5 Gaya Hidup Sehat untuk Melarutkan Asam Urat di Sendi, Yuk Simak Disini!

Rabu 22 Mei 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi. Olahraga Rutin.Kristal asam urat dapat di atasi dengan pola gaya hidup sehat. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Olahraga Rutin.Kristal asam urat dapat di atasi dengan pola gaya hidup sehat. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda tiba-tiba mengalami nyeri sendi yang luar biasa dan rasa tidak nyaman yang berkepanjangan, mungkin saja menderita sejenis radang sendi yaitu asam urat.

Asam urat sendiri disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh seseorang. Asam urat, merupakan senyawa kristal yang biasanya disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Namun, jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, kristal dapat terbentuk sehingga menyebabkan kondisi seperti asam urat. Inilah sebabnya mengapa menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal ini penting.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Kristal Asam Urat dari Sendi yang Sering Terasa Sakit

Selain dengan minum obat, gaya hidup sehat seperti mengubah pola makan, dan berolahraga adalah kunci sukses untuk melarutkan kristal asam urat.

Modifikasi Gaya Hidup

1. Makanlah Makanan yang Sehat dan Seimbang

Langkah yang pertama adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Cobalah makan makanan sehat, kaya serat, dan protein tanpa lemak. Anda juga harus menghindari lemak jenuh, seperti keju, mentega, dan margarin.

Kurangi asupan gula, termasuk sirup jagung fruktosa tinggi dan minuman ringan, yang semuanya dapat memicu serangan asam urat. Sebaliknya cobalah untuk memasukkan:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Raspberi
  • Barang dari gandum utuh
  • Beras merah
  • Kacang hitam
  • Ceri
  • Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak

Baca Juga: Solusi Atasi Rasa Sakitnya: 8 Obat Alami Asam Urat untuk Mencegah Kembali Kambuh

2. Hindari Makanan Tinggi Purin

Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Zat alami dalam makanan yang disebut purin diubah menjadi asam urat oleh tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi purin dapat menyebabkan serangan asam urat dalam beberapa hari setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Hindari makanan tinggi purin seperti jeroan jantung, babat, hati, usus, ampela dan batasi daging seperti seafood dan daging merah.

3. Tetap Terhidrasi

Perhatikan apa yang Anda minum dan tetap terhidrasi. Minum enam hingga delapan gelas cairan bebas alkohol berukuran 8 ons setiap hari telah terbukti membantu mengatasi asam urat.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Cairan umumnya diperhitungkan dalam rekomendasi air, tetapi yang terbaik adalah tetap menggunakan air. Anda juga harus meminimalkan atau berhenti minum alkohol karena dapat memetabolisme dan meningkatkan kadar asam urat.

Jika Anda memang ingin minum selain air putih, carilah minuman yang tidak tinggi gula, sirup jagung tinggi fruktosa, atau berkafein. Gula dapat meningkatkan risiko asam urat dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Anda tetap bisa minum kopi secukupnya (dua hingga tiga cangkir sehari). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, meskipun penelitian tersebut tidak menunjukkan penurunan serangan asam urat.

Baca Juga: 11 Pilihan Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Penderita Asam Urat

4. Konsumsi Lebih Banyak Vitamin C

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, meskipun penelitian tersebut tidak menunjukkan penurunan serangan asam urat.

Vitamin C disarankan dapat membantu ginjal Anda mengeluarkan asam urat, tetapi belum banyak penelitian yang meyakinkan. Jika Anda lebih suka meningkatkan vitamin C melalui pola makan, cobalah makan:

  • Buah-buahan: melon, jeruk, buah kiwi, mangga, pepaya, nanas, stroberi, raspberry, jambu biji
  • Sayuran: brokoli, kubis brussel, kembang kol, paprika hijau dan merah, bayam, kubis, lobak hijau, kentang putih, tomat.

Baca Juga: 9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

5. Olahraga

Cobalah berolahraga setidaknya 30 menit sehari yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga menurunkan peluang Anda terkena asam urat. Penurunan berat badan telah dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat.

Lakukan jenis olahraga apa pun yang paling mudah Anda lakukan. Misalnya, jika Anda tidak bisa jogging selama 30 menit, cobalah jalan cepat setidaknya selama 15 menit.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik20 Juni 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Barcelona Alan Walker feat Ina Wroldsen

Referensi budaya ke Barcelona menambah kedalaman narasi Lagu Alan Walker feat Ina Wroldsen ini.
Official Video Lagu Barcelona Alan Walker feat Ina Wroldsen. Foto: Istimewa
Life20 Juni 2024, 16:45 WIB

Perhatikan Sikapnya, 5 Tanda Orang Tidak Tulus Meminta Maaf Menurut Psikologi

Menurut psikologi, orang yang tidak benar-benar tulus meminta maaf akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang bisa dilihat dari sikapnya.
Ilustrasi orang yang tidak tulus meminta maaf (Sumber : Pexels.com/@LizaSummer)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:43 WIB

Kebakaran di Pabrik Es Krim Cicurug Sukabumi, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Kebakaran terjadi di pabrik es krim di kawasan Industri, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (20/6/2024). Peristiwa terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.
Satu unit Damkar dikerahkan untuk pemadaman kebakar di Pabrik Es Krim di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota