Ide Makanan dan Asupan Nutrisi Terbaik dengan Diet Rendah Kolesterol

Selasa 13 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Beberapa makanan dipercaya merupakan nutrisi terbaik untuk diet rendah kolesterol. (Sumber : pexels.com/Jana Ohajdova).

Ilustrasi - Beberapa makanan dipercaya merupakan nutrisi terbaik untuk diet rendah kolesterol. (Sumber : pexels.com/Jana Ohajdova).

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol merupakan zat yang diperlukan dalam tubuh, namun jika berlebihan dapat menimbulkan efek negatif. Mengubah pola makan adalah salah satu bagian dari pengelolaan kadar kolesterol tinggi.

Melalui artikel ini akan mengulas nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda, seperti memilih lebih banyak lemak tak jenuh dan mengurangi lemak jenuh dan lemak trans. 

Selain itu, contoh rencana makan yang menyehatkan jantung juga diberikan bersama dengan tips menghemat anggaran dan waktu untuk mengikuti diet guna menurunkan kolesterol Anda.

Baca Juga: Buah Pir: Nutrisi dan Sederet Manfaat Kesehatan Apabila Dikonsumsi

Nutrisi Sehat pada Diet Rendah Kolesterol 

Diet rendah kolesterol adalah pola makan yang dirancang untuk menurunkan kolesterol yang tidak selalu berfokus pada jumlah kolesterol makanan yang Anda makan. Kolesterol makanan sebelumnya dianggap secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol darah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini mungkin tidak memberikan pengaruh sebanyak yang diperkirakan. 

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang ditemukan dalam aliran darah dan sel-sel dalam tubuh. Kolesterol adalah bagian penting dari tubuh, membantu membuat hormon, sel, dan vitamin. Namun, terlalu banyak dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. 

Namun, daripada hanya berfokus pada pembatasan kolesterol makanan, menambahkan makanan ke dalam diet Anda yang bermanfaat bagi kesehatan jantung adalah cara yang baik untuk menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung secara keseluruhan. 

Baca Juga: Kacang Polong: Nutrisi dan 7 Manfaat Kesehatan untuk Kesehatan

Pola makan ini sebagian besar didasarkan pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian, sumber protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan minyak nabati cair.

Berikut adalah beberapa makanan sehat jantung yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda, dikutip dari verywellhealth.

  • Ikan berlemak  seperti salmon, tuna albacore yang kaya akan asam lemak omega-3 American Heart Association merekomendasikan makan dua (3 ons) porsi ikan per minggu untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 

  • Oat dan barley kaya akan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Satu porsi oatmeal untuk sarapan saja mengandung 4 gram serat makanan.

 

  • Kacang adalah sumber serat larut lainnya kacang Hitam, kacang ginjal, kacang garbanzo, dan varietas lainnya, semuanya merupakan tambahan yang menyehatkan jantung untuk diet Anda.

 

  • Kacang-kacangan seperti almond, pecan, walnut, dan lainnya mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Kacang kenari, khususnya, mengandung ALA ( alpha-linolenicacid), jenis lemak omega-3 lain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

 

  • Biji-bijian termasuk biji rami dan biji chia, kaya akan nutrisi seperti serat dan lemak ALA omega-3. Biji bergizi lainnya termasuk bunga matahari, rami, labu, dan biji wijen.

 

  • Alpukat mengandung banyak nutrisi, termasuk serat makanan yang menyehatkan jantung dan lemak tak jenuh tunggal. Sebuah studi pada tahun 2022 menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi alpukat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsinya.

 

  • Minyak zaitun telah banyak diteliti pengaruhnya terhadap kesehatan jantung, karena minyak zaitun merupakan komponen utama dalam pola makan Mediterania. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

 

  • Buah beri seperti raspberry, blackberry, blueberry, dan stroberi, mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Buah beri juga mengandung polifenol , yang merupakan senyawa tumbuhan bermanfaat dengan sifat antioksidan.

 

  • Apel juga kaya akan pektin. Sebuah studi tahun 2020 menyimpulkan bahwa makan dua buah apel setiap hari meningkatkan kadar kolesterol total dan LDL. 

 

  • Lentil adalah sumber serat yang baik, terutama serat larut, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, kacang lentil dan kacang-kacangan lainnya merupakan sumber protein nabati, yang merupakan makanan pengganti daging yang tinggi lemak jenuhnya yang kurang sehat.

 

  • Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan brokoli mengandung serat, polifenol, dan antioksidan. Secara khusus, lutein, karotenoid dan antioksidan yang ditemukan dalam banyak sayuran berdaun hijau, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

 

  • Okra dan terong kaya akan serat makanan dan kaya akan pektin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

 

  • Makanan kedelai , seperti susu kedelai, yogurt kedelai, tahu, tempe, dan edamame, merupakan sumber protein nabati yang sangat baik dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Meta-analisis tahun 2019 terhadap 46 penelitian menyimpulkan bahwa makanan kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. 

 

  • Cokelat hitam mengandung flavonoid, senyawa tumbuhan alami dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Flavonoid yang ditemukan dalam kakao telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

 

Ide Makanan Diet Rendah Kolesterol

Di bawah ini adalah contoh ide sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan untuk dimakan saat mencoba menurunkan kolesterol.

 

Sarapan

  • Oatmeal atasnya dengan irisan pisang dan kenari cincang
  • Alpukat dan telur rebus dengan roti panggang gandum utuh 100%.
  • Orak-arik telur dengan tomat potong dadu, jamur, bawang bombay, dan paprika, serta roti panggang gandum sebagai pendampingnya

 

Makan siang

  • Salad tuna dibuat dengan yogurt Yunani tanpa rasa di atas campuran sayuran berdaun hijau, dengan buah beri segar di sampingnya
  • Ayam panggang dicampur dengan sayuran hijau, tomat cincang, mentimun, kacang garbanzo.
  • Burger kacang hitam dengan roti gandum utuh dengan salad sampingan dan buah segar

 

Makan malam

  • Salmon panggang dengan tambahan asparagus dan nasi merah
  • Dada ayam panggang dan brokoli dengan ubi panggang
  • Steak sirloin panggang dengan kacang hijau kukus dan kentang merah panggang

 

Makanan ringan

  • Apel dan mentega almond alami
  • Parfait yogurt Yunani dengan buah beri segar dan kacang cincang
  • Wortel cincang dan seledri dengan hummus
  • Kerupuk gandum utuh dan keju mozzarella bagian skim
  • Kacang campur tanpa garam dengan buah kering tanpa pemanis

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 18:23 WIB

Jelang Pilkada Kota Sukabumi, Bagus Pekik Diam-diam Bertemu Achmad Fahmi

Bagus Pekik diam-diam melakukan pertemuan dengan mantan Wali Kota Achmad Fahmi di salah satu cafe di Kota Sukabumi.
Diam-diam Bagus Pekik bertemu Achmad Fahmi jelang Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life09 Mei 2024, 18:00 WIB

Menemukan Cinta Sejati: 5 Doa Minta Jodoh Terbaik yang Bisa Diamalkan

Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT.
Ilustrasi. Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT. | Foto: Pixabay
Sehat09 Mei 2024, 17:30 WIB

Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik!

Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari.
Ilustrasi. Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari. | Foto: Pexels/cottonbro studio
Musik09 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback!

Resmi Comeback! Lagu Maestro merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album terbaru Seventeen berjudul “17 IS RIGHT HERE” yang dirilis 29 April 2024 lalu.
Video Klip Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback. Sumber:  pledis.co.kr/@SEVENTEEN
Sukabumi09 Mei 2024, 16:45 WIB

Serunya Lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Sukabumi

Mengisi liburan panjang sejumlah warga Kota Sukabumi mengikuti perlombaan makan kue Milk Bun raksasa. Diketahui, kue Milk Bun saat ini tengah viral di media sosial.
Suasana keseruan lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Bakery and Cakes di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi, Kamis (9/5/2024) | Foto : Farrah