30 Doa Pendek untuk Diamalkan Setiap Hari, Mudah Dihafalkan!

Kamis 27 Juli 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi - 30 Doa Pendek untuk Diamalkan Setiap Hari, Mudah Dihafalkan! (Sumber : Freepk)

Ilustrasi - 30 Doa Pendek untuk Diamalkan Setiap Hari, Mudah Dihafalkan! (Sumber : Freepk)

SUKABUMIUPDATE.com - Doa-doa pendek untuk diamalkan setiap hanya sangat penting diketahui oleh seluruh umat muslim.

Seperti yang sudah diketahui oleh seorang muslim, dalam ajaran Islam dalam melakukan kegiatan sehari-hari diharuskan untuk membaca doa

Doa sendiri merupakan salah satu bentuk sebuah komunikasi antara manusia dengan Allah SWT untuk meminta agar selalu diberikan keselamatan, keberkahan, kebahagiaan, rezeki, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Dampak Bertengkar di Depan Anak, Kesehatan Mentalnya Bisa Terganggu!

Selain itu, dengan membaca doa bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan merasa selalu dekat dengan Allah SWT. 

Berkaitan dengan bacaan doa, ada banyak sekali firman Allah SWT dalam Al-Qur’anul yang menjelaskan mengenai perintah untuk selalu berdoa kepada-Nya. Salah satu di antaranya yakni pada surat Al-Fatir ayat 15 yang artinya. 

"Hai manusia, kamulah yang sangat butuh kepada Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji." (QS. Fathir: 15). 

Kumpulan Doa Pendek Sehari-Hari 

Ada banyak sekali doa sehari-hari yang dapat dipanjatkan umat Islam. Doa-doa tersebut termasuk pendek dan mudah sekali dihafalkan. Berikut adalah kumpulan doa sehari-hari yang bisa diamalkan: 

1. Doa sebelum tidur 

Bismikallaahumma ahyaa wa ammuut. 

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, aku hidup dan aku mati." 

2. Doa Bangun Tidur 

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru. 

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan." 

3. Doa Mimpi Indah 

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati. 

Artinya: "segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku." 

4. Doa saat Mimpi Buruk 

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlami 

Artinya: "Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk." 

5. Doa Menjelang Fajar 

Allahumma inni a’uzu bika min dhiqid dunya wa dhiqi yaumil qiyamah 

Artinya: “ya Allah Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat.” (hr. Abu daud). 

6. Doa Sebelum Beraktivitas 

Rabbana atina min ladunka rahmatan, wa hayyi' lana min amrina rasyadan, rabbisyrah li shadri, wa yassir li amri. 

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kamu petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini. Ya Tuhanku. lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku." 

7. Doa Masuk Kamar Mandi 

Bismillahi Allahumma inni a'udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi 

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina." 

8. Doa Melepas Pakaian 

Bismillahil ladzi lailaha illa huwa.

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia."

9. Doa Keluar Kamar Mandi 

Ghufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii 

Artinya: "Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan" 

10. Doa Memakai Baju 

Allahumma inni as'aluka min khairi wa khaira ma huwa lahu, wa a'udzubika min syarrihi wa syarri ma huwa lahu. 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya." 

11. Doa memakai baju baru 

Alhamdulillahil ladzi kasani ma uwariy bihi'aurati wa atajammalu bihi fi hayati. 

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian sebagai penutup auratku dan penghias dalam hidupku." 

12. Doa Ketika Bercermin 

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii 

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku” 

13. Doa Sebelum Makan 

Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adzaban nar, bismillah. 

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kamu pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah (atas nama Allah)." 

14. Doa Sesudah Makan 

Alhamdulillahilladzi ath'amana wa saqana wa ja'alana minal muslimin. 

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kamu termasuk orang yang patuh." 

15. Doa Keluar Rumah 

Bismillaahi tawakkaltu'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah. 

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." 

16. Doa Naik Kendaraan 

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rahiim. 

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar, berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 

17. Doa Masuk Rumah 

Allahumma inni as'aluka khairal mauliji wa khairal makhraji bismillahi walajna wa bismillahi kharajna wa'ala-llahi rabbina tawakkalna. 

Artinya: "Wahai Allah, aku memohon sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar. Atas nama-Mu kami masuk dan atas nama-Mu kami keluar. Dan kepada Allah, kami bertawakal." 

18. Doa Sebelum Wudhu 

Nawaitul wudua lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta'alaa. 

Artinya: "Aku niat berwudu untuk menghilangkan hadas kecil, fardu karena Allah. 

19. Doa Setelah Wudhu 

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu. Wa asyhadu anna Muhammadan'abduhu wa rasuuluhu. Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min 'ibadatishalihin. 

Artinya: "Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh." 

20. Doa Masuk Masjid 

A'udzu billahil'azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa salim'ala sayyidina muhammadin wa'ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik. 

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Wahai Tuhanku, berilah salawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina Muhammad. Wahai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu." 

21. Doa Keluar Masjid 

A'udzu billahil azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi walhamdulillah. Allahumma shalli wa sallim'ala sayyidina muhammadin wa'ala ali sayyidina Muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba fadhlik. 

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Wahai Tuhanku, berilah salawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina Muhammad. Wahai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu." 

22. Doa Menjelang Petang 

Allahumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir 

Artinya: "Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali." 

23. Doa Sebelum Membaca Al-Quran 

Allahummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rahmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhraami 

Artinya: "Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." 

24. Doa Setelah Membaca Al-Quran 

Allahummarhamnii bil qur'aani. waj'alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj'alhu lii hujjatan yaa robbal 'aalamiina. 

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam." 

25. Doa Sebelum Adzan 

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala hawla wala quwwata illabillahiladhim, allahumma sholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim. 

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah, ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah." 

26. Doa Setelah Mendengar Adzan 

Allahumma robba haadzihid da'watit taammati washsholaatil qoo-imati aati muhammadanil waashiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal 'aaliyatar rofii'ata wab'atshu maqoomam mahmuudanilladzi wa'adtah innaka laa tukhliful mii'aada ya arhamar roohimiina 

Artinya: "Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang." 

27. Doa Sebelum Belajar 

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman." 

28. Doa Sesudah Belajar 

Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam." 

29. Doa Memohon Ilmu Yang Bermanfaat 

Allahumma inni as-aluka 'ilmaan naafi'aan wa rizqaan thoyyibaan wa 'amalaan mutaqobbalaan 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezeki yang baik dan amal yang baik diterima." 

30. Doa Untuk Kedua Orang Tua 

Allahummaghfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii saghiiraa. 

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku ( ibu dan ayahku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil." 

Itulah kumpulan doa sehari-hari yang dapat dibaca dan diamalkan oleh umat Islam agar mendapatkan perlindungan dan kemudahan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat! 

Sumber: Suara.com (Putri Ayu Nanda Sari)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).