7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

Selasa 06 Juni 2023, 00:11 WIB
Cerita mistik atau mitos Gunda Sunda Cisaat Sukabumi | Foto : Youtube Akustik Cocer

Cerita mistik atau mitos Gunda Sunda Cisaat Sukabumi | Foto : Youtube Akustik Cocer

SUKABUMIUPDATE.com - Di Sukabumi Jawa Barat terdapat sebuah gunung bernama Gunung Sunda. Gunung yang berbentuk bukit atau perbukitan dengan ketinggian 600-700 mdpl tersebut tepatnya berada di Desa Padaasih Kecamatan Cisaat.

Gunung (perbukitan) yang terbentuk dari batuan pasir kuarsa dengan kemiringan lereng lebih dari 40% dan memiliki luas -+150 ha itu menjadi daerah resapan air dan sumber mata air bagi beberapa perkampungan yang mengelilingi Gunung tersebut dibawahannya.

Gerbang utama menuju Gunung ini berada di Kampung Jambelaer, sekitar 3 km dari Polsek Cisaat. Untuk menaiki ke arah Puncak Gunung Sunda diperlukan waktu rata-rata 10 menit.

Baca Juga: Batu Buruy, Daya Tarik Gunung Sunda Sukabumi yang Menyimpan Cerita Mistis

Dari Puncak Gunung Sunda di sebelah utara nampak terlihat jelas Gunung Gede Pangrango tanpa halangan sedikitpun serta hamparan permukiman warga yang memesona. Sehingga menarik untuk dikunjungi sebagai alternatif wisata alam.

Namun dibalik keunikan dan keindahan panorama yang disuguhkan Gunung Sunda, terdapat banyak cerita mitos yang dipercayai oleh warga setempat. Berikut adalah cerita-cerita mitos atau cerita mistik yang beredar dari mulut ke mulut tentang mitos Gunung Sunda yang berhasil dirangkum sukabumiupdate.com dari wawancara dengan warga Cisaat Ujang Supriatna atau Bah Raksa dan Ki Ingsun Alam Kalam, Selasa (06/06/2023) :

Baca Juga: Hutama Karya Ajukan PMN untuk Penyelesaian Tol Bocimi Sukabumi

1. Tempat Persembunyian

Gunung Sunda memiliki nama lain yaitu Gunung Kerud atau Gunung Tunda (taruh/simpan). Katanya, tujuan penamaan lain dari Gunung Sunda tersebut konon karena dilokasi tersebut pada zaman dahulu merupakan tempat persembunyian. Sehingga lokasi keberadaan Gunung Sunda disamarkan.

2. Benda Pusaka

Terdapat juga cerita, tujuan penamaan lain dari Gunung Sunda dengan Gunung Tunda supaya tidak diketahui tersimpannya barang pusaka. Sebab, konon, jika barang pusaka diketahui keberadaanya, maka orang yang menemukannya akan menjadi kaya raya atau menjadi penguasa, maka dari itu orang tua jaman dahulu sengaja mengganti nama gunung sunda ini menjadi Gunung Kerud atau Gunung Tunda.

3. Goa Penyimpangan Benda Pusaka dan Terhubung ke Goa Kutamaneuh

Di sekitar Gunung Sunda terdapat sebuah Goa. Konon di goa itu merupakan tempat penyimpanan peralatan senjata perang laskar Pajajaran. Dan sering kali ada penampakan berupa ‘maung’ atau macan.

Baca Juga: Cerita Mistis Terowongan Lampegan Cianjur, Nyi Sadea Hingga Kakek Bongkok

Cerita lainnya, Goa yang nampak besar dari luar namun kedalamnya menyempit itu konon tembus dan terhubung dengan Goa Kutamaneuh di Gunungguruh dan Goa Sarongge di Cicantayan.

4. Persinggahan Prabu Siliangi dan Penampakan Kereta Kencana

Sebagian orang masih mengeramatkan dan mempercayai Gunung Sunda tempat persinggahan Prabu Siliwangi dan para pengawalnya. Pengabdi Prabu Siliwangi itu dipercaya menjadi penghuni goa dan Gunung Sunda, sewaktu-waktu menampakkan berupa macan hitam bergaris merah yang disebut Maung Lodaya.

Di sekitar lokasi Gunung Suna ini, konon kerap adanya penampakan hal gaib yakni berupa kereta kencana yang dipercayai berasal dari Kerajaan Pajajaran.

Batu Buruy Gunung Sunda | Foto : IstBatu Buruy Gunung Sunda | Foto : Ist

5. Batu Buruy

Di sekitar Gunung Sunda terdapat beberapa batu purba. Diantaranya; Batu Buruy, Batu Lulumpang, Batu Kasur dan Batu Bilik. Di sebut Batu Buruy karena batu tersebut menyerupai bentuk buruy (kecebong), dan terdapat sebuah lobang yang selalu terisi air dan didalanya hidup binatang buruy atau kecebong. Menurut cerita, air yang ada dalam lobang di batu buruy itu tudak pernah kering walaupun lama tidak ada hujan. Batu buruy sendiri berada di sisi sebelah barat  tidak jauh dari puncak gunung sunda.

6. Pertapaan Para Jawara

Konon, di Batu Buruy tersebut sering dikunjungi dan dijadikan pertapaan oleh para jawara yang hendak menaikan ilmu kanuragan atau kesaktian. Menurut cerita Ujang Supriatna, pernah ada seorang jawara yang bertapa sampai 100 hari di Gunung Sunda untuk menaikan ilmu kesaktiannya.

Baca Juga: Deretan Misteri Gunung Gede Pangrango, Hulu Wano na Pakuan

7. Pesantren Gaib

Konon di sekitar batu buruy terdapat pesantren gaib yang di pimpin oleh Eyang Haji Raden Suryakencana dengan para santrinya dari bangsa Jin. Singga konon, para jawara yang hendak menaikan ilmu kesaktian harus ikut dipesantren gaib tersebut.

Sebagai informasi. Dalam beberapa tahun belakangan, Gunung Sunda sempat dikelola oleh suatu komunitas pecinta pariwisata dan ramai dikunjungi banyak wisatawan. Namun tidak berlangsung lama, kekinian Gunung Sunda menjadi bukit yang kembali tidak terawat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Peristiwa

Gunung Sunda Sukabumi Terbakar

Sabtu 18 Agustus 2018, 07:39 WIB
Gunung Sunda Sukabumi Terbakar
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:35 WIB

DPRD Kecam Kasus Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Dugaan penelantaran terjadi saat petugas kesehatan mengantar Ayu ke RSUD Jampangkulon menggunakan ambulans karena akan melahirkan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih20 April 2024, 22:17 WIB

Setelah Demokrat, Deden Deni Wahyudin Daftar Maju Pilkada Sukabumi Lewat PAN

Deden mengatakan keikutksertaannya dalam proses penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati Sukabumi melalui partai politik merupakan ikhtiar menjemput amanah memajukan Kabupaten Sukabumi.
Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin mendaftar ke PAN, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:08 WIB

Ingatkan Soal Kesehatan, DPRD Tanggapi Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tes lari bersama peserta lain di Lapang Cangehgar.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber