Berhenti Merokok! Termasuk dari 6 Cara Mengobati Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi

Rabu 13 Maret 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi - Berhenti Merokok! Termasuk dari 6 Cara Mengobati Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Berhenti Merokok! Termasuk dari 6 Cara Mengobati Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah (glukosa) di atas normal. Glukosa adalah sumber energi utama tubuh Anda, dan berasal dari makanan yang Anda makan.

Orang yang mengalami hiperglikemia dapat diobati namun bergantung pada berbagai faktor, termasuk berapa lama dan seberapa sering Anda mengalami serangan serta seberapa parah hiperglikemia Anda. Usia, kesehatan secara keseluruhan, dan fungsi kognitif juga sangat berpengaruh.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati hiperglikemia dengan menjalani hidup sehat, sebagaimana dihimpun dari verrywellhealth.

Baca Juga: Sering Haus dan Buang Kecil Berlebihan? Bisa Jadi Gejala Gula Darah Tinggi (Hiperglikemia)

1. Gaya Hidup

Manajemen gaya hidup adalah faktor paling penting dalam mengobati hiperglikemia. Kunci modifikasi gaya hidup adalah mendapatkan dukungan dan konsisten. Penyedia layanan kesehatan atau dokter tempat Anda berobat juga harus memberi Anda pengetahuan, seperti:

  • Memahami bagaimana hiperglikemia mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda
  • Menjadikan Tubuh Anda aktif
  • Memantau gula darah Anda
  • Mengatasi kondisi Anda

Obat diabetes bisa saja secara khusus digunakan untuk mendukung perubahan gaya hidup secara keseluruhan. Tapi faktanya, jika Anda tidak mengubah gaya hidup dan hanya mengandalkan obat-obatan, obat-obatan tersebut pada akhirnya akan berhenti efektif. Anda kemudian perlu menambahkan lebih banyak obat untuk mengendalikan gula darah.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Gula Darah Tinggi di Malam Hari, Ini Cara Mengatasinya

2. Diet

Karbohidrat paling berdampak pada gula darah. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan, seperti biji-bijian olahan (roti putih, roti gulung, bagel, cookies, nasi, pasta, kerupuk, manisan), makanan manis, dan minuman manis dapat meningkatkan risiko hiperglikemia.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan karbohidrat terkontrol dan dimodifikasi yang kaya serat dapat membantu Anda mengelola gula darah. Mungkin Anda harus mencoba makanan seperti nasi merah, quinoa, bayam, oat, dan roti gandum, brokoli, seledri, paprika, selada dan kubis

3. Olahraga

Menghentikan aktivitas dalam waktu lama dan menghindari duduk dalam waktu lama dapat mencegah diabetes tipe 2 bagi mereka yang berisiko. Olahraga juga dapat membantu Anda mencapai kontrol glikemik jika Anda menderita diabetes. Itu karena olahraga dapat membantu mengurangi hiperglikemia dengan membakar glukosa.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

Misalnya, jalan-jalan setelah makan besar bisa membantu membakar kelebihan gula dalam darah. Olahraga teratur juga penting untuk mengendalikan berat badan, yang dapat mengurangi hiperglikemia dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ada kalanya Anda harus menghindari olahraga saat gula darah Anda tinggi. Jika gula darah Anda di atas 240 mg/dL dan Anda memiliki keton, sebaiknya hindari olahraga. Berolahraga dengan keton dapat meningkatkan gula darah Anda lebih tinggi lagi.

Sebelum memulai rutinitas olahraga apapun, pastikan Anda sudah mendapat izin dari dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda.

Baca Juga: Asam Urat: Rekomendasi Makanan untuk Dimakan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

4. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan bermanfaat untuk menurunkan gula darah karena meningkatkan sensitivitas insulin.

Menurut ADA (American Diabetes Association), penurunan berat badan secara perlahan dan terus-menerus dapat menunda perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2, serta bermanfaat dalam pengelolaan diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dengan mengikuti diet sangat rendah kalori sebenarnya dapat menyembuhkan diabetes. Hal ini berlaku bahkan bagi orang yang telah menderita diabetes selama minimal enam tahun.

Baca Juga: Sahur Gak Perlu Bingung, 8 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Penting untuk dicatat bahwa penurunan berat badan kemungkinan besar akan menurunkan hiperglikemia pada tahap awal diabetes atau pradiabetes, ketika tubuh masih mempertahankan kapasitasnya untuk mensekresi insulin.

Cara yang baik untuk memulai adalah dengan menurunkan sekitar 5% berat badan Anda. Biasanya, semakin banyak berat badan yang Anda turunkan, semakin rendah pula gula darah Anda.

Jika Anda mengonsumsi obat sambil menurunkan berat badan dan menyadari bahwa gula darah Anda rendah, obat Anda harus diganti atau dihentikan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Simak 7 Tips Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

5. Berhenti Merokok

Merokok mungkin mempunyai peran dalam hiperglikemia, khususnya dalam perkembangan diabetes tipe 2. Jika Anda menderita pradiabetes atau berisiko tinggi terkena diabetes, berhenti merokok dapat membantu mencegah diabetes dan hiperglikemia.

6. Memantau Gula Darah

Tampaknya ada korelasi antara pemantauan gula darah dan penurunan A1C pada pasien diabetes tipe 1. A1C sendiri adalah Pemeriksaan HbA1c atau hemoglobin A1C test, yakni sebuah pemeriksaan menggunakan sampel darah untuk digunakan mendiagnosis diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Pemantauan gula darah secara teratur dapat membantu penderita diabetes mengevaluasi respons mereka terhadap terapi dan mengelola gula darah tinggi.

Setelah Anda mengetahui pola gula darah tinggi, Anda dapat mengambil tindakan untuk mengobati dan mencegahnya dengan menguji gula darah dan pola trennya. Semakin cepat Anda menyadari hiperglikemia Anda, semakin cepat Anda dapat melakukan perubahan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking