Fakta Dermaga Pasir Besi dan Tenggelamnya Remaja di Laut Tegalbuleud Sukabumi

Selasa 22 Agustus 2023, 11:22 WIB
Dermaga bekas tambang pasir besi di Pantai Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Senin, 21 Agustus 2023. | Foto: SU/Ragil Gilang

Dermaga bekas tambang pasir besi di Pantai Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Senin, 21 Agustus 2023. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Tenggelamnya remaja laki-laki berinisial PR (19 tahun) di laut Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, membuat fakta-fakta di sekitar lokasi kejadian mengemuka untuk dibahas. Salah satunya soal keberadaan dermaga tempat bersandar perahu yang mengangkut pasir besi hasil penambangan.

PR merupakan warga Kampung Cibeureum RT 12/04 Desa Buniasih yang tenggelam di laut Buniasih pada Minggu, 20 Agustus 2023. PR diduga melompat dari atas dermaga saat membuat konten bersama beberapa temannya. Diketahui, dermaga ini pernah digunakan perusahaan tambang pasir besi yakni PT Sumber Besi Prima (SBP).

PT SBP berlokasi di Desa Buniasih, bersama PT Sumber Suryadaya Prima (SSP). Selain itu, ada dua perusahaan lain yang juga melakukan penambangan pasir besi di Kecamatan Tegalbuleud, tepatnya Desa Tegalbuleud yakni Perusahaan Umum Daerah Aneka Tambang dan Energi (Perumda ATE) dan PT Mehad Interbuana.

Baca Juga: Korban Sempat Mainkan Ular, Cerita Dibalik Tenggelamnya Warga Tegalbuleud Sukabumi

Kepala Desa Buniasih, Badrudin, mengatakan PT SBP dan PT SSP berdiri di desanya pada 2008. Namun kedua perusahaan ini sudah tidak aktif melakukan penambangan sejak 2017. Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, Perumda ATE dan PT Mehad Interbuana beroperasi mulai 2012 hingga 2014.

"Salah satu bekas (infrastruktur tambang) yang masih dimanfaatkan warga atau nelayan adalah dermaga besi sepanjang 700 meter dengan lebar 6 meter, tapi sudah berkarat. Bahkan di tengah dermaga mendekati ujung sudah ada yang putus," kata dia pada Selasa (22/8/2023).

Selain digunakan sebagai tempat bersandar perahu nelayan, dermaga tersebut juga kini kerap dijadikan spot memancing dan banyak dikunjungi wisatawan, terutama dari wilayah sekitar. Sementara dulu, kata Badrudin, dermaga ini menjadi lokasi pengangkutan hasil tambang pasir besi melalui jalur laut menggunakan perahu tongkang.

Pantauan di lokasi, alas dermaga yang terbuat dari besi sudah berkarat serta ditambal bambu dan kayu pada beberapa bagian. Tak jauh dari dermaga, tampak gundukan pasir besi, bangunan kantor, dan sarana produksi tambang pasir besi yang sudah tidak beroperasi.

Sampai hari kedua pencarian atau Senin, 21 Agustus 2022, PR masih belum ditemukan. Pencarian terkendala air laut pasang dan kembali dilanjutkan hari ini. Pencarian kembali dilakukan Selasa ini mulai pukul 08.00 WIB oleh tim SAR gabungan yang dibagi dua regu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)
Sukabumi27 Februari 2024, 17:27 WIB

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).
Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari