Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Rabu 29 Mei 2024, 14:00 WIB
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh.

Sebab penyakit jantung bisa terjadi dari berbagai faktor. Paling banyak disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur, sehingga perlu tahu apa yang harus dilakukan agar jantung tetap sehat.

Karena jantung adalah satu bagian penting dalam tubuh, menjaganya tetap sehat adalah hal yang paling penting. Maka kita harus bisa mengatur pola hidup agar lebih sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Mengutip dari satu unggahan artikel di laman healthshots.com yang diunggah pada 18 Januari 2024, ada 7 hal yang bisa dilakukan jika kita ingin terhindar atau takut terkena penyakit jantung. Yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: 13 Cara Tradisional Mengobati Asam Urat, Alami dan Cepat Sehat!

1. Pertahankan Pola Makan yang Seimbang

Mengikuti pola makan yang menyehatkan jantung adalah salah satu cara terpenting untuk mencegah penyakit terkait jantung. Fokus pada konsumsi beragam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Batasi lemak jenuh dan lemak trans untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat. Gabungkan asam lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan, biji rami, dan kenari, karena diketahui mendukung kesehatan jantung.

2. Aktivitas Fisik Teratur

Kurangnya aktivitas fisik menjadi penyumbang terbesar masalah jantung. Lakukan olahraga teratur untuk menjaga jantung tetap dalam kondisi yang baik. Usahakan melakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 75 menit latihan intensitas kuat per minggu.

Aktivitas seperti jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Berhenti Merokok

Merokok merupakan faktor risiko utama penyakit jantung karena bisa merusak pembuluh darah, menurunkan kadar oksigen, dan meningkatkan risiko aterosklerosis (penebalan atau pengerasan arteri ).

Berhenti merokok adalah salah satu langkah paling berdampak yang dapat diambil untuk meningkatkan kesehatan jantung. Carilah dukungan dari profesional kesehatan atau kelompok dukungan agar membantu berhenti merokok dengan sukses.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

4. Kelola Stres

Stres parah dapat menyebabkan penyakit jantung. Latih teknik pengurang stres seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, atau mindfulness.

Untuk segera menghilangkan pemicu stres sehari-hari, dengarkan musik, menari, atau sekadar berbicaralah dengan orang tersayang. Ingat juga, bahwa tidur yang cukup penting untuk mengelola stres dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

5. Batasi Asupan Alkohol

Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang mungkin memiliki beberapa manfaat bagi kardiovaskular, namun minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan, membatasi asupan alkohol hingga tingkat sedang akan membantu. Apalagi bagi wanita, disarankan untuk minum tidak lebih dari satu gelas per hari dan pria harus tetap mengkonsumsi maksimal dua gelas per hari.

6. Kelola Berat Badan

Bagi yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, mereka berisiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, menjaga berat badan agar sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ikuti diet sehat yang seimbang dengan olahraga teratur serta pola makan benar untuk mencapai dan mempertahankan berat badan sehat.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

7. Pantau Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat membebani jantung serta arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi, harus dipantau setiap saat.

Ikuti saran medis dan minum obat yang diresepkan jika diperlukan untuk mencegah penyakit jantung. Pemeriksaan rutin dapat membantu mendeteksi dan mengelola faktor risiko sejak dini.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang