10 Ciri Orang yang Kelelahan Mental, Apa Kamu Merasakannya Juga?

Rabu 25 Oktober 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi -Kelelahan mental dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pekerjaan. (Sumber : unsplash.com/@Niklas Hamann).

Ilustrasi -Kelelahan mental dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pekerjaan. (Sumber : unsplash.com/@Niklas Hamann).

SUKABUMIUPDATE.com - Kelelahan mental adalah kondisi ketika seseorang merasa lelah secara emosional, baik secara fisik maupun mental. Kelelahan mental dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pekerjaan, tekanan keuangan, hubungan yang sulit, kehilangan orang yang dicintai, trauma, atau penyakit kronis.

Kelelahan mental dapat memengaruhi kesejahteraan mental seseorang dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Kelelahan mental dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kesulitan berkonsentrasi, sulit membuat keputusan, dan perubahan nafsu makan.

Berikut adalah beberapa ciri orang yang mengalami kelelahan mental, Yuk Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

1. Cemas dan Stres Berkepanjangan

Cemas dan stres berkepanjangan adalah ciri kelelahan mental karena keduanya merupakan respons tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menantang. Ketika seseorang mengalami cemas dan stres berkepanjangan, tubuh akan melepaskan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin. 

Orang dengan kelelahan mental sering mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Mereka mungkin merasa cemas tentang banyak hal, termasuk hal-hal kecil atau rutinitas sehari-hari.

2. Perasaan Panik dan Tertekan yang Tak Kunjung Mereda

Perasaan panik dan tertekan yang tidak kunjung mereda adalah ciri yang sering terkait dengan kelelahan mental. Kelelahan mental dapat memicu gejala seperti kecemasan, stres, dan perasaan tertekan yang bisa menjadi sangat mengganggu. 

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Luka Batin Masa Lalu yang Masih Membekas Hingga Dewasa

Kelelahan mental yang parah dapat memicu serangan panik, yang melibatkan perasaan panik mendalam, ketidaknyamanan fisik, dan gejala seperti detak jantung cepat dan sesak napas.

3. Sulit Berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi adalah salah satu gejala kelelahan mental yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya daya fokus dan perhatian yang disebabkan oleh stres dan kelelahan. 

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk mengikuti instruksi, menyelesaikan tugas, atau mengingat informasi.

Baca Juga: 10 Luka Batin Masa Kecil yang Bisa Terbawa Hingga Dewasa, Jangan Anggap Sepele!

4. Sering Lupa

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk mengingat hal-hal yang baru saja terjadi, hal-hal yang seharusnya mereka ketahui, atau hal-hal yang penting untuk mereka ingat.

Sering lupa adalah salah satu gejala kelelahan mental yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya daya ingat yang disebabkan oleh stres dan kelelahan

5. Sulit Tidur

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin memiliki banyak pikiran yang berkecamuk di kepala. Hal ini dapat membuat sulit untuk rileks dan tertidur.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang Stres Banyak Pikiran, Apa Kamu Saat Ini Mengalaminya Juga?

Cemas dan stres dapat menyebabkan sulit tidur. Ketika seseorang merasa cemas atau stres, tubuh mereka akan melepaskan hormon stres, seperti kortisol. Hormon-hormon ini dapat membuat sulit untuk rileks dan tertidur.

6. Perubahan Nafsu Makan

Beberapa orang mungkin mengalami penurunan nafsu makan saat merasa sangat stres atau kelelahan mental. Mereka mungkin merasa tidak ada selera makan dan sulit untuk mengkonsumsi makanan yang cukup.

Perubahan nafsu makan dapat berupa peningkatan nafsu makan atau penurunan nafsu makan. Peningkatan nafsu makan dapat disebabkan oleh stres, kecemasan, atau depresi. 

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

Penurunan nafsu makan dapat disebabkan oleh stres, kecemasan, atau depresi, atau juga oleh kondisi medis tertentu, seperti gangguan makan atau penyakit kronis.

7. Sakit Kepala atau Sakit Perut

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin mengalami stres, kecemasan, atau depresi. Hal-hal ini dapat menyebabkan sakit kepala atau sakit perut. Selain itu, kelelahan mental juga dapat menyebabkan nyeri otot atau masalah pencernaan.

8. Merasa Lelah atau Lesu

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin merasa lelah sepanjang waktu, bahkan setelah tidur yang cukup. Mereka juga mungkin merasa sulit untuk bersemangat atau termotivasi untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Baca Juga: 10 Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali, Yuk Bunda Perhatikan!

Merasa lelah atau lesu adalah salah satu gejala kelelahan mental yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya energi yang disebabkan oleh stres dan kelelahan. 

9. Merasa Tidak Berharga atau Tidak Mampu

Merasa tidak berharga atau tidak mampu merupakan salah satu gejala kelelahan mental yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh hilangnya rasa percaya diri dan harga diri yang disebabkan oleh stres dan kelelahan. 

Ketika seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin merasa seperti tidak berharga atau tidak mampu untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga mungkin merasa seperti tidak pantas untuk dicintai atau diterima.

Baca Juga: 9 Gejala ADHD Pada Anak yang Wajib Dikenali Oleh Orang Tua, Yuk Simak!

10. Memiliki Pikiran Negatif atau Pesimis

Saat seseorang mengalami kelelahan mental, mereka mungkin mulai berpikir bahwa segala sesuatu akan berjalan buruk. Mereka juga mungkin mulai berpikir bahwa mereka tidak mampu menangani masalah yang mereka hadapi.

Berikut adalah beberapa contoh pikiran negatif atau pesimis yang dialami oleh orang yang kelelahan mental:

  • Selalu berpikir hal-hal yang buruk akan terjadi
  • Selalu merasa seperti tidak cukup baik
  • Selalu merasa seperti mereka tidak mampu menangani masalah
  • Selalu merasa seperti mereka tidak pantas untuk bahagia

Penting untuk diingat bahwa kelelahan mental adalah hal yang normal. Namun, jika kelelahan mental Anda tidak terkendali, dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan Anda. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara untuk mengelola kelelahan mental secara efektif.

Baca Juga: 10 Tanda Orang Gangguan Kepribadian Antisosial, Kamu Salah Satunya?

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)