11 Cara Menghilangkan Stres Demi Kesehatan Mental dan Hidup Lebih Bahagia

Kamis 02 November 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi - Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi stres, jadi penting untuk menemukan apa yang paling efektif bagi Anda. (Sumber : pexels.com/Liza Summer).

Ilustrasi - Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi stres, jadi penting untuk menemukan apa yang paling efektif bagi Anda. (Sumber : pexels.com/Liza Summer).

SUKABUMIUPDATE.com - Menghilangkan stres adalah penting untuk menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, sekolah, hubungan, atau masalah keuangan.

Stres yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Orang yang stres lebih mungkin mengalami penyakit jantung, stroke, depresi, dan kecemasan. Stres juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperburuk gejala penyakit kronis.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghilangkan stres demi kesehatan mental dan hidup lebih bahagia:

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Kesepian di Saat Semakin Dewasa, Lagi Merasakannya?

1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres. Olahraga dapat membantu melepaskan endorfin, hormon yang membuat Anda merasa bahagia dan rileks.

2. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan fisik dan mental. Sebab jika kurang tidur dapat membuat Anda lebih rentan terhadap stres dan rentan terkena gangguan kesehatan mental.

3. Makan Makanan yang Sehat 

Makanan yang sehat dapat membantu Anda merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi. Secara tidak langsung makanan sehat yang dikonsumsi bisa mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental Anda.

Baca Juga: Mengapa Semakin Dewasa Kita Merasa Kesepian? Ini 10 Alasannya

4. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai dan membuat Anda merasa rileks. Ini sangat berguna sebagai cara mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental.

5. Hubungi Orang yang Anda Cintai

Berbicara dengan orang yang Anda cintai tentang apa yang Anda alami dapat membantu Anda merasa lebih didukung dan dicintai. Ini akan membantu mengatasi rasa stres yang membuat Anda lebih bahagia.

6. Pelajari Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam, dapat membantu Anda mengelola stres. Relaksasi dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih tenang dan lebih bahagia menjalani hidup.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kesepian dalam Hidupnya, Apa Kamu Mengalaminya?

7. Belajar untuk Mengatakan Tidak

Jangan pernah merasa bersalah untuk mengatakan tidak jika Anda merasa kewalahan. Atau jangan ragu bilang tidak mau jika hal tersebut membuat Anda merasa makin Anda semakin stres dan tidak bahagia.

8. Bersyukur Atas Apa yang Anda Miliki

Fokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda dan bersyukur atas apa yang Anda miliki. Dengan bersyukur, Anda akan semakin bahagia dan tidak akan terkena stres yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental.

9. Mengurangi Pemicu Stres

Mengurangi pemicu stres adalah cara menghilangkan stres. Stres adalah respons tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau berbahaya. Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, sekolah, hubungan, atau masalah keuangan.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

Pemicu stres adalah hal-hal yang dapat menyebabkan stres. Pemicu stres dapat berupa hal-hal yang terjadi di luar kendali kita, seperti cuaca buruk atau kemacetan lalu lintas. Pemicu stres juga dapat berupa hal-hal yang terjadi dalam kendali kita, seperti pekerjaan yang terlalu banyak atau hubungan yang tidak sehat.

10. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Bermain dengan hewan peliharaan adalah cara menghilangkan stres. Hewan peliharaan dapat memberikan rasa kasih sayang, dukungan, dan hiburan, yang semuanya dapat membantu mengurangi stres.

11. Dapatkan bantuan Profesional

Jika Anda merasa stres tidak terkendali, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Terapis dapat membantu Anda memahami dan mengatasi penyebab stres Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Juni 2024, 10:14 WIB

Sambut Idul Adha, PLN Sukabumi Beri Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Lewat Light Up The Dream

Light Up The Dream ini merupakan donasi secara mandiri dari para pegawai PLN.
PLN Sukabumi beri bantuan penyambungan listrik gratis bagi warga melalui program Light Up The Dream. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juni 2024, 10:04 WIB

Terima Basarnas, Bupati Sukabumi Minta Bantuan Pelatihan SAR di Tempat Wisata

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menerima audiensi dari Basarnas Jakarta. Bahas pelatihan SAR di tempat wisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Kepala Kantor SAR Jakarta Desiana Kartika Bahari  saat bertukar cinderamata. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life16 Juni 2024, 10:00 WIB

Temukan Cinta Sejatimu, 11 Ciri Dia adalah Jodohmu yang Kamu Cari-cari Selama Ini

Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan menjaga kriteria-kriteria ini, Anda bisa mendekati ke arah yang tepat.
Ilustrasi - Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan menjaga kriteria-kriteria ini, Anda bisa mendekati ke arah yang tepat. | (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi16 Juni 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK. (Sumber : Freepik)
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)
Food & Travel16 Juni 2024, 06:30 WIB

4 Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor, Sate hingga Kue Kering

Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat ini menggunakan bahan-bahan yang rendah purin dan kaya nutrisi untuk membantu mengelola kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Ilustrasi. Sate. Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor hingga Kue Kering (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science16 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Juni 2024, Pagi Hari Langit Cerah di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Nasional15 Juni 2024, 23:22 WIB

Harun Masiku Menyamar Jadi Guru dan Marbut Masjid di Luar Negeri

Berdasarkan informasi terbaru, Harun Masiku, buron kasus korupsi suap PAW Caleg DPR RI, diketahui menggunakan berbagai penyamaran untuk menghindari pengejaran hukum.
Harun Masiku, Buronan KPK | Foto : Ist