4 Tips Diet Untuk Turunkan Kolesterol Ini Ampuh Meminimalisir Penyakit Jantung

Selasa 14 Mei 2024, 18:45 WIB
tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)

tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu upaya menurunkan kolesterol tinggi adalah berdiet. Dengan melakukan diet ini bertujuan untuk mengatur pola makan dan juga asupan bagi tubuh.

Sehingga ketika asupan pada tubuh lebih baik, maka kadar kolesterol juga akan terkontrol dan lebih stabil. Ketika kolesterol terkontrol dengan baik, maka kita dapat meminimalisir resiko penyakit jantung.

Karena kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat membuat penderitanya terancam penyakit berbahaya, terutama penyakit jantung. Sebab pada dasarnya, kolesterol tinggi tersebut adalah kolesterol jahat yang tidak bisa diproses oleh hati.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Mengutip dari sebuah artikel pada laman Heart Research Institute, yang dikutip pada 14 Mei 2024. Ada 4 tips diet bagi penderita kolesterol tinggi yang ingin menurunkannya dan meminimalisir resiko terkena penyakit jantung.

1. Makanlah Semangkuk Oat Untuk Sarapan

Oat adalah sumber beta-glukan dengan serat makanan larut yang baik. Kandungan ini telah terbukti memiliki sifat menurunkan, mengikat kolesterol, dan membantu tubuh menghilangkannya.

Ada beberapa penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi 3 gram beta-glukan per hari dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 5-10 persen, dan bila oat dimakan secara konsisten dapat menurunkan kolesterol total dan LDL sebesar 5-7 persen.

Selain dengan mudah memasukkan oat ke dalam menu sarapan, sumber beta-glukan lainnya bisa didapat dari bahan lain seperti, jelai, jamur (reishi dan shiitake), ragi, gandum hitam dan gandum biasa.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

2. Sertakan Beberapa Porsi Ikan Berminyak Selama Seminggu

Mengonsumsi satu porsi ikan berminyak sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu merupakan rekomendasi untuk meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Karena adanya sumber asam lemak omega-3 yang baik dan telah terbukti mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Contoh ikan berminyak antara lain salmon, tuna, trout, herring, sarden, dan mackerel. Tubuh kita tidak dapat mensintesis omega-3, artinya harus diperoleh dari makanan kita.

3. Pilih Produk Makanan yang Difortifikasi dengan Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol adalah zat mirip kolesterol yang terdapat secara alami dalam makanan nabati. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dimakan dalam jumlah yang cukup (2–3g per hari), sterol bisa menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh dan bersaing dengan kolesterol LDL dalam penyerapan.

Fakta dalam penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 gram sterol tumbuhan secara konsisten per hari dapat membantu menurunkan kolesterol LDL sebesar 10 persen.

Sterol dan stanol ditemukan secara alami dalam sayuran atau dalam jumlah lebih tinggi pada produk yang diperkaya seperti, margarin, sereal, roti, dan susu.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

4. Sertakan Satu atau Kali Makan Vegetarian Per Minggu Untuk Kurangi Asupan Lemak Jenuh

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat dorongan yang lebih kuat untuk lebih banyak pola makan nabati. Dorongan ini kini tercermin di sebagian besar dalam menu kafe dan restoran, melalui semakin banyaknya pilihan vegetarian dan vegan yang mungkin belum tersedia di masa lalu.

Ada sejumlah manfaat kesehatan dari mengikuti pola makan nabati, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena membatasi asupan lemak jenuh dan mendorong asupan tinggi biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran yang ramah jantung.

Itulah 4 tips diet untuk menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh, dan meminimalisir resiko penyakit jantung yang berbahaya bahkan mengancam nyawa.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 Mei 2024, 06:58 WIB

Jembatan Gantung Rewod Diresmikan, Mobilitas Petani di Cikangkung Sukabumi Lebih Aman

Serap anggaran Dana Desa Rp115 juta, jembatan gantung rewod di Cikangkung Sukabumi permudah akses usaha tani.
Camat Ciracap dan Kades Cikangkung resmikan jembatan gantung rewod Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa
Food & Travel28 Mei 2024, 06:00 WIB

Gorejag Renyah dan Gurih, Begini Cara Simpel Membuat Bakwan Jagung

Untuk hasil bakwan jagung yang lebih renyah, pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum menggoreng bakwan.
Resep Bakwan Jagung, Hidangan Pendamping yang Gurih dan Manis | Sumber: Instagram /@dapurbekal
Science28 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 Mei 2024, Sukabumi Potensi Cerah Saat Pagi dan Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 28 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 28 Mei 2024. (Sumber : Freepik/tawatchai07)
Sukabumi27 Mei 2024, 23:08 WIB

Api Merembet ke 3 Bangunan, Kebakaran Toko Material di Sukabumi 2,5 Jam Baru Bisa Dipadamkan

Berikut dugaan penyebab kebakaran toko material yang merembet ke 3 bangunan di jalan RA Kosasih Kota Sukabumi.
Petugas Damkar saat memadamkan kebakaran toko material di Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Mei 2024, 21:56 WIB

Demokrat Resmi Usung Iyos Somantri Jadi Bacalon Bupati Sukabumi untuk Pilkada 2024

Iyos Somantri resmi mendapat surat tugas dari DPP Partai Demokrat untuk menjadi bacalon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Bacalon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi27 Mei 2024, 21:27 WIB

Lembaga Wakaf Doa Bangsa Ikuti Pembinaan BWI melalui Waqf Academy

H. Ayep Zaki menyatakan bahwa LW Doa Bangsa tidak akan berhenti untuk terus meningkatkan kapasitasnya di bawah arahan dan bimbingan BWI.
Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa hadir dalam acara Pembinaan Nazhir oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) melalui pelatihan Waqf Academy batch 3. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Pemicu Utama Asam Urat yang Harus Dihindari Jika Ingin Sembuh

Beberapa makanan dan minuman menjadi pemicu utama asam urat kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin - Beberapa makanan dan minuman menjadi pemicu utama asam urat kambuh. (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi27 Mei 2024, 20:49 WIB

Jembatan Ambruk di Cicurug Sukabumi Bakal Diperbaiki Tahun Ini

Pemkab Sukabumi melalui Disperkim bakal memperbaiki jembatan di Desa Mekarsari Cicurug yang ambruk tiga bulan lalu.
Kondisi putusnya jembatan penghubung Kampung Cicewol dan Legos di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: P2BK Cicurug
Sehat27 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

Asam urat dapat diatasi dengan pengobatan jangka panjang yang sangat efektif menekan kekambuhannya.
Ilustrasi. Asam urat dapat diatasi dengan pengobatan jangka panjang yang sangat efektif menekan kekambuhannya. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 Mei 2024, 19:33 WIB

Kebakaran Toko Material di Sukabumi, Warga Dengar Suara Ledakan

Warga sempat mendengar suara ledakan dari dalam toko material yang terbakar di Sukabumi.
Petugas mencoba memadamkan kebakaran toko material di Cikole Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)