Paradoxical Undressing, Pendaki Gunung Wajib Tahu Fenomena Ini

Kamis 15 Juni 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Paradoxical Undressing merupakan kondisi berbahaya yang harus segera mendapatkan pertolongan medis (Sumber : Freepik @rawpixel.com)

Ilustrasi. Paradoxical Undressing merupakan kondisi berbahaya yang harus segera mendapatkan pertolongan medis (Sumber : Freepik @rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Paradoxical Undressing adalah fenomena pada beberapa kasus hipotermia berat dimana ketika seseorang mengalami kedinginan yang ekstrem, suhu tubuhnya turun ke tingkat yang sangat rendah.

Menurut laman livescience.com, disebut Paradoxical Undressing karena fenomena ini mengacu pada perilaku berlawanan dengan intuisi untuk melepas pakaian meskipun dalam cuaca dingin.

Dalam kasus hipotermia berat, suhu inti tubuh turun di bawah ambang batas tertentu, menyebabkan gangguan penilaian, kebingungan, dan disorientasi.

Keadaan mental ini dapat menyebabkan individu yang terkena percaya bahwa mereka benar-benar kepanasan atau mengalami sensasi kehangatan yang intens, membuat mereka melepaskan pakaian.

Baca Juga: Bahaya! 5 Jalur Ilegal Pendakian Gunung Gede Pangrango di Sukabumi

Alasan pasti di balik membuka Paradoxical Undressing tidak sepenuhnya dipahami, tetapi ada beberapa teori yang mencoba menjelaskannya. Satu teori menunjukkan bahwa pembuluh darah di dekat permukaan kulit bisa melebar, memberikan sensasi hangat.

Teori lain mengusulkan bahwa dingin dapat mengganggu kemampuan otak untuk mengatur suhu tubuh dengan baik, menyebabkan persepsi yang menyimpang dari panas tubuh sendiri.

Paradoxical Undressing bisa berbahaya karena melepas pakaian meningkatkan risiko kehilangan panas yang dipercepat dan memperburuk efek hipotermia. Ini juga dapat mempersulit penyelamat untuk mengidentifikasi dan memberikan bantuan yang tepat kepada individu tersebut.

Baca Juga: Sang Garuda Muda, Anak Elang Jawa Lahir di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Pertolongan Pertama Paradoxical Undressing

Mengatasi paradoxical undressing membutuhkan perhatian medis segera. Namun, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi ini

  1. Pindahkan individu ke tempat yang hangat: Bawa orang yang mengalami hipotermia parah ke tempat yang hangat segera. Jauhkan mereka dari lingkungan yang dingin atau angin.
  2. Bantu mereka mengenakan pakaian hangat: Jika orang tersebut masih sadar dan mampu bergerak, bantu mereka mengenakan pakaian yang dapat membantu mempertahankan panas tubuh, seperti lapisan tambahan pakaian, jaket, topi, sarung tangan, dan kaus kaki hangat.
  3. Jika memungkinkan, berikan sumber panas tambahan, seperti selimut hangat atau benda-benda yang dipanaskan, untuk membantu meningkatkan suhu tubuh secara perlahan.
  4. Hindari memberikan alkohol kepada individu yang mengalami hipotermia parah. Minuman beralkohol dapat memperburuk hipotermia dengan memperluas pembuluh darah dan meningkatkan kehilangan panas tubuh.
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)