Mengenal Silent Travel, Jenis Liburan yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Rabu 28 Februari 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi - Berikut ini beberapa hal tentang silent travel yang perlu diketahui dan dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental (Sumber : Instagram/wisatagunungdago)

Ilustrasi - Berikut ini beberapa hal tentang silent travel yang perlu diketahui dan dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental (Sumber : Instagram/wisatagunungdago)

SUKABUMIUPDATE.com - Silent travel menjadi gaya baru dalam menikmati momen liburan. Rekreasi ini lebih menekankan pada pengalaman mencari kedamaian, ketenangan, dan keheningan selama liburan.

Konsep ini berfokus pada menghilangkan gangguan dan kebisingan dari kehidupan sehari-hari, serta memungkinkan wisatawan untuk terhubung lebih dalam dengan diri mereka sendiri dan alam sekitar.

Dalam konteks ini, silent travel seringkali melibatkan kegiatan seperti meditasi, yoga, retreat spiritual, berjalan kaki di alam, atau menghabiskan waktu di tempat-tempat yang sunyi dan jauh dari keramaian.

Baca Juga: Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan ketenangan pikiran, relaksasi, dan penyembuhan melalui pengalaman liburan yang tenang dan damai.

Manfaat Silent Travel

Ada banyak manfaat dari gaya baru menikmati liburan ini salah satunya dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari silent travel, dan berikut ini beberapa diantaranya.

1. Relaksasi dan penyembuhan

Melalui pengalaman liburan yang tenang dan damai, silent travel dapat membantu pelancong untuk merasa lebih rileks, tenang, dan mengalami penyembuhan dari stres dan kelelahan.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

2. Refleksi dan introspeksi

Dengan menjauh dari kebisingan dan gangguan kehidupan sehari-hari, silent travel memberikan kesempatan bagi pelancong untuk merenungkan diri mereka sendiri, merenungkan tujuan hidup, dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri mereka sendiri.

3. Pengalaman spiritual

Bagi beberapa orang, silent travel dapat menjadi pengalaman spiritual yang memungkinkan mereka untuk terhubung dengan alam, memperkuat rasa keterhubungan dengan sesama manusia, atau mendapatkan kedamaian batin melalui praktik seperti meditasi atau yoga.

Baca Juga: Wisata Danau di Kuningan Punya View Bak Lukisan Cocok Untuk Melepas Stres

Silent travel dapat memberikan manfaat yang luas, baik secara pribadi maupun secara global, dengan menghasilkan pengalaman yang berkelanjutan, bermakna, dan berdampak positif.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).