7 Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Kamis 26 Oktober 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi hitam tanpa gula yang harus diketahui. (Sumber : Pixabay.com/@cocoparisienne).

Ilustrasi - Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi hitam tanpa gula yang harus diketahui. (Sumber : Pixabay.com/@cocoparisienne).

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi hitam tanpa gula, juga dikenal sebagai kopi hitam, adalah minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Ia dikenal karena rasanya yang kuat, pahit, dan banyak manfaat kesehatan.

Popularitasnya berasal dari kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kinerja fisik, meningkatkan mood, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan metabolisme.

Selain itu, hal ini dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit, termasuk Alzheimer, Parkinson, diabetes tipe 2, dan penyakit hati. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula bagi kesehatan yang wajib diketahui.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang Stres Banyak Pikiran, Apa Kamu Saat Ini Mengalaminya Juga?

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat kopi hitam tanpa gula adalah sebagai sumber antioksidan. Kopi hitam mengandung banyak antioksidan, terutama senyawa fenolik. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan DNA, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Oleh karenanya, mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh. Selain itu, manfaat kopi hitam tanpa gula mendukung sistem kekebalan dalam tubuh.

2. Tingkatkan Metabolisme Tubuh dan Membakar Lemak

Manfaat kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Saat meningkatnya metabolisme, tubuh akan membakar kalori lebih efisien dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

Kafein juga merupakan senyawa aktif yang paling dikenal dalam kopi. Ini adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat, yang pada gilirannya meningkatkan frekuensi jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan pelepasan hormon epinefrin. Ini dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak.

3. Bagus untuk Fungsi Otak

Konsumsi kopi hitam tanpa gula dapat memberikan manfaat bagi fungsi otak. Ini karena kafein, senyawa yang terdapat dalam kopi, memiliki efek merangsang pada sistem saraf pusat, yang dapat memengaruhi berbagai aspek fungsi otak.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kopi tanpa gula dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek dan kognisi. Kafein dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter seperti dopamin dan norepinefrin, yang berkontribusi pada fungsi otak yang lebih baik.

4. Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Penelitian studi epidemiologi menunjukan jika mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara moderat atau 2-4 cangkir per hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Penelitian lain juga menunjukan jika kopi hitam tanpa gula bisa membantu kurangi risiko penyakit kardiovaskular, yakni stroke atau arteri koroner.

Ya, manfaat kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi diabetes tipe 2. Sebab, kandungan kafein dan senyawa lain di dalam kopi bisa mempengaruhi metabolisme insulin dan glukosa dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Gejala ADHD pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali, Yuk Bunda Perhatikan!

5. Kurangi Risiko Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Penelitian menunjukan jika mengonsumsi kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer. Pasalnya, kandungan kafein dan senyawa antioksidan dalam kopi bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan atau peradangan. Hal itu yang nantinya dapat membantu menjaga kesehatan otak saat bertambahnya usia.

Itulah sederet manfaat kopi hitam tanpa gula yang dapat memberikan khasiat kesehatan yang signifikan bagi penikmatnya. Semoga bermanfaat.

6. Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam mengandung kafein, yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Ini berarti Anda mungkin membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat. Kafein juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi, yang dapat membuat Anda lebih aktif secara fisik.

Baca Juga: 10 Cara Bangkit dari Luka Batin Masa Lalu, Percayalah Kamu Pasti Bisa!

7. Meningkatkan Mood

Kopi hitam dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi. Kafein dapat meningkatkan pelepasan neurotransmitter dopamin dan serotonin, yang berperan dalam pengaturan mood.
Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara sehat:

  • Batasi konsumsi hingga 400 miligram kafein per hari
  • Hindari menambahkan gula, susu, atau krim
  • Pilih kopi hitam yang berkualitas
  • Hindari mengonsumsi kopi hitam terlalu panas
  • Jangan mengonsumsi kopi hitam saat perut kosong
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).