Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang Sholat Shubuh Tanpa Doa Qunut

Rabu 26 Juli 2023, 22:00 WIB
Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang Sholat Shubuh Tanpa Doa Qunut | Foto: mui.or.id

Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang Sholat Shubuh Tanpa Doa Qunut | Foto: mui.or.id

SUKABUMIUPDATE.com - Doa Qunut adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Doa Qunut biasanya dibaca saat menunaikan Sholat Shubuh atau saat 10 hari terakhir Sholat Tarawih di Bulan Ramadan.

Sekelompok orang meyakini bahwa membaca Doa Qunut saat Sholah Shubuh merupakan kewajiban. Sementara ada yang berpendapat sebaliknya yakni Doa Qunut tidak wajib dibaca saat Sholat Shubuh.

Lantas muncul pertanyaan "apakah sholat subuh tanpa Doa Qunut sah?"Jawabannya sebagaimana mengutip Suara.com, dari berbagai perbedaan pendapat soal pertanyaan mengenai hukum membaca doa qunut dalam sholat Subuh menjadi relevan untuk dibahas.

Baca Juga: 13 Cara Memperbaiki Mental Breakdown, Yuk, Kenali Tanda Gangguan Kecemasan!

Sebelumnya, perlu diketahui tentang hukum jika seseorang tidak membaca doa qunut saat sholat Subuh.

Ustadz Adi Hidayat, Lc., MA., seorang pendakwah terkemuka dalam ceramahnya yang dapat diakses melalui kanal YouTube Ceramah Pendek, memberikan pandangan mengenai hal ini. Beliau menegaskan bahwa sholat Subuh tetap sah meski tidak diiringi pembacaan doa qunut.

"Orang yang melakukan qunut benar, orang yang tidak melakukan qunut juga benar. Yang salah adalah orang yang tidak melaksanakan sholat Subuh.", kata Menurut Ustadz Adi Hidayat, dikutip Rabu (26/7/2023).

Pendakwah yang kerap disapa UAH ini menambahkan bahwa perbedaan pendekatan hukum ini seharusnya tidak menjadi isu, mengingat masih ada kerangka hukum yang lebih esensial, yaitu kewajiban melaksanakan sholat Subuh. Ia menegaskan bahwa kita sebaiknya tidak memaksakan pandangan hukum kita kepada orang lain.

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Mental yang Hancur Berantakan Karena Tekanan Hidup

Dari penjelasan Ustadz Adi Hidayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa membaca Doa Qunut saat sholat Subuh adalah sunnah, bukan wajib. Jika seseorang lupa atau memilih tidak membaca doa qunut, sholatnya tetap dianggap sah.

Selain itu, menurut mazhab Imam Syafii, jika seseorang lupa membaca doa Qunut saat sholat Subuh, dia dapat menggantinya dengan melakukan Sujud Sahwi. Hal ini menunjukkan bahwa kesalahan atau kelupaan dalam sholat dapat diperbaiki dan tidak menghilangkan keabsahan sholat tersebut.

Berikut ini bacaan Doa Qunut Shalat Shubuh:

"Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yazillu man walait, wa la ya izzu man adait, tabarakta rabbana wa ta alait, fa lakal hamdu a la ma qadhait, wa astaghfiruka wa ‘atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyi wa ala alihi wa shahbihi wa sallam"

Artinya: "Ya Allah, kumpulkanlah aku bersama dengan orang-orang yang menerima petunjuk-Mu, selamatkan diriku ke dalam kelompok orang yang Kau lindungi dari bala dunia dan akhirat, sertakan aku bersama mereka yang Kau pelihara dari dosa, turunkan berkah-Mu untukku dalam semua anugerah-Mu, jauhkan diriku dari dampak buruk yang Kau gariskan.

Karena sungguh Engkau yang memutuskan, bukan menerima putusan. Sungguh tiada hina orang yang Engkau bimbing, dan tiada mulia orang yang Kau musuhi. Wahai Tuhan kami, Engkaulah Maha Suci dan Maha Tinggi. Segala puji bagi-Mu atas segala putusan-Mu. Aku memohon ampun dan bertobat kepada-Mu".

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Ganda: Gangguan Identitas Disosiatif, Kelainan Mental?

Demikian penjelasan Ustadz Adi Hidayat untuk pertanyaan apakah sholat subuh tanpa doa qunut sah. Semoga bermanfaat!

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 Mei 2024, 07:00 WIB

8 Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Jika Anda melihat anak menunjukkan ciri-ciri stres karena sering dimarahi atau merasa lelah, penting untuk memberikan dukungan emosional dan membantu mereka mengatasi stres.
Ilustrasi - Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : unsplash.com/Chinh Le Duc)
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).