman sehat ini sangat ampuh untuk melawan sakit asam urat.
Ilustrasi - Sejumlah minuman sehat ini sangat ampuh untuk melawan sakit asam urat. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life16 Mei 2024, 15:45 WIB

Berikut 4 Cara Membangun Karakter Positif Pada Anak Yang Bisa Orang Tua Terapkan

membangun karakter pada anak memang bukan hal yang mudah, namun dengan menjadi teladan yang baik lambat laun mereka akan menirunya. Maka dari itu para orang tua harus memberikan contoh baik pada anak
ilustrasi cara membangun karakter positif pada anak (Sumber : pexels.com/@JessicaTicozzeli)
Sukabumi16 Mei 2024, 15:18 WIB

Tabrak Ruko hingga Jebol di Ciracap Sukabumi, Pemotor Beat Dilarikan ke RS

Korban melaju dari arah Ujunggenteng menuju rumahnya di Desa Cikangkung.
Sepeda motor korban dan kondisi dinding ruko yang tertabrak di Kampung Cijoho, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (16/5/2024). | Foto: Istimewa
Life16 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Tips Agar Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Semakin Terjalin Dengan Kuat

Meluangkan waktu untuk anak Anda dan membangun hubungan yang kuat akan bermanfaat bagi mereka seiring berjalannya waktu.
Ilustrasi hubungan ayah dan anak perempuan semakin kuat (Sumber : pexels.com/@TatianaSyrikova)
Inspirasi16 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life16 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Kerja, Yuk Terapkan!

Konsentrasi saat bekerja adalah impian semua pencari nafkah. Pasalnya, sebagian orang justru tidak tahu kebiasaan yang bisa meningkatkan konsentrasi dalam hidup
Kebiasaan yang dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)