Apa yang Harus Dilakukan Saat Gula Darah Tinggi di Malam Hari, Ini Cara Mengatasinya

Minggu 10 Maret 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich).

Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich).

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur dengan gula darah tinggi bisa jadi tidak nyaman. Cara terbaik untuk mengatasi gula darah tinggi, atau hiperglikemia, di malam hari adalah dengan rutin menjaga keseimbangan gula darah sepanjang hari.

Gula darah tinggi terjadi ketika kadar glukosa darah terlalu tinggi. Meskipun ini merupakan gejala diabetes yang umum diketahui, Anda tetap bisa mengalami gula darah tinggi meskipun Anda tidak menderita diabetes.

Diabetes terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup atau terkadang tidak menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas yang membantu mengatur kadar gula darah dan menyimpan kelebihan glukosa untuk energi.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Simak 7 Tips Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Kadar glukosa berubah sepanjang hari dan sehubungan dengan kapan terakhir kali Anda makan. Jika glukosa darah Anda lebih tinggi dari 130 miligram per desiliter (mg/dL) saat berpuasa, 180 mg/dL kira-kira dua jam setelah makan, atau lebih tinggi dari 200 mg/dL saat diuji secara acak, Anda dianggap menderita hiperglikemia.

Penyebab Gula Darah Tinggi di Malam Hari

Mengutip verrywellhealth, ada banyak penyebab gula darah tinggi di malam hari, antara lain:

Makan malam atau camilan sebelum tidur yang tinggi karbohidrat: Makan makanan bertepung atau tinggi gula di sore hari dapat menyebabkan gula darah tinggi di malam hari, serta gula darah tinggi di pagi hari.

Penyakit atau cedera: Trauma dapat memicu respons hipermetabolik (mempercepat metabolisme), yang menyebabkan gula darah tinggi.

Terlalu sedikit olahraga: Olahraga membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efektif, sehingga kurang olahraga dapat menyebabkan gula darah tinggi.

Terlalu sedikit insulin atau obat diabetes: Ketika tubuh tidak memproduksi insulin atau tidak menggunakan insulin secara efektif dan Anda tidak menggunakan suntikan insulin atau obat diabetes dengan benar, glukosa dapat menumpuk di aliran darah.
Menstruasi: Progesteron adalah hormon yang terkait dengan penurunan produksi insulin, yang mempengaruhi metabolisme glukosa dan berpotensi menyebabkan gula darah tinggi.

Baca Juga: 6 Cara Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah dalam Tubuh

Kehamilan: Kadar hormon berfluktuasi selama kehamilan. Diabetes yang terjadi selama kehamilan dikenal sebagai diabetes gestasional.

Stres: Stres, yang diukur dengan kadar hormon yang disebut kortisol, dikaitkan dengan penurunan sensitivitas insulin. Dengan ini, glukosa tidak dapat masuk ke sel Anda dan digunakan untuk energi.

Akibatnya, glukosa menumpuk di aliran darah, menyebabkan gula darah tinggi. Saat orang stres, mereka mungkin juga makan makanan manis secara berlebihan atau melakukan kebiasaan makan tidak sehat lainnya.

Bagaimana Gula Darah Tinggi Mempengaruhi Tidur

Gejala gula darah tinggi yang mungkin Anda alami di malam hari bisa membuat Anda sulit tidur, termasuk tertidur dan tertidur. Tergantung pada kapan Anda makan sebelum tidur, sistem pencernaan Anda mungkin membangunkan Anda pada jam-jam tertentu.

Masalah terkait ini dikenal dengan fenomena fajar, yaitu saat Anda bangun dengan gula darah tinggi di pagi hari. Makanan yang Anda makan di malam hari mungkin sedikit berkontribusi terhadap hal ini.

Camilan Malam Hari untuk Mengatur Gula Darah

Camilan malam hari terbaik untuk mengatur gula darah mengandung kombinasi protein, lemak sehat, dan porsi karbohidrat kompleks yang terbatas, yaitu yang mengandung serat.

Segenggam kacang: Menurut Departemen Pertanian AS, secangkir kacang campur tanpa garam tanpa kacang tanah mengandung sekitar 23 gram protein, 79 gram lemak, 32 gram karbohidrat, dan 10,5 gram serat.

Keju rendah lemak dan kerupuk gandum utuh: Satu porsi 100 gram (3,5 ons) keju cheddar rendah lemak mengandung sekitar 24 gram protein, 7 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Satu porsi kerupuk gandum utuh dalam 100 gram mengandung sekitar 10,5 gram protein, 14 gram lemak, 70 gram karbohidrat, dan 10 gram serat.

Sebuah apel dan selai kacang: 100 gram apel (atau lebih dari setengah apel berukuran sedang) mengandung sekitar 0,41 gram protein, 14 gram karbohidrat, tanpa lemak, dan 2 gram serat. Satu sendok makan (16 gram) selai kacang mengandung sekitar 3,6 gram protein, 3,5 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 0,8 gram serat.

Yoghurt Yunani: 100 gram yogurt Yunani polos tanpa lemak mengandung sekitar 3 gram gula, 10 gram protein, kurang dari setengah gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan tanpa serat. Anda bisa menambahkan sedikit rasa manis dengan buah.

Yogurt: Baik Yunani atau biasa, yogurt terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14% jika dikonsumsi setiap hari, menurut ulasan tahun 2017.

Popcorn: Satu porsi popcorn dengan dua sendok makan keju Parmesan parut mengandung sekitar 157 kalori, 5,5 gram lemak, 20 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, dan 7,5 gram protein.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah yang Sehat

Menjaga kadar gula darah yang sehat di siang hari merupakan cara yang baik untuk mencegah gula darah tinggi di malam hari. Itu berarti berolahraga secara teratur, mengonsumsi obat diabetes dalam jumlah yang tepat jika Anda menggunakannya, dan mengelola tingkat stres.

Kurang tidur sendiri kemungkinan merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2, sehingga penting untuk menjaga siklus tidur yang sehat sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)