Bahaya! 5 Jalur Ilegal Pendakian Gunung Gede Pangrango di Sukabumi

Senin 29 Mei 2023, 20:30 WIB
Pasir Datar. Inilah beberapa jalur pendakian ilegal Gunung Gede Pangrango yang ada di Sukabumi | Foto: Instagram/@deimran16

Pasir Datar. Inilah beberapa jalur pendakian ilegal Gunung Gede Pangrango yang ada di Sukabumi | Foto: Instagram/@deimran16

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu gunung populer di Jawa Barat bahkan di Pulau Jawa. Hampir setiap akhir pekan dan hari libur salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini didatangi banyak pendaki.

Ada tiga jalur resmi pendakian Gunung Gede Pangrango yang menjadi pintu masuk ke gunung tersebut yaitu jalur Selabintana di Sukabumi, jalur Cibodas dan Gunung Putri di Cianjur.

Namun, selain tiga jalur resmi tersebut, ada pula jalur pendakian ilegal di sekeliling kaki Gunung Gede Pangrango tak terkecuali di Sukabumi.

Baca Juga: Cara Atasi Hipotermia saat di Gunung, Pendaki Wajib Tahu

Jalur tersebut ditutup lantaran memiliki trek yang berbahaya sehingga bisa membahayakan keselamatan para pendaki sehingga jalur-jalur ini dilarang keras dilalui.

Lalu jalur mana saja yang menjadi jalur ilegal pendakian Gunung Gede Pangrango di Sukabumi dan terlarang untuk dilewati? berikut ulasannya melansir dari GPviaputri.

1. Jalur Pasir Datar

Jalur pendakian ini terletak di kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Jalur Pasir datar merupakan salah satu jalur paling ekstrim.

Baca Juga: Deretan Misteri Gunung Gede Pangrango, Hulu Wano na Pakuan

Jalur ini tidak memiliki arah yang jelas dan memiliki sangat banyak cabang jalan yang mengarah pada persimpangan jalur pendakian lainnya hingga tembus ke Mandalawangi.

Kondisi medan yang ekstrim sudah banyak memakan korban, mulai dari tersesat bahkan hingga kehilangan nyawa.

2. Jalur Lembah Ciheulang

Sama halnya dengan jalur Pasir Datar, jalur ini termasuk salah satu jalur yang paling berbahaya, pendaki harus mengarungi sungai diantara rimbunnya pepohonan hutan kaki Gunung Gede.

Baca Juga: 6 Cerita Misteri Gunung Salak, Mitos Kerajaan Gaib Hingga Kerap Telan Korban Jiwa

Letak jalur ini berada diantara Pasir Datar arah timur dan Gunung Masigit Situ Gunung. Meski memiliki pengetahuan navigasi yang baik, jalur ini tetap sangat menantang, maka siap-siap tersesat apabila memaksakan melewati jalur ini.

3. Jalur Situ Gunung

Berada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, jalur ini sering dijadikan jalan tembus untuk mencapai puncak Gunung Gede oleh para pendaki nakal.

Baca Juga: Berkemah Sambil Menikmati Dinginnya Udara Pegunungan di Pondok Halimun Sukabumi

Jalur ini bisa terhubung dengan jalur Gunung Masigit dan jalur Pasir Pogor yang tidak lain jalur Pasir Datar, Lembah Ciheulang yang bisa langsung tembus menuju Mandalawangi.

4. Jalur Perbawati

Jalur pendakian satu ini letaknya tidak jauh dari pintu masuk Resort Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana yang terletak di Sukabumi, yakni sekitar dua kilometer.

Namun, biasanya pendaki nakal kerap memanfaatkan jalur ini sebagai jalan pintas menuju Gunung Gede agar terhindar dari Resort Selabintana. Jalur ini terletak di desa Purbawati, Sukabumi.

Baca Juga: Namanya Wahyu, Macan Tutul yang Dilepaskan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

5. Jalur Bodogol Lido

Bodogol Lido merupakan salah satu wilayah Resort Bodogol, Sukabumi, yang termasuk dalam lingkup Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Jalur pendakian Bodogol terletak di daerah Barat Daya. Hanya Pengelola dan Peneliti yang diperbolehkan menggunakan jalur tersebut untuk kegiatan Konservasi dan Ekspedisi Penelitian Kawasan TNGGP.

Jalur ini menembus jalur Pasir Pangrango dan langsung menembus Mandalawangi dan terdapat jalan bercabang menuju Jalur Ciheulang dan Pasir Datar.

Baca Juga: Manjakan Pengunjung, 4 Wahana Wisata Baru di Situ Gunung Sukabumi Resmi Diluncurkan

Itulah beberapa jalur pendakian ilegal Gunung Gede Pangrango yang terlarang untuk dilalui karena memiliki medan ekstrim sehingga dapat membahayakan keselamatan pendaki.

Sebenarnya selain lima jalur tersebut juga terdapat “jalan tikus” lain menuju ke puncak Gunung Gede seperti di daerah Goalpara dan Nagrak.

Jalur-jalur ini menjadi berbahaya karena tidak memiliki arah jalan yang jelas, banyaknya persimpangan jalan yang memungkinkan siapa saja yang nekat melewatinya menjadi tersesat di tengah lebatnya hutan Gunung Gede Pangrango.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)