8 Manfaat Timun Untuk Tubuh, Bebaskan Kolesterol & Darah Tinggi Saat Idul Adha!

Jumat 14 Juni 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi Timun, sayuran bermanfaat untuk kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi (Sumber : Freepik.com/@8photo)

Ilustrasi Timun, sayuran bermanfaat untuk kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi (Sumber : Freepik.com/@8photo)

SUKABUMIUPDATE.com - Pada hari besar seperti Idul Adha, pasti banyak daging kurban yang diolah menjadi berbagai macam makanan enak. Hal ini membuat kita kalap dan lupa akan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi seketika.

Oleh karena itu, perlu pencegahan yang tepat agar kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa terjaga dengan baik bahkan turun, sehingga kita bisa menikmati aneka olahan daging kurban saat Idul Adha.

Tak hanya daging kurban, akan banyak masakan lain saat perayaan Idul Adha yang tentu mengancam kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Hal ini perlu diwaspadai oleh para penderitanya, agar bisa mengontrol berapa banyak yang mereka makan.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Salah satu pencegahan untuk kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi adalah mengkonsumsi sayuran seperti timun. Timun dengan kandungan air yang banyak, mengandung serat larut yang dapat membantu kolesterol dan tekanan darah stabil.

Mengutip dari laman Silva International, timun adalah sayuran sangat serbaguna yang mungkin paling dikenal karena digunakan dalam pembuatan acar, salad, saus salad, makanan lezat, sup, semur, dan makanan siap saji.

Selain banyaknya kegunaan serta rasanya yang renyah dan segar, mentimun juga kaya akan vitamin dan mineral yang menjadikannya tambahan sehat untuk diet apa pun.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

Seperti seledri dan sayuran lain dengan kandungan air tinggi, timun memiliki nilai gizi yang relatif tinggi dengan sedikit kalori. Satu cangkir mentimun mengandung 16 kalori, 1 gram protein, 2 gram karbohidrat, dan sedikit lemak.

Selain memiliki sumber nilai gizi dasar, sayuran satu ini juga mengandung senyawa fitokimia yang dikaitkan dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti flavonoid, lignan, hingga beta karoten, semuanya memiliki sifat antioksidan baik untuk tubuh.

8 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Khususnya Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

1. Menurunkan Kolesterol

Sebagian besar mentimun adalah air, tetapi sisanya sebagian besar adalah karbohidrat dalam bentuk serat makanan. Adapun serat larut ini ternyata bisa berikatan dengan kolesterol yang ada di usus kecil dan bisa menurunkan kadar kolesterol darah secara keseluruhan dengan baik.

Kolesterol yang lebih rendah itu berarti bisa lebih sedikit kemungkinan adanya penumpukan plak di bagian arteri, sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, mentimun juga mengandung silika yaitu mineral yang tampaknya juga bisa membantu mengurangi risiko pengerasan arteri.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Karena kolesterol juga bisa berdampak pada kondisi tekanan darah tinggi, maka bisa dibantu dengan timun yang merupakan sumber potasium, yang berikatan dengan natrium dalam aliran darah ketika kadar natrium turun, arteri menjadi rileks, dan tekanan darah berkurang.

Kalau tekanan darah bisa lebih rendah, maka risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung juga dapat lebih rendah.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

3. Kesehatan Tulang

Vitamin K adalah nutrisi paling berlimpah yang ada di dalam timun. Bahkan penting sekali untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Selain itu, kekurangan vitamin K telah dikaitkan dengan perkembangan osteoporosis seiring usia nanti dan lebih tinggi mengalami risiko patah tulang.

4. Kesehatan Kulit

Irisan mentimun sudah lama digunakan dalam merawat kulit agar bisa mengurangi bengkak di sekitar mata. Namun, mentimun juga dikenal sebagai pengobatan topikal yang bermanfaat dalam mengatasi nyeri di kulit akibat sengatan matahari.

Air dan ampas mentimun juga dipercaya dapat mengurangi munculnya kerutan pada kulit. Meski beberapa dari klaim ini belum banyak diteliti dalam sebuah penelitian, tetapi di dalam mentimun memang terkandung vitamin C dan A. Kedua vitamin tersebut meningkatkan produksi kolagen, senyawa utama yang digunakan tubuh untuk menjaga kulit.

5. Kesehatan Pencernaan

Timun jika tidak dikupas, merupakan sumber serat makanan baik seperti yang disebutkan. Serat juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan terutama karena pengaruhnya terhadap usus besar dan pengaturan pergerakan usus.

Mengkonsumsi serat makanan dalam jumlah yang cukup dapat menjaga keteraturan usus dan mengurangi risiko gejala seperti sembelit dan diare.

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah, Bebas Diabetes!

6. Sistem Kekebalan Tubuh

Berbagai macam vitamin, mineral, dan fitonutrien dalam mentimun semuanya dapat berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, sifat antioksidan dari banyak senyawa ini diyakini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah berkembangnya banyak penyakit.

7. Hidrasi

Ternyata mentimun mentah mengandung hampir 95% air, sehingga menjadikannya sebagai salah satu sayuran sangat baik untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Tetap terhidrasi penting agar bisa mengatur suhu tubuh, mencegah infeksi, menjaga pelumasan sendi, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

8. Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagai makanan alami rendah kalori, mentimun dapat menjadi bagian penting dari rencana penurunan berat badan apa pun. Kandungan serat dalam mentimun juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, yang merupakan masalah penting terkait menjaga berat badan tetap sehat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Juli 2024, 23:36 WIB

Jembatan 'Viral' di Sukabumi Ditutup, Pemdes Segera Bangun Jembatan Sementara

Jembatan viral di perbatasan Lengkong dan Jampangtengah Sukabumi ditutup, akan dibangun jembatan sementara.
Pemkab Sukabumi tutup jembatan viral yang menghubungkan dua desa di Lengkong dan Jampangtengah. (Sumber : SU/Ragil)
Nasional25 Juli 2024, 22:42 WIB

Kejagung Ajukan Kasasi atas Vonis Bebas Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Harli Siregar mengatakan, pengajuan kasasi ini dilakukan karena putusan PN Surabaya dinilai tidak tepat.
Gregorius Ronald Tannur saat mengikuti sidang di PN Surabaya pada Selasa 2 April 2024. (Sumber : SuaraJatim/Yuliharto Simon)
Nasional25 Juli 2024, 22:23 WIB

3 Media Lokal Gresik Sabet Media Innovation Awards 2024

Penghargaan untuk tiga media lokal Gresik Jawa Timur ini diberikan dalam acara Jatim Media Summit 2024.
Tiga media lokal Gresik Jawa Timur menyabet penghargaan Media Innovation Awards 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Juli 2024, 21:52 WIB

Bupati Sukabumi Buka Suara Terkait Tuduhan Penyalahgunaan APBD 2023

Bupati Sukabumi Marwan Hamami buka suara terkait tuduhan penyalahgunaan anggaran Rp33 Miliar di APBD 2023.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi25 Juli 2024, 21:24 WIB

LPI Desak Inspektorat Sukabumi Proses Hukum Oknum Terlibat Penyalahgunaan Bankum Desa

Puluhan massa yang tergabung dalam Laskar Pasundan Indonesia (LPI) melakukan aksi demonstrasi untuk mendesak agar kasus penyaLaporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat Kabupaten Sukabumi
Aksi unjuk rasa Laskar Pasundan Indonesia di inspektorat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Jawa Barat25 Juli 2024, 21:22 WIB

Data Sementara BPBD: Gempa M 4,1 di Kuningan Rusak 3 Rumah dan 1 Masjid

BPBD Kabupaten Kuningan mencatat terdapat sejumlah bangunan rusak terdampak gempa darat M4,1 Kamis (25/7/2024)
Sejumlah rumah dan satu unit masjid alami kerusakan akibat gempa darat M4,1 di Kuningan. (Sumber Foto: BPBD Kuningan)
Life25 Juli 2024, 21:00 WIB

Tes Ilusi Optik: Kamu Harus Temukan Kacang Tertawa di Gambar Ini Dalam Waktu 7 Detik!

Permainan ilusi optik adalah sebuah permainan yang memanfaatkan manipulasi visual untuk menciptakan efek penipuan atau persepsi yang salah pada mata dan otak kita.
Permainan ilusi optik adalah sebuah permainan yang memanfaatkan manipulasi visual untuk menciptakan efek penipuan atau persepsi yang salah pada mata dan otak kita. (Sumber : Playbuzz/Jagran Josh).
Sukabumi25 Juli 2024, 20:26 WIB

Jika Anggaran Makan Gratis Rp7.500, Pemilik Warteg Sukabumi: Cuma Nasi, Tempe Orek atau Kentang

Tanggapi isu anggaran makan bergizi gratis dipangkas, Pemilik warteg di Sukabumi bingung tawarkan menu Rp 7.500 saat harga bahan pangan naik.
Dengan uang Rp 7.500 hanya dapat nasi dan satu lauk di warteg Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sehat25 Juli 2024, 20:00 WIB

Mengenal 4 Manfaat Kesehatan Pisang Merah yang Jarang Sekali Diketahui

Pisang merah dapat dikonsumsi langsung, diolah menjadi jus, smoothie, atau dijadikan bahan kue dan roti.
Ilustrasi - Pisang merah memiliki rasa yang lebih manis dan sedikit asam dibandingkan pisang kuning biasa. (Sumber : unsplash.com/@Ovidiu Creanga).
Science25 Juli 2024, 19:54 WIB

BMKG: Gempa Darat Guncang Kuningan dan Sekitarnya Akibat Sesar Ciremai

Gempa darat berkekuatan M4,1 di Kuningan ini menurut hasil analisa BMKG akibat aktivitas sesar Ciremai.
BMKG sebut gempa darat yang mengguncang Kuningan dan sekitarnya akibat sesar Ciremai. (Sumber : Istimewa)