Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Kamis 28 Maret 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Refluks asam terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini dapat menimbulkan sensasi terbakar di dada yang biasa disebut mulas .

Sakit maag dan refluks bisa menjadi masalah yang terjadi sesekali atau masalah kronis dan berkelanjutan. Refluks yang sering terjadi dalam jangka waktu lama mengiritasi lapisan esofagus, menyebabkan penyakit refluks gastroesofageal (GERD). 

Berikut ini akan membahas cara menghilangkan asam refluks atau asam lambung dan memberikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan asam lambung.

Baca Juga: Cara Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur, 10 Tips Ini Harus Anda Lakukan!

Apa Penyebab Refluks?

Refluks terjadi ketika asam lambung atau isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan mulas. Sakit maag umumnya merupakan masalah yang bisa diobati. 

Seringkali, orang dapat mengatasi gejalanya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Selain itu, obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu mengurangi gejala.

Beberapa orang memerlukan pengobatan yang lebih kuat atau bahkan prosedur pembedahan untuk mengatasi sakit maag kronis.

Baca Juga: Asam Urat Tak Lagi Menghantui: 13 Tips Mencegahnya dengan Cara-cara Alami

Untuk menyesuaikan gaya hidup Anda guna mencegah refluks, gunakan "The Rule of Fours": empat poin penting yang harus diikuti sepanjang hari, selama makan, dan setelah makan, sebagaimana dikutip dari verrywellhealth. 

Empat Hal yang Harus Dilakukan Sepanjang Hari

  • Tetap aktif: Cobalah untuk tetap pada rutinitas olahraga. Meskipun mungkin sulit untuk mengatur waktu berolahraga, hal ini sangat bermanfaat. Penurunan berat badan mengurangi gejala refluks.
  • Jangan merokok:  Penyebab utama refluks adalah kelemahan otot di perut dan kerongkongan. Nikotin dapat menyebabkan kelemahan ini. Cobalah untuk menghindari perokok pasif di pesta dan acara lainnya jika memungkinkan.
  • Jangan makan larut malam:  Ini mungkin sulit dilakukan jika Anda suka begadang atau menghadiri pertemuan sosial yang berlangsung hingga larut malam, namun cobalah menghindari makanan berat setelah makan malam dan memilih camilan kecil dan ringan.
  • Batasi asupan alkohol Anda:  Baik itu segelas anggur saat makan malam atau bir setelah bekerja, alkohol apa pun dapat memperburuk refluks.

Baca Juga: Mengenal Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan 11 Cara untuk Mencegahnya

Empat Hal yang Harus Dilakukan Saat Makan

  • Hindari makanan berlemak:  Makanan seperti keripik, saus celup, keju, dan makanan yang digoreng memperlambat waktu pengosongan perut Anda. Hal ini memungkinkan lebih banyak asam dan isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan , menyebabkan mulas.
  • Hidrasi dengan air:  Minumlah air putih sebagai pengganti soda atau jus seperti jeruk bali, jeruk, dan tomat. Minuman jenis ini menyebabkan kelebihan asam pada lambung Anda.
  • Bumbui dengan ringan:  Makanan pedas dan makanan seperti bawang merah dan bawang putih sering kali mengganggu penderita GERD dan memperburuk sakit maag.
  • Gunakan piring yang lebih kecil:  Makan dalam porsi besar dapat memicu gejala, jadi cobalah makan dalam porsi kecil sepanjang hari.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Empat Hal yang Harus Dilakukan Setelah Makan

  • Batasi kopi dan makanan penutup:  Cokelat dan kafein mungkin menjadi favorit, tetapi seringkali memicu gejala.
  • Bersantai:  Aktivitas fisik setelah makan dapat menyebabkan refluks.
  • Hindari konsumsi mint setelah makan malam:  Peppermint juga merupakan salah satu penyebab sakit maag.
  • Tetap terjaga:  Makan makanan lezat mungkin membuat Anda mengantuk, tapi lawan keinginan untuk tidur siang. Berbaring dalam waktu tiga jam setelah makan dapat menyebabkan gejala naiknya asam lambung kambuh.

 

Dengan perubahan kecil ini, Anda dapat membantu mengatasi sakit maag meskipun Anda menderita GERD. Ingatlah The Rule of Fours, dan Anda akan mengurangi atau bahkan menghilangkan asam lambung Anda.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life27 April 2024, 16:30 WIB

7 Ciri-ciri Orang Baperan di Sekitar Kita, Jangan-jangan Kamu Termasuk?

Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya.
Ilustrasi - Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya. (Sumber : Pexels/Liza Summer).
Nasional27 April 2024, 16:22 WIB

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.
Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).
Produk27 April 2024, 15:54 WIB

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia Ditarik Gegara Kandungan Plastik, Ini Kata BPOM

Noorman memastikan tidak ada produk Magnum Almond yang masuk ke Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Unilever Plc menarik produk es krim Magnum di Inggris dan Irlandia. | Foto: Pexels
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).