10 Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali, Yuk Bunda Perhatikan!

Rabu 18 Oktober 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi - Ada Beberapa Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali (Sumber : Pixabay.com/@sick-street-photography).

Ilustrasi - Ada Beberapa Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali (Sumber : Pixabay.com/@sick-street-photography).

SUKABUMIUPDATE.com - Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk fokus, memperhatikan, dan mengendalikan impulsnya. Ini adalah salah satu gangguan mental yang paling umum terjadi pada anak-anak.

ADHD dapat berdampak signifikan pada kehidupan anak, memengaruhi prestasi akademis, hubungan sosial, dan harga diri mereka.Gejala ADHD dapat bervariasi dari satu anak ke anak lainnya, tetapi ada beberapa gejala yang sering kali mudah dikenali pada anak dengan ADHD.

Gejala ADHD biasanya dimulai pada masa kanak-kanak dan dapat berlanjut hingga dewasa. Berikut ini ada beberapa gejala ADHD yang mudah dikenali pada anak, meliputi.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Ketidakmampuan Berkonsentrasi

Kesulitan dalam mempertahankan perhatian pada tugas atau aktivitas yang membutuhkan fokus. Anak dengan ADHD seringkali teralihkan oleh rangsangan eksternal atau berpikir tentang hal-hal lain saat harus berkonsentrasi.

2. Gelisah

Gelisah adalah salah satu gejala ADHD yang sering dikenali pada anak. Anak dengan ADHD cenderung merasa gelisah dan memiliki kesulitan untuk duduk diam atau berkonsentrasi pada tugas yang memerlukan fokus. Gejala gelisah yang sering terkait dengan ADHD meliputi:

Sulit Duduk Diam

Anak dengan ADHD sering merasa tidak nyaman untuk duduk diam, terutama dalam situasi yang memerlukan ketenangan seperti di sekolah atau dalam aktivitas yang membutuhkan konsentrasi.

Baca Juga: 10 Cara Agar Memiliki Mental Kuat Saat Dimarahi, Tetap Tenang!

Sering Bergeser atau Berpindah-Pindah

Anak mungkin sering menggeser berat badan dari satu kaki ke kaki yang lain, menggerak-gerakkan tangan, atau berpindah-pindah di kursinya.

3. Sulit Mengendalikan Emosi dan Amarah

Penyebab sulit mengendalikan emosi dan amarah pada anak dengan ADHD belum diketahui secara pasti. Namun, diduga berkaitan dengan masalah fungsi eksekutif di otak. Fungsi eksekutif adalah kemampuan untuk mengatur pikiran, perilaku, dan emosi.

Sulit mengendalikan emosi dan amarah adalah salah satu gejala ADHD pada anak. Gejala ini termasuk:

  • Ledakan amarah yang tiba-tiba dan intens
  • Mudah marah atau tersinggung
  • Sulit mengendalikan perilaku agresif
  • Mudah frustrasi atau putus asa
  • Merasa tidak berdaya atau tidak berdaya

Baca Juga: 10 Gejala Awal ADHD Pada Anak yang Harus Diwaspadai Para Ibu

4. Kurang Fokus

Anak-anak dengan ADHD sering kali merasa kesulitan untuk mempertahankan perhatian mereka pada satu tugas atau aktivitas, terutama jika tugas atau aktivitas tersebut tidak terlalu menarik atau merangsang. Mereka mungkin teralihkan oleh rangsangan eksternal atau pikiran mereka sendiri, sehingga sulit menyelesaikan tugas atau mengikuti instruksi.

5. Sering Melakukan Kesalahan

Sering melakukan kesalahan merupakan salah satu gejala ADHD pada anak. Hal ini disebabkan oleh kesulitan fokus dan perhatian yang dimiliki anak dengan ADHD. Berikut adalah beberapa contoh kesalahan yang sering dilakukan anak dengan ADHD:

  • Menyelesaikan tugas dengan tidak benar
  • Melakukan kesalahan yang berulang
  • Kehilangan atau merusak barang
  • Terlambat atau lupa mengerjakan tugas

Baca Juga: 8 Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

6. Sering Melamun

Melamun adalah kondisi di mana pikiran seseorang mengembara dan tidak fokus pada saat ini. Anak dengan ADHD sering melamun karena kesulitan fokus dan perhatian dan sering melamun adalah salah satu gejala ADHD pada anak.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak dengan ADHD mengurangi melamun:

  • Pastikan anak cukup tidur
  • Berikan anak lingkungan yang tenang dan bebas gangguan
  • Berikan anak tugas yang sesuai dengan kemampuannya
  • Bantu anak untuk fokus pada saat ini

7. Kesulitan Menyelesaikan Tugas

Anak dengan ADHD bisa memiliki banyak tugas yang dimulai tetapi seringkali tidak menyelesaikannya. Ini menjadi salah satu ciri gejala ADHD pada anak yang mudah dikenali.

Baca Juga: Yusril Ihza Mahendra Ketahuan Bikin SKCK, Untuk Jadi Cawapres Prabowo?

8. Perilaku Impulsif di Sekolah

Terkadang, anak dengan ADHD dapat mengganggu pelajaran dan berperilaku tidak sesuai di sekolah. Mereka mungkin sulit mengikuti aturan dan instruksi meskipun itu adalah hal mudah yang bisa dilakukan oleh anak-anak.

9. Kemampuan Akademik yang Rendah

Anak dengan ADHD dapat mengalami kesulitan dalam prestasi akademik, terutama dalam hal konsentrasi, mengingat informasi, dan menyelesaikan tugas. Anak dengan ADHD mungkin kesulitan bergaul dengan teman-temannya dan mengikuti pelajaran di sekolah.

10. Ketidakmampuan Menunggu Gantian

Anak dengan ADHD seringkali kesulitan menunggu gantian, yang bisa memengaruhi interaksi sosial mereka. Mereka seakan tidak sabaran dan merasa kesulitan untuk menunggu.

Namun, penting untuk diingat bahwa gejala ADHD dapat bervariasi dan tidak semua anak dengan ADHD akan menunjuk

Baca Juga: 9 Sikap Karismatik yang Harus Kamu Miliki Agar Tidak Direndahkan Orang Lain

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)
Food & Travel16 Juni 2024, 06:30 WIB

4 Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor, Sate hingga Kue Kering

Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat ini menggunakan bahan-bahan yang rendah purin dan kaya nutrisi untuk membantu mengelola kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Ilustrasi. Sate. Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor hingga Kue Kering (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science16 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Juni 2024, Pagi Hari Langit Cerah di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Nasional15 Juni 2024, 23:22 WIB

Harun Masiku Menyamar Jadi Guru dan Marbut Masjid di Luar Negeri

Berdasarkan informasi terbaru, Harun Masiku, buron kasus korupsi suap PAW Caleg DPR RI, diketahui menggunakan berbagai penyamaran untuk menghindari pengejaran hukum.
Harun Masiku, Buronan KPK | Foto : Ist
Sukabumi15 Juni 2024, 22:53 WIB

9 WNA China Terombang-ambing di Laut Sukabumi dan Sempat Ditangkap Tentara Australia

Sebanyak sembilan warga negara asing (WNA) asal China dan tiga WNI asal NTT berhasil diamankan di Polres Sukabumi. Setelah di tolong oleh nelayan Sukabumi karena kapal yang mereka tumpangi bermasalah
WNA asal China saat diperiksa di Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Juni 2024, 22:13 WIB

Maling Modus Ganjal ATM di Sukabumi Kepergok, Acungkan Pistol Ke Pengunjung Minimarket

Viral di media sosial, tiga pria misterius acungkan benda mirip pistol ke arah pengunjung tertangkap kamera cctv sebuah minimarket.
Aksi pria acungkan pistol ke pengunjung minimarket di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi | Foto : Capture video CCTV
Film15 Juni 2024, 22:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Hierarchy, Menceritakan Kehidupan Siswa Elite SMA Jooshin

Drama korea Hierarchy menceritakan tentang kehidupan siswa-siswi di SMA elite bernama Jooshin. Selain itu, drakor tersebut juga memperlihatkan berbagai intrik hingga masalah utama yang dihadapi para siswa kelas atas itu.
Sinopsis Drama Korea Hierarchy, Menceritakan Kehidupan Siswa Elite SMA Jooshin (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi15 Juni 2024, 21:35 WIB

KIP Minta Penyelenggara PPDB di Jawa Barat Adil dan Transparan

Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat mengeluarkan imbauan terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)