Asam Urat: Rekomendasi Makanan untuk Dimakan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Selasa 12 Maret 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi Ceri dan Sakit Asam Urat - Menjaga pola makan seperti diet asam urat dapat membantu mengelola gejala dan mengurangi kekambuhan. (Sumber : pexels.com/@Porapak Apichodilok/Freepik.com).

Ilustrasi Ceri dan Sakit Asam Urat - Menjaga pola makan seperti diet asam urat dapat membantu mengelola gejala dan mengurangi kekambuhan. (Sumber : pexels.com/@Porapak Apichodilok/Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Bahwa tubuh Anda memproduksi asam urat ketika memecah senyawa organik yang disebut purin yang diproduksi di tubuh Anda dan ditemukan dalam makanan tertentu.

Beberapa cara untuk mengatasi asam urat adalah dengan diet asam urat yang dapat membantu mengelola gejala kondisi ini. Mengikuti diet asam urat melibatkan konsumsi makanan rendah purin dan menghindari beberapa makanan yang memiliki kadar purin tinggi,

Lalu apa itu Purin?

Purin adalah senyawa kimia yang bila dimetabolisme akan menghasilkan asam urat yang memicu serangan asam urat. Asam urat biasanya dikeluarkan, tetapi pada asam urat, asam urat menumpuk dan membentuk kristal berbentuk jarum di dalam dan sekitar sendi.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

Tujuan dan Manfaat Diet Asam Urat

  • Makan makanan bergizi dapat membantu tubuh menghilangkan asam urat
  • Jaga berat badan yang sehat, dapat membantu mengurangi tekanan dan nyeri sendi serta memperlambat perkembangan arthritis
  • Hindari atau kurangi makanan kaya purin, termasuk makanan hewani dan makanan laut.

Sayuran kaya purin tidak meningkatkan risiko serangan asam urat dan boleh dikonsumsi. Makanan kaya vitamin C dalam porsi sedang, produk susu rendah lemak, dan minyak nabati juga harus dikonsumsi untuk membantu mengelola kondisi Anda.

Memulai diet asam urat yang seimbang tidak hanya dapat menurunkan risiko serangan asam urat tetapi juga memperlambat perkembangan kerusakan sendi terkait asam urat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengikuti diet asam urat dapat mengurangi frekuensi serangan asam urat dan keparahan gejala pada beberapa orang.

Baca Juga: Punya Asam Urat? 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya purin meningkatkan risiko serangan asam urat berulang lima kali lipat di antara penderita asam urat, sedangkan mengurangi makanan kaya purin membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Makanan yang Harus Dihindari Dengan Asam Urat

Makanan dan minuman tertentu lebih mungkin menyebabkan gejala dan serangan asam urat, sebagaimana dikutip dari verrywellhealth.

Daging Merah dan Daging Jeroan

Daging merah lebih tinggi purinnya dibandingkan daging putih. Konsumsi lebih tinggi daging merah (termasuk daging sapi, daging rusa) dan daging jeroan (termasuk jantung, babat, hati, usus, ampela) meningkatkan risiko serangan asam urat berulang.

Baca Juga: 6 Cara Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah dalam Tubuh

Ikan Air Dingin dan Kerang

Beberapa jenis ikan mengandung purin lebih tinggi dan harus dibatasi dalam diet asam urat. Ikan air dingin seperti tuna, trout, herring, sarden, dan ikan teri terdapat kandungan purin yang lebih tinggi, begitu juga kerang termasuk udang, tiram, kepiting, dan lobster.

Ekstrak Ragi

Ekstrak ragi dan diketahui mengandung purin yang tinggi seperti roti, acar, tape, dan makanan fermentasi. Hindari ragi demi mengurangi kadar asam urat yang bisa memperburuk.

Bir dan Minuman Keras

Kebanyakan minuman beralkohol tidak disarankan untuk diet asam urat. Mengutip dari Healthline, alkohol merupakan sumber purin yang cukup banyak. Purin adalah senyawa yang menghasilkan asam urat ketika tubuh mengurainya. Alkohol juga dapat mempercepat metabolisme nukleotida. Ini merupakan sumber tambahan purin, yang dapat diubah menjadi asam urat.

Baca Juga: Sering Haus dan Buang Kecil Berlebihan? Bisa Jadi Gejala Gula Darah Tinggi (Hiperglikemia)

Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa terutama yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi harus dihindari pada diet asam urat. Jaga kadar asam urat tetap rendah dengan membatasi atau menghindari konsumsi soda dan minuman manis lainnya, buah kaleng atau jus buah, dan produk tinggi gula lainnya termasuk snack bar, donat, kue kering, permen, dan beberapa sereal sarapan.

Roti Putih dan Madu

Karbohidrat yang cepat dicerna dan diserap dapat meningkatkan kadar gula darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar asam urat. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, kue kering, dan kue. Meskipun madu merupakan pemanis alami, namun kandungan fruktosanya tinggi. Ketika tubuh memecah fruktosa, tubuh melepaskan purin.

Rekomendasi Makanan untuk Dikonsumsi dengan Asam Urat

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang aman untuk penderita asam urat.

Sayuran

Dengan asam urat, sebelumnya ada anggapan bahwa Anda harus menghindari sayuran tertentu. Sayuran yang direkomendasikan adalah tomat, wortel, brokoli, kentang, timun, dan kubis.

Baca Juga: Apa Itu GERD? Gejala, Penyebab, Pemicu Hingga Cara untuk Mengatasinya

Selain itu, mengonsumsi sayuran dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat serta menyediakan vitamin dan mineral penting bagi tubuh Anda.

Produk Susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein dalam produk susu bisa membantu menurunkan kadar asam urat secara alami. Memilih produk rendah lemak seperti susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat.

Tahu, Biji-bijian, Kacang-kacangan

Protein nabati membantu Anda untuk menjaga pola makan yang seimbang sekaligus mengelola kondisi tubuh. Pada diet asam urat, meskipun Anda mengurangi asupan daging dan makanan laut, Anda tetap harus mengonsumsi sekitar 15% hingga 30% kalori dari protein.

Ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa protein nabati dan minyak nabati (seperti zaitun, bunga matahari, dan kedelai) dapat melindungi dari serangan asam urat.

Buah Jeruk

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian telah menunjukkan bukti bahwa vitamin C mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengurangi frekuensi serangan asam urat.

Vitamin C membantu tubuh mengeluarkan asam urat, dan buah jeruk adalah sumber nutrisi penting ini. Pilihlah buah-buahan rendah fruktosa seperti jeruk bali, jeruk, atau nanas, karena gula alami ini dapat meningkatkan kadar asam urat.

Ceri

Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi ceri dan jus ceri asam 100% menurunkan kadar asam urat serum dan dapat mengurangi risiko kambuhnya penyakit asam urat pada pasien asam urat.

Alpukat

Alpukat secara alami rendah purin dan mengandung lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E. Bahan-bahan tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Pola makan yang kaya senyawa ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kerusakan sendi.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)
Sehat21 Juni 2024, 18:30 WIB

9 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Hidupnya Sering Disakiti

Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat Meski dalam Hidupnya Seringkali disakiti.
Ilustrasi.  Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat Meski dalam Hidupnya Seringkali disakiti.(Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sukabumi21 Juni 2024, 18:27 WIB

Ujang, Pria Berteman Ular Kobra Kini Huni Tempat Lebih Layak di Cicurug Sukabumi

Ujang menghuni sebuah gubuk kecil berbentuk bedeng yang sungguh tidak layak huni. Dalam gubuk tersebut ia ditemani ular kobra peliharaannya. Kini rumahnya sudah diperbaikin swadaya oleh warga setempat
Ujang seorang lansia tinggal sebatang kara di Kampung Papisangan RT 4/5, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life21 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Pengantin Baru, Dibaca Agar Keberkahan Selalu Menyertai Rumah Tangganya

Doa untuk pengantin baru sangat dianjurkan dibaca agar rumah tangga kedua mempelai diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Doa untuk pengantin baru sangat dianjurkan dibaca agar rumah tangga kedua mempelai diberikan keberkahan oleh Allah SWT. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)