Mengenal Kolesterol LDL: Penyebab dan Bahaya Bagi Kesehatan Jika Dibiarkan

Sabtu 30 Maret 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi -  Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena tingkat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. (Sumber : Freepik.com/@studioredcup).

Ilustrasi - Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena tingkat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. (Sumber : Freepik.com/@studioredcup).

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol LDL, atau Low-Density Lipoprotein (Lipoprotein Densitas Rendah), dikenal sebagai kolesterol jahat.  LDL berfungsi mengangkut kolesterol dari hati ke seluruh tubuh.

Apa yang membuat kolesterol LDL begitu memprihatinkan? Dan mengapa itu buruk? Jika terlalu banyak LDL dalam darah, LDL dapat menumpuk di arteri Anda. Penumpukan ini membentuk plak, yang dapat mempersempit arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengapa Kolesterol LDL Itu Buruk

Masalah utama ketika kadar LDL berlebihan adalah pembentukan plak di dinding arteri, yang menyebabkan aterosklerosis. Plak aterosklerotik ini dapat membuat dinding arteri menjadi kaku, menyempit, dan mengeras, sehingga mengalirkan darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. 

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Selain itu, plak dapat pecah, yang menyebabkan berbagai jenis sel darah bergegas menuju plak yang pecah, menempel padanya, dan menyumbat arteri secara akut. Penyumbatan akut dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke, tergantung pada arteri mana yang tersumbat.

Penyempitan atau penyumbatan aliran darah menyebabkan serangkaian kondisi kesehatan yang serius. Jika penyakit ini terjadi di arteri koroner (jantung), Anda dapat mengembangkan CAD, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

LDL yang tinggi juga dikaitkan dengan penyakit arteri lain, seperti pada PAD dan penyakit arteri karotis. Penyumbatan pada arteri karotis akibat CAD dapat menyebabkan stroke, sedangkan penyumbatan pada arteri perifer lebih mungkin menyebabkan nyeri pada lengan atau kaki.

Baca Juga: Cara Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur, 10 Tips Ini Harus Anda Lakukan!

Mengukur Kadar Kolesterol LDL

Mengingat parahnya dampak yang ditimbulkannya, tidak mengherankan jika pemeriksaan kadar LDL merupakan bagian penting dan esensial dalam evaluasi kesehatan. Ini diukur menggunakan tes darah yang disebut profil lipoprotein. Berikut rincian cara kerja penilaian: 

  • Puasa: Anda mungkin harus berpuasa selama 9 hingga 12 jam sebelum janji temu untuk mengetahui tingkat LDL yang akurat. Ini berarti menahan diri untuk tidak makan, minum minuman tertentu, atau minum obat tertentu.
  • Pengambilan sampel: Tes lipoprotein, seperti tes darah lainnya, hanya memerlukan sedikit sampel darah. Biasanya diambil dari pembuluh darah di lengan, dan yang Anda rasakan hanyalah tusukan peniti.
  • Pengukuran Berganda: Jumlah empat lipoprotein diukur: LDL, HDL, trigliserida, dan kadar kolesterol total. Lipoprotein lain seperti lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL) juga dapat diukur.

Baca Juga: Diet Asam Urat: Makanan yang Harus Dihindari dan 10 Cara Mencegahnya Agar Tidak Muncul Kembali

Rekomendasi mengenai seberapa sering Anda harus memeriksakan kadar kolesterol bervariasi berdasarkan usia dan status kesehatan Anda. Biasanya, orang dewasa di atas usia 20 tahun harus melakukan pemeriksaan setiap lima tahun sekali, dengan tes pertama dilakukan ketika anak-anak berusia 9 hingga 11 tahun. 

Pria berusia 45 hingga 65 tahun, dan wanita berusia 55 hingga 65 tahun harus menjalani pemeriksaan setiap satu hingga dua tahun. 4

Namun, pemeriksaan yang lebih sering diperlukan bagi mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung tertentu, antara lain: 

  • Genetika atau riwayat keluarga dengan gangguan jantung serta kadar kolesterol tinggi.
  • Pasien diabetes melitus mengalami peningkatan LDL dan penurunan kadar HDL.
  • Usia merupakan salah satu faktor risiko, dan orang yang lebih tua mempunyai risiko lebih besar.
  • Jenis kelamin laki-laki dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi terkena masalah jantung.
  • Merokok atau paparan asap rokok merupakan faktor risiko yang terkenal.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas juga merupakan faktor yang memerlukan pengujian lebih lanjut.
  • Riwayat medis yang memiliki kolesterol tinggi atau faktor lain juga dapat mendorong pemeriksaan. 

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Khususnya, pada pria berusia di atas 40 tahun, kadar LDL akan menjadi bagian dari persamaan yang digunakan untuk menentukan risiko terkena stroke atau serangan jantung dalam 10 tahun. 

Penyebab Kolesterol LDL Tinggi

Kolesterol LDL, atau dikenal sebagai "kolesterol jahat", dapat meningkat karena beberapa faktor, antara lain:

  1. Faktor Genetik: Faktor keturunan dapat memengaruhi cara tubuh Anda mengolah kolesterol LDL. Orang dengan riwayat keluarga kolesterol tinggi lebih berisiko memiliki kolesterol LDL tinggi.
  2. Pola Makan: Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan, daging berlemak, dan makanan olahan, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL.
  3. Kurang Olahraga: Kurang aktivitas fisik dapat menurunkan kadar kolesterol HDL ("kolesterol baik") dan meningkatkan kadar kolesterol LDL.
  4. Kelebihan Berat Badan: Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.
  5. Merokok: Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan meningkatkan kadar kolesterol LDL.
  6. Konsumsi Alkohol Berlebihan: Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.
  7. Kondisi Medis Tertentu: Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, hipotiroidisme, dan penyakit ginjal, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL.
  8. Usia dan Jenis Kelamin: Kadar kolesterol LDL umumnya meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita menopause juga cenderung memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih tinggi daripada pria.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Bahaya Kolesterol LDL Tinggi

Peningkatan kadar LDL dikaitkan dengan berbagai kondisi medis, beberapa di antaranya sangat berbahaya. Yang paling menonjol di antaranya adalah: 

  • CAD: Menyebabkan nyeri dada (angina), sesak napas, jantung berdebar-debar, peningkatan denyut jantung, pusing dan mual, berkeringat, dan kelemahan otot. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung, serta komplikasi parah dan berpotensi fatal lainnya.
  • Penyakit arteri karotis: Arteri karotis adalah arteri penting di setiap sisi leher. Jika aterosklerosis menghalangi hal tersebut, stroke dapat timbul.
  • PAD: Penyumbatan sebagian atau seluruh arteri di luar jantung, terutama di ekstremitas bawah, dapat menyebabkan pembengkakan, kelemahan otot, peradangan, dan nyeri, terutama saat aktif.
  • Serangan jantung: Oklusi arteri koroner menyebabkan otot-otot di jantung tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Kondisi yang ditandai dengan angina, kesulitan bernapas, dan gejala lainnya ini menyebabkan kematian sel pada organ ini dan merupakan keadaan darurat medis.
  • Stroke: Komplikasi umum lainnya dari LDL tinggi dan kondisi terkaitnya adalah stroke, serangan akibat kematian sel-sel otak secara cepat. Seperti masalah lainnya, hal ini terjadi karena pembekuan di arteri otak.
  • Henti jantung: Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, LDL yang tinggi, terutama jika menyebabkan CAD, dapat menyebabkan jantung Anda berhenti berdetak secara tiba-tiba. Hal ini berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Baca Juga: 8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain






Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)