7 Makanan Terbaik Untuk Tekanan Darah Tinggi Menurut Ahli Diet

Jumat 31 Mei 2024, 18:45 WIB
Ilustrasi ayuran berdaun hijau, salah satu makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi ayuran berdaun hijau, salah satu makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada berbagai nutrisi berbeda yang membantu mendukung kesehatan jantung dan tekanan darah. Beberapa nutrisi tersebut antara lain serat, asam lemak omega-3, antioksidan, vitamin D, serta mineral penting.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, merupakan faktor risiko umum penyakit jantung. Bahkan, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menderita tekanan darah tinggi dan lebih banyak lagi orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut dan tidak diobati.

Mengutip dari sebuah artikel di laman verwellfit.com yang diunggah pada 2 Agustus 2023, tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik (atau angka teratas) sebesar 130 mmHg atau lebih tinggi dan tekanan darah diastolik (atau angka terbawah) sebesar 80 mmHg atau lebih.

Dari artikel yang sama, terdapat 7 makanan terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang direkomendasikan oleh ahli diet. Yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengobati dan Menurunkan Asam Urat Tinggi dalam Darah

1. Salmon dan Ikan Berlemak Lainnya

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti tuna, mackerel, sarden, serta ikan bass memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, yaitu nutrisi penting yang tidak dapat dibuat oleh tubuh kita.

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi tekanan darah dengan mengurangi peradangan. Karena peradangan pada tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pembuluh darah, yang lama kelamaan mengakibatkan tekanan darah tinggi.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji labu, biji rami, biji chia, pistachio, kenari , dan almond, mungkin mempunyai efek positif pada tekanan darah tinggi. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat yang baik serta sumber asam amino arginin yang terkonsentrasi.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti lobak dan bayam mengandung tekanan darah tinggi sehingga menurunkan nutrisi. Kedua sayuran ini kaya akan potasium dan magnesium.

Selain itu, bayam kaya akan nitrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian kecil, 27 peserta makan 17 ons sup bayam selama tujuh hari dan mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Baca Juga: Bebaskan Diri dari Asam Urat: 6 Bahan Herbal yang Berkhasiat Mengobatinya

4. Buah Bit

Bit adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Warnanya yang merah tua menunjukkan bahwa buah ini kaya akan fitonutrien, antioksidan, serta sifat anti-inflamasi. Bit juga kaya akan nitrat yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Buah Beri

Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk antosianin yang memberi warna cerah pada buah beri, dan berkontribusi terhadap penurunan risiko penyakit jantung.

Antosianin adalah nutrisi penting untuk menurunkan tekanan darah karena meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan menurunkan produksi molekul yang membatasi aliran darah.

6. Tomat

Tomat serta produk terbuat dari tomat, kaya akan potasium dan likopen yaitu pigmen karotenoid penting yang dipelajari secara ekstensif karena efek menguntungkannya pada kesehatan jantung serta berpotensi menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi kekakuan arteri.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

7. Yogurt

Yogurt tidak hanya mengandung protein tetapi juga kaya akan mineral yang membantu mengatur tekanan darah, seperti potasium dan kalsium.

Sebuah studi menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi satu porsi yogurt setiap hari memiliki tingkat tekanan darah sistolik yang lebih rendah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)
Komputer14 Juli 2024, 18:51 WIB

Handphone Kamu Lemot Saat Di-Charge? Inilah Cara untuk Mengatasinya!

Saat ini, handphone sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Kali ini kita akan bahas penyebab dan cara mengatasi masalah ini agar handphone kamu kembali berfungsi optimal yang dilansir dari beritajogja.
Cara untuk Mengatasi Handphone Kamu Lemot Saat Di-Charge | Foto : Pixabay