Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Anda Mengidap Asam Lambung

Rabu 03 April 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi Seblak - Beberapa makanan dapat membantu asam lambung dan makanan lainnya bisa memperburuk keadaan. | (Sumber : Instagram/@siswantojoevenus)

Ilustrasi Seblak - Beberapa makanan dapat membantu asam lambung dan makanan lainnya bisa memperburuk keadaan. | (Sumber : Instagram/@siswantojoevenus)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam lambung dimana kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti mulas, heartburn, dan rasa pahit di mulut. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, stres, dan obesitas.

Penderita asam lambung harus pintar memilih asupan makanan untuk menghindari gejala yang tidak nyaman. Strategi asupan makanan sangat berpengaruh dalam meredakan gejala tukak lambung, mencegah kambuhnya penyakit, dan mencegah berkembangnya di masa mendatang.

Berikut beberapa tips memilih makanan untuk penderita asam lambung:

Baca Juga: Asam Urat di Lutut: Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Menghilangkan Rasa Sakitnya

1. Buah-buahan

Buah segar atau beku apa pun yang mengandung serat dan antioksidan sangat bermanfaat. Buah beri, apel, anggur, dan delima adalah beberapa pilihan terbaik. Jika buah jeruk atau jus seperti jeruk atau grapefruit memicu refluks, maka hindarilah.

2. Sayuran

Sayuran berdaun hijau, sayuran berwarna merah cerah dan oranye, dan tanaman silangan sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan penyembuhan Anda secara keseluruhan.

Hindari paprika dan tomat pedas, atau produk yang dibuat dari keduanya jika menyebabkan refluks asam. Batasi sayuran mentah karena akan lebih sulit dicerna.

Baca Juga: Mengapa Gula Buruk untuk Penderita Asam Urat? Simak Disini Penjelasannya

3. Protein Tanpa Lemak

Unggas tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak seperti sirloin maupun tenderloin, ikan, telur, tahu, tempe, kacang kering, dan kacang polong adalah sumber protein rendah lemak yang sangat baik.

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden mengandung lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dan mungkin membantu mencegah asam lambung.

4. Produk Susu Fermentasi

Produk seperti kefir dan yogurt Yunani mengandung probiotik (bakteri bermanfaat) dan protein, jadi ini adalah pilihan yang baik untuk asam lambung.

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari, 10 Tips Ini Harus Anda Lakukan

5. Roti dan Biji-bijian

Roti gandum utuh, dan biji-bijian utuh atau pecah-pecah seperti oat, quinoa, farro, millet, atau sorgum adalah sumber serat yang baik untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

6. Rempah-rempah

Makanan panas dan pedas biasanya dihindari pada penderita asam lambung, namun tinjauan penelitian tentang makanan dan H. pylori menemukan bahwa beberapa bumbu yang ditambahkan untuk menambah rasa juga membantu membunuh bakteri.

Anda dapat dengan bebas menggunakan sebagian besar herbal dan rempah ringan karena merupakan sumber antioksidan. Pilihan terbaik adalah kunyit, kayu manis, jahe, dan bawang putih, yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

Baca Juga: Mencegah Asam Lambung Naik: 10 Tips Apa yang Harus Dihindari dan Dilakukan

Makanan yang Harus Dihindari

Alkohol: Semua alkohol mengiritasi lambung dan akan menunda penyembuhan. Hindari anggur, bir, dan minuman beralkohol.

Kafein: Kurangi atau berhenti minum kopi, teh, dan soda berkafein. Mereka dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Susu: Susu pernah digunakan untuk mengobati asam lambung, namun penelitian menemukan bahwa susu meningkatkan asam lambung. Jadi solusi yang terbaik adalah menghindarinya.

Daging tertentu: Hindari daging yang berbumbu tinggi, sosis, dan daging serta protein yang digoreng atau berlemak tinggi seperti daging domba, daging babi dan daging sapi.

Makanan tinggi lemak: Usahakan untuk menghindari lemak tambahan dalam jumlah besar, yang dapat meningkatkan asam lambung dan memicu refluks asam. Anda mungkin perlu menghindari kuah daging, sup krim, saus salad, dan gorengan yang tinggi lemak.

Makanan pedas: Pertimbangkan untuk melewatkan makanan apa pun yang "panas dan pedas", seperti cabai, seblak pedas, lada hitam, saus dan bumbu yang mengandung makanan pedas.

Makanan asin: Penelitian menunjukan bahwa makanan asin mendorong pertumbuhan H. pylori. Seperti acar, zaitun, dan sayuran lain yang diasinkan atau difermentasi mengandung banyak garam erat kaitannya dengan risiko lebih tinggi terkena tukak H. pylori .

Cokelat: Cokelat meningkatkan produksi asam lambung, dan beberapa orang menganggapnya dapat memicu gejala refluks.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video