Kenali Ciri Gangguannya! Olahraga dan 6 Cara Perbaiki Sirkulasi Darah Secara Alami

Minggu 06 Desember 2020, 04:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  Sirkulasi darah yang tepat memberikan nutrisi dan oksigen ke semua organ dan jaringan. Bagaimana cara menjaganya tetap berfungsi dengan baik, dan membantu pembuangan limbah dari jaringan, karena jika sirkulasi mati, dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Dikutip dari tempo.co, "Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan perbaikan jaringan yang tidak optimal, karena penurunan ketersediaan nutrisi dan oksigen," kata Kate Denniston, ND, seorang dokter naturopati berlisensi di klinik Kesehatan Integratif Los Angeles, Amerika Serikat. "Dalam kasus terburuk, ini dapat menyebabkan kerusakan sel pada saraf, pembuluh darah, kulit, dan organ lainnya." Dengan kata lain, peredaran darah sangatlah penting.

Berbagai hal dapat memengaruhi sirkulasi darah: kesehatan pembuluh darah, tekanan darah, fungsi tiroid, hidrasi, kesehatan jantung, olahraga, dan kekentalan darah. Dr. Denniston mencatat bahwa tanda-tanda sirkulasi darah yang buruk dapat mencakup nyeri kaki setelah berjalan, tangan dan kaki dingin, ujung jari putih, varises, penyembuhan luka yang lambat, mati rasa, kesemutan, bibir biru, dan kelelahan. 

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda dan gejala ini, ikuti beberapa tips yang disetujui dokter tentang cara meningkatkan sirkulasi darah secara alami.

Cara meningkatkan sirkulasi darah secara alami

1. Pahami alasannya

Sebelum melakukan perubahan gaya hidup untuk meningkatkan sirkulasi darah secara alami, penting untuk mengidentifikasi penyebab aliran yang lambat. Sistem peredaran darah yang mengontrol fungsi aliran darah memiliki tiga komponen utama: arteri, vena, dan sistem limfatik. “Jika salah satu dari komponen ini mengalami gangguan, akibatnya adalah sirkulasi darah yang buruk,” kata Alissa Brotman O'Neill, DO, seorang ahli bedah vaskular bersertifikat di Pusat Spesialis Vena, seperti dilansir dari laman Well and Good. Langkah pertama adalah membedakan mana yang terpengaruh, yang berarti Anda harus mengunjungi dokter perawatan primer Anda untuk menentukan tindakan terbaik.

2. Gerakkan tubuhmu

Cara tercepat untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah dengan olahraga. Darah Anda akan segera mengalir, plus Anda akan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam jangka panjang. "Olahraga memungkinkan katup vena untuk memompa darah ke atas kembali ke jantung dan menjaga sirkulasi tetap berjalan," kata Dr. Denniston. "Ini juga mendorong pertumbuhan pembentukan pembuluh darah baru ketika pembuluh darah saat ini mengalami penyumbatan dari penumpukan plak." Latihannya juga tidak harus intens. Bahkan berjalan-jalan saja akan membantu.

3. Makan produk berwarna-warni

Makanan dengan banyak warna dapat membantu sirkulasi, berkat flavonoid — sekelompok fitonutrien yang bertanggung jawab memberi warna cerah pada tanaman. Lebih khusus lagi, cobalah makan antosianin, kelompok flavonoid kaya antioksidan yang membantu melindungi lapisan pembuluh darah. “Makan makanan kaya flavonoid seperti buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah memperkuat integritas dinding pembuluh darah dan meredakan peradangan yang dapat merusak lapisan pembuluh darah,” kata Dr. Denniston.

Lebih lanjut, dia menambahkan, “makanan seperti biji delima dan bit meningkatkan senyawa dalam darah yang disebut oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah untuk memungkinkan lebih banyak aliran darah,” kata Dr. Denniston. "Nitrit oksida dalam makanan ini juga membantu menjaga dinding pembuluh darah tetap sehat dan halus." Isi Instacart Anda dengan makanan seperti beri, kubis ungu, dan ubi ungu.

3. Kenakan stoking kompresi

Jika salah satu gejala sirkulasi darah yang buruk adalah varises, Dr. Brotman O’Neill merekomendasikan untuk memakai stoking kompresi. Namun, jika Anda tidak melihat peningkatan dengan memakainya, konsultasikan dengan dokter Anda.

4. Terus bergerak

Semakin banyak Anda berdiri, semakin sedikit darah yang mengalir. “Berdiri untuk waktu yang lama menyebabkan darah menggenang di kaki bagian bawah, yang menambah tekanan pada pembuluh darah kaki dan mengganggu integritas strukturalnya,” kata Dr. Denniston. "Berjalan memungkinkan katup vena memompa darah ke atas kembali ke jantung dan menjaga sirkulasi tetap berjalan." Sama halnya dengan duduk terlalu lama. Coba lakukan senam kaki agar darah kembali mengalir.

5. Pertimbangkan herbal dan suplemen

Herbal dan rempah-rempah telah digunakan selama ratusan tahun untuk meningkatkan aliran darah, tetapi pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter Anda terlebih dahulu untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya. Dr. Denniston merekomendasikan herba seperti pegagan, ginkgo biloba, dan abu berduri serta rempah-rempah seperti jahe, cabai, dan rosemary yang dapat digunakan dalam makanan atau teh. Khusus untuk varises, dia menyarankan tanaman herbal seperti kastanye kuda dan sapu daging.

Jika Anda terbuka untuk melengkapi diet Anda, Dr. Denniston merekomendasikan cabai rawit dan ginkgo biloba — keduanya perangsang peredaran darah. "Cayenne membantu menstimulasi aliran darah dan ginkgo biloba meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan pembuluh darah, memungkinkan lebih banyak darah untuk melewatinya," kata Dr. Denniston. Satu lagi untuk dipikirkan? Hawthorn berry, karena membantu menormalkan tekanan darah dan fungsi jantung, mencegah pembentukan plak di arteri, dan meningkatkan integritas pembuluh darah.

6. Ketahui kapan saatnya ke dokter

Meski ada cara untuk meningkatkan peredaran darah secara alami, tanda-tanda sudah waktunya ke dokter antara lain varises yang menyakitkan, edema (alias bengkak), nyeri kaki saat berjalan, dan luka di kaki. Nyeri dada? Segera ke UGD, Dr. Brotman O’Neill mengatakan penyakit vaskular yang tidak diobati dapat datang dengan efek samping yang serius seperti serangan jantung, stroke, dan iskemia tungkai (atau penyumbatan arteri yang parah). Jadi buatlah darah itu mengalir, teman. Tubuh Anda akan berterima kasih.

SUMBER: TEMPO.CO

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 Mei 2024, 09:30 WIB

Cara Mendiagnosis Asam Urat Pada Anak, Apa Saja Faktor Resikonya?

Ada beberapa cara mendiagnosis asam urat pada anak hingga faktor resikonya yang perlu orang tua ketahui.
Ilustrasi. Cara mendiagnosis dan faktor resiko asam urat pada anak. Sumber: pexels.com/@Jason Deines
Sukabumi19 Mei 2024, 09:14 WIB

Varietas Unggulan, Ini Upaya Distan Sukabumi Jaga Kelestarian Tanaman Vanili di Cidolog

Distan Kabupaten Sukabumi berupaya untuk melestarikan tanaman vanili di Cidolog melalui kegiatan pendaftaran varietas unggulan lokal.
Distan Kabupaten Sukabumi gandeng BPPBP Jabar dan BRIN saat observasi tanaman vanili di Poktan Tani Mukti Cidolog. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Radang Sendi

Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi.
Ilustrasi - Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat19 Mei 2024, 08:30 WIB

Jangan Abaikan Asam Urat Pada Anak, Ketahui Gejala Hingga Penyebabnya Berikut Ini!

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalaminya meskipun hal ini sangat jarang terjadi.
Ilustrasi. Asam urat pada anak
 Sumber: pexels.com/@BOOM
Life19 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat

Mengadopsi kebiasaan pagi yang sehat tidak hanya membantu meredakan nyeri sendi asam urat, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi.  Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat (Sumber : Freepik/@stefamerpik)
Food & Travel19 Mei 2024, 07:00 WIB

Mudah dan Simpel, Cara Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi

Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi Ternyata Simpel. Yuk Coba!
Ilustrasi. Buah mengkudu dikenal karena berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan, termasuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)