7 Jurig Sunda Lelembut: Ada Lulun Samak Hantu Penunggu Sungai

Kamis 11 Mei 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi. Jurig Sunda Lelembut: Ada Lulun Samak Hantu Penunggu Sungai (Sumber : Instagram/@cermis_horor)

Ilustrasi. Jurig Sunda Lelembut: Ada Lulun Samak Hantu Penunggu Sungai (Sumber : Instagram/@cermis_horor)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain Kalongwewe, ada enam Hantu Sunda lain yang juga termasuk jenis Lelembut. Diantaranya Aul, Jurig Iprit alias Jin Iprit, Buta Hejo, Lulun Samak, Genderuwo dan Dedemit.

Oleh karena hari ini adalah malam jumat, berikut artikel khusus penjelasan singkat tujuh jenis lelembut, Hantu Tanah Sunda yang masih dipercaya masyarakat.

Informasi berikut dilansir oleh Redaksi Sukabumiupdate.com dari penelitian Hantu Sunda oleh Hilmy Ahmad Muzaki pada tahun 2019. Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia itu meneliti tentang "Perancangan Informasi Jurig Sunda Populer Melalui Media Buku Ensiklopedia".

7 Hantu Sunda Lelembut: Lulun Samak Penunggu Sungai hingga Dedemit

1. Kalongwewe

Kalongwewe: Mitos atau Fakta Dedemit Sunda Ini Culik Anak yang Main Sore?Kalongwewe: Mitos atau Fakta Dedemit Sunda Ini Culik Anak yang Main Sore?

Kalongwewe adalah makhluk halus yang dipercaya sebagai sosok wanita dengan payudara yang sangat besar, rambut panjang dan bisa terbang. Terkadang Kalongwewe juga diyakini memiliki sayap atau pun tidak bersayap.

Kalongwewe sendiri bermakna "Kelong" yang artinya Kelelawar, dan "Wewe" alias "Awewe" atau Perempuan, menurut Yusup (2017).

Jurig Kelongwewe muncul karena sastra lisan yang menyebutkan kebiasaan atau Kebudayaan masyarakat Sunda. Yaitu soal larangan orang tua kepada anak–anak untuk bermain jauh–jauh, ditempat yang gelap dan tumbuhannya tinggi, atau bermain pada saat waktu sore hari.

Konon katanya, payudara yang besar milik Kalongwewe digunakan untuk menyembunyikan anak – anak yang bermain di luar rumahnya dikala waktu mendekati maghrib atau senja, menurut Kasmana (2018).

Secarik sastra lisan Sunda turut menyebut, ada beberapa perbedaan tentang bagaimana Kalongwewe menyembunyikan anak manusia.

Misalnya, Kalongwewe sebenarnya tidak berniat untuk jahat dengan menyembunyikan dan akan diambil ke alam Jurig. Hantu Sunda ini lebih kepada menculik dan menyembunyikan anak–anak yang bermain sendirian tanpa pendampingan dari orang tuanya.

Hal itu karena Dedemit Wanita penculik anak ini ingin mengingatkan orang tuanya agar senantiasa menjaga sang anak. Poin ini menekankan tentan pesan moral mitos-mitos Hantu Sunda yang dipercaya masyarakat.

Sementara sastra lisan lain menyebutkan, Kalongwewe menyembunyikan anak–anak karena sifat Dedemit Wanita yang ingin memiliki seorang anak.

2. Genderuwo

Viral Kue Lebaran Bentuk Genderuwo, Warganet: Cocok Buat yang Nanya Kapan NikahKue Lebaran Viral Bentuk Genderuwo

Genderuwo merupakan salah satu Jurig atau Hantu yang mendiami daerah pegunungan dan hutan. Selain di sastra lisan Sunda, seiring perkembangan waktu, Genderuwo juga dikenal pada sastra lisan Jawa.

Genderuwo dipercaya sebagai sosok Mahluk Halus yang memiliki perawakan amat besar layaknya raksasa. Bahkan, jenis Hantu Sunda itu juga diketahui memiliki bulu kaki besar seukuran batang pohon kelapa. Wow, bisa remuk jika manusia terinjak!

3. Aul

Ilustrasi. Aul menjadi sesosok makhluk yang menjadi mitos di masyarakat, ada banyak versi cerita mengenai sosok tersebut | Foto: Pixabay/Ilustrasi. Aul menjadi sesosok makhluk yang menjadi mitos di masyarakat, ada banyak versi cerita mengenai sosok tersebut | Foto: Pixabay/

Jurig Aul merupakan Jurig dengan wujud berupa manusia setengah hewan anjing. Hanya saja, bentuk Anjing ini hanya pada bagian kepalanya saja.

Seramnya adalah, kepala Anjing Hantu Aul menghadap ke belakang atau berlawanan dengan tubuhnya. Tak heran sosok ini bisa bikin pingsan jika tidak sengaja melihatnya.

4. Lulun Samak

Keempat, jenis lelembut berikutnya adalah Lulun Samak. Lulun Samak adalah Jurig dengan wujud berupa tikar dari pandan.

Konon, masyarakat percaya Lulun Samak berada di lingkungan sungai dan selalu berusaha untuk menenggelamkan siapapun yang bertemu dengannya ketika berenang disungai. Orang hilang di Sungai pun kerap dikaitkan dengan jenis lelembut satu ini.

Biasanya Lulun Samak mendiami wilayah sungai–sungai yang masih angker dan kental cerita mistis. Maka dari itu, Jurig Lulun Samak juga dikenal sebagai "hantu penunggu sungai".

5. Iprit

Iprit atau lebih sering disebut Jin Iprit adalah jenis Jurig yang memiliki kemampuan untuk memberikan kekayaan kepada manusia. Hantu Sunda ini selalu digunakan untuk pesugihan.

Jurig Iprit memiliki rupa seperti putri duyung, yakni manusia dengan setengah badannya berupa tubuh ikan. Akan tetapi, ada yang mengatakan bahwa Jin Iprit memiliki wujud berupa manusia dengan setengah badannya berupa tubuh ular seperti Siren.

Entahlah, yang jelas Iprit termasuk salah satu mahluk halus mitos di tanah pasundan.

6. Buta Hejo

Sama seperti Genderuwo yang tinggal di pengunungan atau hutan, Buta
Hejo pun merupakan Jurig raksasa dengan tubuh berwarna hijau.

Beberapa cerita di masyarakat yakni hal yang sering dilakukan manusia ketika bertemu dengan Buta Hejo adalah meminta Hantu Sunda ini sebagai media pesugihan.

Sunda dan Jawa lagi-lagi memiliki kemiripan soal mahluk halus. Ya, seperti Kalongwewe dan Wewegombel, dalam sastra lisan Jawa Jurig Buta Hejo juga disebut Hantu dengan nama yang berbeda, yakni Buto Ijo.

7. Dedemit

Fakta dan Daftar Pemain Film Dedemit yang Banyak Menuai Penilaian BurukFilm Dedemit: Diikuti Makhluk Halus yang Banyak Menuai Penilaian Buruk

Terakhir, Dedemit merupakan Jurig yang terdapat pada kedua jenis Jurig, yakni ada dedemit dari kalangan Jurig Lelembut atau berasal dari kalangan Jurig Lelembutan.

Seperti diketahui, Lelembut adalah sebutan mahkluk halus dan sosok ini bukan berasal dari orang yang meninggal di alam dunia sedangkan lelembutan adalah roh gentayangan.

Dedemit merupakan Jurig yang menempati suatu tempat angker atau istilah bahasa sunda menyebutnya "ngageugeuh hiji tempat". Tempat angker kesukaan Dedemit misalnya, kuburan, pohon besar dan tempat tak berpenghuni seperti rumah kosong.

Wujud dari Dedemit yang dipercaya oleh masyarakat yakni berupa binatang.

Dedemit memiliki sifat cenderung menganggu manusia apabila daerah kekuasaan yang ia tempati diganggu oleh manusia. Hal ini seperti kisah dalam Film Dedemit: Diikuti Makhluk Halus yang kini sedang ramai diperbincangkan netizen.

Sumber: Jurnal UNIKOM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa